Jum'at, 3 Rabiul Awwal 1444 H / 30 September 2022

Desain Perwajahan SDIT

Assalamu’alaikum wr. wb.

Semoga Allah selalu melindungi kita semua. Amin

Ustadz, kami baru membangun SDIT, namun untuk perwajahannya belum punya, kami minta tolong ustadz untuk mendesainkannya. adapun spesifikasi bangunannya , luas bangunan 9 x 21 m terdiri dari 3 lantai setiap lantai 3 kelas, lebar ruangan 7 m dan lebar teras 2m, posisi tangga di pojok kiri depan(depan teras) dengan ukuran 3,5 x 3,5 m. pada teras setiap 3,5m ada tiang cor. kami minta tolong ustadz untuk mendesainkan perwajahannya supaya sekolahannya tampak minimalis dan elegan dengan cat dasar hijau. terimakasih atas bantuannya. semoga Allah selalu meridloi aktifitas kita. amin. wassalamu,alaikum wr. wb 

Wa alaikumussalam Wr.Wb.

Alhamdulillah wa Syukurillah puji syukur ke hadirat Mu Ya Allah, satu lagi markaz dakwah berdiri di muka bumi ini untuk membela agama Mu dan menegakkan syariat Mu…..

Akhina Aryanto, betapa pentingnya tarbiyah bagi generasi penerus dakwah ini dan SDIT adalah salah satu sarana vital untuk membangun fondasi keislaman generasi rabbani ini. Ana sangat mendukung langkah antum dan selalu berdoa demi tercapainya cita-cita luhur antum dan rekan-rekan yang lain.

Dari keterangan yang antum berikan ana mencoba menterjemahkan dalam satu desain perwajahan SDIT yang antum inginkan, sayangnya ana tidak mendapatkan informasi tentang kondisi sekitarnya apakah bangunan SDIT ini berdiri sendiri atau bersebelahan dengan bangunan yang lain. Selain itu ana juga tidak tahu sampai dimana sekarang proses konstruksinya sehingga masih bisakah selaras dengan desain yang ana tawarkan.Mudahan-mudahan antum bisa menyesuaikan dengan kondisi yang sudah terbangun.

Desain tampilan SDIT ini cukup sederhana dengan atap miring 2 arah yang panjang sisi kiri dan kanannya berbeda. Bagian teras dibuat menonjol dengan kolom atau tiang-tiang ekspos seperti sirip-sirip yang menerus hingga ke dak penutup teras di lantai 3. Kolom teras lantai 1 dibuat melebar berukuran 15 x 60 sedangkan kolom lantai 2 dan 3 dibuat menonjol berukuran 15 x 30.

Untuk keamanan bagi anak-anak, teras menggunakan pagar tembok setinggi 60 cm dan diatasnya ditambahkan 2 buah railing besi hollow memanjang di antara kolom dengan kolom hingga setinggi 90 cm. Desain pagar ini untuk mengantisipasi agar siswa tidak duduk-duduk di atas pagar yang akan membahayakan. Desain tangga juga tidak dibuat terbuka di tengahnya tapi ditutup dengan dinding yang menerus hingga ke lantai 3 sehingga anak-anak tidak bisa melompat atau memanjat sisi tangga.

Sebagai pelindung teras dari panas dan hujan, ditambahkan kanopi/pergola di antara kolom-kolom di atas teras yang menggunakan rangka besi hollow dan penutup polycarbonat, serta kisi-kisi berbahan alumunium di antara kolom-kolom.

Untuk pembagian ruang kelas ana serahkan pada antum sesuai dengan kebutuhannya, hanya untuk posisi bukaan/jendela jika bangunan berdiri sendiri maka ada di sisi belakang sedangkan jika bangunan bersebelahan dengan bangunan lain maka jendela dibuat menghadap ke teras.

Pada lantai dasar, teras juga saya asumsikan terbuka karena bangunan ini hanya terdiri dari ruang kelas yang tentunya berhubungan dengan sarana lainnya seperti administrasi dan lapangan bermain.

Kombinasi 3 warna hijau menambah keasrian bangunan SDIT ini, yaitu hijau sedang untuk dinding-dinding luar, hijau muda untuk dinding kelas dan hijau tua untuk dinding pagar. Dinding tangga dan kolom lantai dasar dapat antum bedakan dengan dinding bertekstur gurat warna abu-abu (warna semen) sedangkan kolom atas, railing pagar serta rangka kanopi/pergola menggunakan warna putih agar terlihat lebih menonjol. Agar tampilan dinding memanjang di atas teras lantai 3 tidak monoton maka dibuat bervariasi dengan dinding krawang (berlubang) berwarna putih.

Demikianlah Akhina Aryanto, solusi desain perwajahan dari SDIT yang dapat ana sumbangkan, dan ana mendoakan agar langkah antum dan rekan-rekan yang lain mendapatkan kemudahan dari Allah SWT serta dapat menjadi pemberat amal kebajikan di yaumil hisab kelak.

Wassalamu ‘alaikum Wr.Wb.

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Meninggikan Rumah Karena Banjir

Minggu, 13/09/2009 12:15

Menyatukan Dua Rumah Type 36

Selasa, 08/09/2009 21:23

Memilih Warna Cat untuk Rumah

Senin, 07/09/2009 10:00

MCK untuk Tetangga

Rabu, 26/08/2009 13:18

Desain Gerai Mainan Anak-Anak

Kamis, 13/08/2009 21:21

Konsultasi Arsitektur Lainnya

Trending