Selasa, 29 Safar 1444 H / 27 September 2022

Disain Gedung Qur’an Mishbahul Amal

Asslaamu’alaikum wrwb

Pak Andan, kami pengurus Masjid Mishbahul Amal di Cipinang Jaya 2e Jakarta Timur, ingin membangun gedung qur’an. Alhamdulillah ada tanah di belakang masjid yang berhasil kami beli secara swadaya. Kemudian tanah tersebut kami jadikan tanah wakaf.

Kami ingin sekali di survei dan dibuat disain bangunan 2 lantai. Untuk lantai satu keperluan nya adalah kelas dan ruang guru. Namun ada juga hall besar untuk persiapan tambahan jama’ah sholat.

Untuk lantai 2 merupakan kamar-kamar bagi santri yang ingin menginap. Karena kami sudah memiliki ratusan murid TK dan TPA. Lalu di atas ada juga ruang rapat tertutup untuk pelatihan – pelatihan atau rapat internal pengurus.

Kami harapkan juga bantuan dari rekan-rekan sekalian untuk meuwujudkan qedung qur’an ini. Bisa menghubungi kami sebagai pengurus atau alamat di atas.

Demikian pertanyaan kami. Terimakasih atas jawabannya.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Ridwan – [email protected]

0817 244 444  –   0857  722 216 75

 

 

Wa’alaikum salam wrw

Pak Ridwan di Cipinang beserta pengurus Masjid Mishbahul Amal yang saya hormati, sungguh sebuah perjuangan yang perlu didukung dan dipublikasikan. Membangun Gedung Qur’an untuk mencetak generasi muda yang sholeh dan sholehah. Untuk itu jika ada netters sekalian yang ingin berpartisipasi, silahkan menghubungi Pak Ridwan sebagai panitia pembangunan gedung.

Netters sekalian, setelah saya survey lokasinya, ternyata  banyak kendala yang harus dilewati. Bangunan lama justru ada di depan dan tanah wakaf ada di belakang. Hingga pengaturan imam harus cermat. Ruang parkir yang sempit atau bahkan cenderung tidak ada. Kemudian jumlah murid yang sudah melebihi kapasitas gedung juga menjadi sebuah tantangan tersendiri.

Bentuk tanah yang tidak beraturan membuat pola ruang yang tidak lurus. Hingga struktur harus disesuaikan sedemikian rupa. Karena prinsip renovasi yang banyak berhemat harus tetap diterapkan. Selain itu bangunan baru juga harus dapat tersembung dengan baik dengan bangunan lama.

 

Untuk itu saya coba atur kelas di ujung lahan. Hingga kita memperoleh ruang tengah yang lapang. Lalu ruang wudhu tambahan ada di samping, hingga mudah aksesnya. Kelas yang di tengah seketika bisa diubah jadi mihrab atau tempat imam sholat. Saat sholat berjama’ah membludak. Untuk itu pula saya tambahkan ruang wudhu tambahan di sisi kiri lahan. Berikut dengan kamar mandi tambahannya.

Lantai atas saya buat void yang cukup besar. Agar tidak terputus hubungan atas bawah. Sirkulasi hawa juga menjadi bagus. Ruang di atas tidak terisolir dan mudah dalam perawatannya. Bahkan bisa dijadikan tambahan shof sholat pada selasar yang ada.

Untuk 3 dimensi saya mengandalkan bentuk timut tengah. Dengan dak beton dan kubah minimalis. berupa keubah jaring yang hemat biaya. Pola tangga di depan menjadi daya tarik utama. Karena bisa diletakkan ornamen grill yang indah. Bentuk ini juga membuat saya memiliki ruang untuk meletakkan papan nama gedung. Dengan lampu sorot yang indah maka ia menjadi muka gedung yang cantik.

Demikian ulasan disain kita kali ini. Sudah adzan asar. mari kita tunaikan sholat berjamaah. Semoga Allah segera menghilangkan banjir yang telah melumpuhkan Jakarta dan sekitarnya. Semoga Allah memberikan kita kesadaran. Bahwa air yang menggenang ini memang kiriman dari Allah. Karena tahun 2007 Bundaran Hotel Indonesia tidak tergenang, padahal curah hujannya 340 mm. Sementara tahun 2013 dengan curah hujan 90 mm sudah membuat Bundaran HI terendam. Demikian yang disampaikan BMKG di TV One. Demikian pula yang saya sampaikan tadi saat bertugas menjadi khotib Jum’at.

Ya Allah, Robbana dzholamna anfusana wa illam taghfirlana wa tarhamna lanakunanna minal khosirin. Amin, Ya Robbal A’alamin.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST – [email protected]

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Rumah Tinggal Mungil Plus Rumah Kos

Jumat, 18/01/2013 06:36

Mushola Rumah Dikelilingi Kolam

Senin, 14/01/2013 06:31

Gerbang Teras Minimalis Ceria

Sabtu, 12/01/2013 06:01

Batu Alam di Muka Rumah

Kamis, 10/01/2013 06:17

Membuat Rumah Tumbuh di Lahan Kecil

Selasa, 08/01/2013 08:04

Gerbang Carport Minimalis Natural

Senin, 07/01/2013 06:58

Menggabungkan 2 Rumah

Minggu, 06/01/2013 07:33

Konsultasi Arsitektur Lainnya

Trending