Kamis, 2 Rabiul Awwal 1444 H / 29 September 2022

Renovasi Rumah 1 Lantai Jadi 2 Lantai

Assalamu’alaikum Wr. Wb

 Ustadz Andan, saya ingin konsultasi untuk renovasi rumah minimalis modern, rumah saya di daerah Larangan Indah, Larangan, Tangerang
Rumah saya berukuran 6×13 m dengan 2 kamar tidur dan 1 km mandi, (denah terlampir)
Niatnya ingin ditingkat dengan mengubah lantai bawah menjadi 1 kamar ( agar lebih besar/ kamar tidur utama) dan lantai atas menjadi 3 atau 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi, toren air diatas kamar mandi lantai atas, kemudian pada tangganya ada bagian yang terbuka (void) agar ada sirkulasi udara,
mohon sarannya
terima kasih sebelumnya
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.,
Muhammad Habibie Bahfein
Wa’alaikum salam wrwb
Pak Muhammad Habibie yang saya hormati, prinsip renovasi adalah membongkar sehemat mungkin dan memanfaatkan bangunan lama sebisa mungkin. Lalu bangunan baru yang ada diusahakan tidak terlalu banyak. Hingga biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Untuk itu denah yang ada saya coba pertahankan.
Kamar mandi di belakang saya tidak bongkar. Karena membongkar dan membangun kamar mandi baru adalah bagian paling mahal dalam proses renovasi. Untuk itu saya jadikan ia kamar mandi utama. Dengan akses langsung dari ruang tidur utama. Lalu tembok di sisi tangga sebenarnya adalah tembok kamar yang lama. Hingga hemat jika tidak harus membongkarnya. Lalu ruang makan yang lapang di belakang saya jadikan kamar tidur utama. Karena ukurannya cocok.Lantai 2 saya ikuti saja pola struktur di bawahnya. Dengan void di depan dan belakang kita akan memperoleh cahaya yang optimal bagi ruang di lantai dasar. Ruang jemur saya selipkan di samping sekaligus berfungsi sebagai akses udara dan cahaya. Karena ia adalah ruang terbuka yang memiliki peluang besar untuk membuat atap transparan.
Bagian muka saya buat dengan pola sederhana. Minimalis yang didominasi dengan pet beton dan garis-garis tembok. Dengan atap carport beton serta tiang merah dan putih membuat bangunan ini tampil modern. Apalagi ada balkon lapang di atas dengan railing tangga garis hitam yang tidak cepat kotor. Rumah ini benar-benar tampil indah.
Atap dapat saya buat dengan 2 pola. Atap utama adalah atap pelana besar yang menaungi seluruh ruangan. Atap kedua adalah atap kecil yang berhubungan dengan ruang jemur. Dengan cara demikian kita akan membiarkan sinar matahari yang hangat masuk ke dalam ruangan. Membuang lembab iklim tropis. Menerangi ruang dan menghemat biaya listrik bulanan yang kian hari kian mahal.
Demikian olahan disain kita kali ini. Semoga disain ini bermanfaat bagi netters eramuslim.com yang dimuliakan Allah. Doakan kami agar bisa tetap istiqomah berdakwah di layar internet. Menyebarkan informasi bermanfaat bagi segenap muslim di seluruh penjuru dunia.
Akhirul kalam,
Andan Nadriasta. ST – [email protected]

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Rekomendasi

Alasan Kenapa Pindah Kerja

Senin, 14/01/2008 07:23

Kontroversi Natal (2)

Sabtu, 20/12/2014 10:01

Haruskah Bercerai

Rabu, 08/06/2011 12:56

Baca Juga

Rumah Tingkat Semu di Lahan 10 x 10 m

Selasa, 22/01/2013 05:54

Ruko untuk Pensiunan

Minggu, 20/01/2013 06:04

Rumah Tinggal Mungil Plus Rumah Kos

Jumat, 18/01/2013 06:36

Mushola Rumah Dikelilingi Kolam

Senin, 14/01/2013 06:31

Gerbang Teras Minimalis Ceria

Sabtu, 12/01/2013 06:01

Batu Alam di Muka Rumah

Kamis, 10/01/2013 06:17

Konsultasi Arsitektur Lainnya

Trending