Sabtu, 15 Jumadil Awwal 1444 H / 10 Desember 2022

Kamar Mandi Bocor

Assalaamu’alaikum wrwb

Pak Andan di eramuslim, saya memiliki rumah 2 lantai. Lalu  saya memiliki kamar mandi di lantai dasar dan tepat di atasnya juga ada kamar mandi. Plafond kamar mandi bawah sering sekali bocor. Hingga plafondnya kini berjamur. Apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi kebocoran ini ?

Terimakasih atas jawabannya.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Kusumawardhany

 

Wa’alaikum salam wrwb

Netters eramuslim sekalian, Alhamdulillah kesehatan saya sudah mulai berangsur pulih. Hasil lab menunjukkan gejala tipus. Nampaknya terlalu lelah dan serta kontrol makan yang kurang. Semoga menjadi pelajaran kesehatan. Bismillah, semoga tetap istiqomah menjawab pertanyaan netters sekalian.

Kini kita membahas masalah kebocoran kamar mandi. Ibu Kusumwardhany yang saya hormati, berserta segenap netters eramuslim di manapun anda berada . Hal ini sering kita alami di rumah. Kamar mandi di lantai 2 yang bocor ke bawah. Mari kita coba simak tips sederhana ini. Semoga ada gunanya.

Pertama kita buka dulu semua plafond kamar mandi lantai satu. Tujuannya untuk mengetahui sumber kebocoran yang ada berasal dari mana.

Sumber terbesar biasanya dari saluran air yang ada di dalam plafond tersebut. Ia bisa berupa saluran air kotor untuk tinja atau juga saluran air bersih untuk kran air. Atau bisa juga dari jet washer ( kran semprotan air di dekat kloset yang biasa digunakan untuk ber – istinja’ / cebok ).

Jika ada kebocoran di area ini maka saluran airnya perlu diperbaiki atau ditambal hingga tidak bocor lagi. Setelah diperbaiki jangan langsung di pasang plafond. Biarkan dulu beberapa hari. Hingga kita benar – benar telah memastikan kebocoran yang ada telah tertangani dengan baik.

Netters sekalian , kebocoran bisa juga berasal dari rembesan bak air yang ada di kamar mandi lantai 2. Jika berasal dari area ini maka bagian bawah cor dak beton yang di atasnya ada bak mandi akan terlihat  basah. Karena efek rembesan di sela-sela keramik bak mandi. Atau rembesan dari bak fiber yang sudah retak / pecah.

Jika demikian maka kita harus bongkar bak mandinya. Buat ulang jika ingin tetap menggunakan bak mandi. Sebelum di keramik atau dipasang bak fiber, pastikan ia sudah terlapisi dengan water proof. Rendam dengan air untuk memastikan area ini tidak lagi bocor. Setelah tidak ada lagi kebocoran baru kita dapat mlakukan finishing pemasangan keramik.

Kondisi yang terakhir adalah area yang paling sulit. Yaitu seluruh lantai kamar mandi atas rembes. Bisa jadi karena dak betonnya tidak kedap air atau memang ada rembesan air dari tembok tetangga. Hal ini adalah bagian paling sulit. Karena kita harus membongkar keramik lantai wc atas. Lalu lapisi ulang dengan water proof. Rendam selama beberapa hari. Setelah tidak ada bocor kita dapat memasang lagi keramiknya.

Demikian tahapan pendeteksian terhadap kebocoran di kamar mandi Ibu Kusumawardhany. Sekian sekilas info dari saya. Semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi kita semua.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST – [email protected]

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Rumah Tinggal Mungil Plus Kamar Kos

Senin, 22/04/2013 18:15

Plafond Rumah Berjamur

Sabtu, 20/04/2013 06:51

Tembok Berjamur

Selasa, 16/04/2013 06:19

Konsultasi Arsitektur Lainnya

Trending