Jum'at, 3 Rabiul Awwal 1444 H / 30 September 2022

Rumah Satu lantai di Tanah 8 X 18 Meter

Assalamu’alaikum Pak Andan di eramuslim.com

Saya berencana ingin membangun rumah di atas tanah 8 x 18 m. Saya mengingin kan adanya 1 kmr tidur utama , ruang tamu, teras, carport, 1 kamar anak, 1 kamar pembantu, 1 kamar mandi dan dapur. Untuk membangun rumah seperti ini perlu biaya berapa kira-kiranya pak. Terima kasih atas bantuannya Pak Andan.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Assalaamu’alaikum wrwb

Netters sekalian, musibah tak dapat di tolak dan rejeki tak kan lari kemana. Itulah nasehat yang sering kita dengar dari orang tua kita dulu. Demikian pula yang terjadi pada saya beberapa hari lalu.

Jaket sudah dipakai. Motor sudah hendak dihidupkan. Dan sudah hendak bergegas keluar dari proyek. Tiba-tiba sang mandor mengatakan ada tembok yang miring. Akhirnya kami berjalan berdua ke arah tembok tersebut. Saat diskusi berlangsung tiba-tiba mata saya gelap. Sakit di kepala luar biasa. Darah mulai keluar. Segenap tukang berteriak. Benda apa yang menimpa kepala saya sendiri tidak tahu. Hanya sekilas saya dengar itu adalah steger bambu. Alhamdulillah ada klinik terdekat untuk menjahit kepala yang berdarah.

Itulah takdir. Saya imani sebagai suatu musibah yang tentu ada hikmah dibaliknya. Segala puji bagi Allah. Hanya 6 jahitan kata dokternya. Jika lebih dari 10 harus dibawa ke rumah sakit. Mohon doanya saja dari netters sekalian.

Untuk itu saya mohon maaf sekali lagi. Segenap schedule akhir pekan ini berjalan dengan tidak lancar. Termasuk up date eramuslim. Dan di penghujung sore hari Jumat ini saya coba mengerjakan PR yang tertinggal. Disain rumah tinggal Pak Yosaphat Subarjo.

Beliau menginginkan rumah satu lantai di atas tanah 8 x 18 m. Cukup luas tanahnya untuk ukuran kota besar seperti Jakarta. Namun saya tidak tahu kota asal netters kita yang satu ini.

Denahnya kami buat sederhana saja. Denga pola ruang hunian di tengah. 2 ruang tidur mepet ke kanan. Lalu service area ada di kiri. Dengan pola ini kita dapat ruang tengah yang optimal. Lapang dan lega. Lebar dan blong menghadap taman segar di belakang.

Tampak muka kami beri balutan batu alam. Minimalis dan trendi kesannya. Apalagi warna cerah ceria beserta atap abu-abunya akan menambah suasana keren. Bagian atas juga dibalut batu alam bergaris dengan warna gelap. Hingga aman dari perubahan cuaca.

Masih ada ruang hijau di depan. Dengan teras cantik bersama 3 tiang kembar. Kokoh dan tampil futuristik. Itulah gunanya disain. Membuat sesuatu hal yang sederhana manjadi tampil menarik. Alhamdulillah kami diberi titipan ilmu untuk dapat mengolahnya.

Di kanan atas ada lubang hawa. Masuk ke kamar mandi dan ruang tengah. Cahaya juga masuk. Karena atapnya adalah transparan. Jadi tidak khawatir gelap ruang bagian dalamnya. Sekaligus tentu hemat listrik.

Dan ini gambar terakhir yang menunjukkan bagian atap berikut dengan tangki air dan area jemurnya. Semoga rekan-rekan sekalian dapat mengambil manfaatnya. Silahkan disebar luaskan. Agar dakwah kami di eramuslim dapat didengar segenap orang di seluruh dunia ini. Agar dakwah kami mendapat dukungan dari teman-teman saudara seiman. Hingga kita saling terpaut dalam ukhuwah. Hingga kita saling ta’awanu ‘alal birri wat taqwa. Bahu mnbahu dalam menegakkan ketaqwaan.

Demikianlah akhir perjuangan kami. Berpacu dengan adzan maaghrib yang sebentar lagi berkumandang. Berpacu pula dengan hujan yang mulai turun hingga dapat mmbuat jaringan putus nyambung. Dan juga berpacu dengan rasa nyeri di kepala. Sambil menunggu makan malam tiba untuk sekaligus minum obat.

Pak Yosaphat Subarjo dan netters sekalian, selamat menunaikan ibadah sholat maghrib. Jika kita diberi kesempatan oleh Allah untuk dapat berjamaah alangkah indahnya. Karena diberi kesempatan meraih pahala 27 kali lipat. Semoga Allah berkenan dengan segala amal sholeh kita hari ini.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST – [email protected]

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Kios Untuk Usaha + Rumah ( 1 )

Rabu, 18/05/2011 09:42

Pagar Efisien dan Minimalis

Sabtu, 07/05/2011 17:37

Renovasi Pagar minimalis

Senin, 02/05/2011 17:41

Minimalis 10 x 10 Meter di Gang

Senin, 02/05/2011 00:03

Rumah di Tanah 12 x 24 Meter ( 2 )

Jumat, 29/04/2011 17:39

Tanah gerbong 3 X 15 M

Selasa, 26/04/2011 09:49

Tanah 6 x 25 m di Bogor

Sabtu, 23/04/2011 07:39

Konsultasi Arsitektur Lainnya

Trending