Senin, 3 Zulhijjah 1443 H / 4 Juli 2022

Minimalis 10 x 10 Meter di Gang

Asslkm wrwb Ust Andan yang saya hormati,

Semoga eramuslim.com dapat tetap eksis dan diberkahi Allah. Saya memiliki lahan 10 x 10 meter di gang. Tanahnya kecil dan jalannya juga hanya cukup 1 motor atau jika 2 motor harus pelan-pelan.

Saya ingin membangun rumah dengan kebutuhan : 2 ruang tidur anak , 1 ruang tidur utama (plus wc dan teras ke taman ), musholla yang bisa digunakan juga oleh tamu, wc, ruang makan dan keluarga, serta dapur dan ruang tamu.

kami perlu juga ruang cuci jemur, parkir motor, teras dapur, teras depan dan taman yang segar di sekitar rumah.

Demikian pertanyaan kami. Kami mengharapkan disain rumah minimalisnya dapat ditayangkan di eramuslim.com

Terimakasih atas perhatiannya. semoga segenap kru eramuslim mendapat keberkahan dari Allah.

Amin ya Robb.

waslkmwrwb

Assalaamu’alaikum wrwb

Lahan kita kali ini berbentuk kubus. Dengan kebutuhan ruang yang lumayan banyak. Namun beban tanah agak terkurangi karena tidak ada garasi atau carport. Karena ruang ini adalah ruang terbesar dalam sebuah rumah tinggal. Hingga jika ruangan ini tidak ada, maka alokasi ruang lainnya menjadi mudah untuk dimasukkan.

Saya fokus di tengah. Agar mendapatkan ruang lapang di tanah yang kecil ini. Untuk itu seluruh kamar tidur saya pepetkan ke pinggir lahan. Hingga kita akan mendapatkan akses taman yang baik. Setiap ruang tidur memiliki cahaya alami. Bahkan ruang tidur utama memiliki teras pribadi. Lalu setelah itu dengan mudahnya saya dapat membuat akses pintu masuk di tengah. Alhamdulillah. Allah beri hidayah untuk menyelasaikan kasus dari email Pak Abdullah ini.

Sekarang mari kita lihat denahnya :

A. Ruang Tidur Utama

B. Ruang Tidur Anak

C. Ruang Keluarga / R. Makan

D. Dapur

E. Ruang Tamu

F. Musholla

G. KM / WC

H. Taman

I. Teras

J. Tangga Putar

Maaf ada beberapa kekurangan yang tidak sempat saya edit karena keterbatasan waktu dan tenaga. Areal berwarna putih di depan adalah untuk parkir motor. Cukup untuk 2 motor. Malah bisa 3 atau 4 jika ingin overlap ke teras atau taman.

Lalu dapur juga seharusnya ada bukaan pintu ke ruang makan atau keluarga. Dan lantai 2 di atas berupa cuci jemur tidak ada denahnya. Hanya nampak di gambar 3 dimensi saja. Yang nampak berupa box hijau dengan tangga putar berbentuk box hitam batu alam bergaris.

Bagian muka saya buat atap satu arah agar mudah pembuatan dan perawatannya. Selain itu menjadi tampil minimalis yang trendi. Ditambah permainan warna hijau cerah dan batu alam hitam membuatnya tampil gagah walaupun di gang.

Ada pintu samping hingga musholla mudah di akses. Apalgi ditambah dengan jendelanya yang besar hingga ke bawah, membuat area ini semacam tempat pertemuan umum. Tempat berkumpul orang banyak. Dan jika ingin privasi cuckup ditutup kordennya. Jadilah ia sarana ibadah yang khusyu’.

Gambar paling akhir sengaja saya tampiljan musholla lagi dari sisi samping untuk menjawab keingintahuan netters tentang sisi sempit ruang ini. Dengan view ini jelas sudah. Gang yang terjepit antara kamar tidur utama, kamar tidur anak, wc dan musholla menjadi hidup dengan pintu kaca musholla. Jadi area ini sekaligus bisa dijadikan sebagai tempat wudhu dan daerah resapan.

Demikianlah akhir dari ulasan ini. Di akhir malam lepas jam 12 kita akan berpisah. Untuk berjumpa pada artikel lainnya. Semoga Allah memberi karunia istirahat yang tenang. Dan membangunkan kita kelak untuk tahajud serta memberi kekuatan untuk sahur.

Sampai jumpa lagi netters eramuslim sekalian. Semoga Allah melimpahkan keberkahan pada keluarga anda sekalian. Mohon maaf atas kekurangan yang ada. Al Haqqu mirrobbika. Yang haq itu datang dari Allah. Serta tentu apabila ada yang dhoif datang dari kelemahan diri ini.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST – [email protected]

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Rumah di Tanah 12 x 24 Meter ( 2 )

Jumat, 29/04/2011 17:39

Tanah gerbong 3 X 15 M

Selasa, 26/04/2011 09:49

Tanah 6 x 25 m di Bogor

Sabtu, 23/04/2011 07:39

Ruko 4 X 20 M

Rabu, 20/04/2011 16:11

Rumah di Tanah 12 x 24 Meter ( 1 )

Selasa, 19/04/2011 11:23

Minimalis dan Hemat Energi di Tuban

Selasa, 12/04/2011 17:45

Renovasi Musholla di Depok

Senin, 11/04/2011 16:24

Konsultasi Arsitektur Lainnya

Trending