Sabtu, 21 Muharram 1444 H / 20 Agustus 2022

Konsultasi Arsitektur : Renovasi Hemat Rumah Di Sudut Jalan

dwi andi -tanpa pagar - view 1 copy - CopyEramuslim.com Assalaamu’alaikum wrwb

Saya memiliki rumah di sudut jalan. Denah asli terlampir. Berikut juga dengan foto rumah nya. Kami berencana membuat bangunan lantai 2. Karena kebutuhan keluarga sudah tidak cukup untuk 1 lantai.

Kebutuhan kami adalah sebagai berikut : Ruang tidur anak ada 2, ruang tidur utama 1 plus wc dalam nya, ruang tamu, ruang keluarga + ruang makan, dapur , ruang cuci jemur, wc umum dan wc untuk anak di lantai atas serta carport.

Pengaturannya kami serahkan kepada ahlinya saja. Saya berharap sekali dapat merenovasi rumah ini dengan hemat.

Demikian pertanyaan kami. Terima kasih atas jawaban disain nya.

Wassalaamu’alaikum wrwb

 

Dwi – Cisauk

 

Wa’alaikum salam wrwb

pak Dwi yang saya hormati, semoga Allah memberikan kelapangan rizki pada bapak sekeluarga. Hingga renovasi rumah di Cisauk dapat berjalan dengan lancar.

Hal pertama yang saya lakukan adalah membuka tembok ruang tidur belakang. Saya panjangkan hingga bisa diubah menjadi ruang tidur utama yang luas. Tak lupa saya selipkan pula wc utama di dalam nya.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Kamar mandi lama tetap saya pakai. Karena jika dibongkar akan boros. Terlalu banyak pekerjannya. Belum lagi membongkar saluran air dan keramik yang ada. Jadi area ini tetap saya pertahankan.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Dapur lama yang terlalu luas saya kecilkan. Berbagi 2 dengan taman. Hingga rumah ini tetap sejuk dan segar. Walaupun ukurannya kecil mungil. Karena prinsip rumah sehat harus kita penuhi.

Kamar anak saya buat di atas. Bersama dengan ruang cuci jemur dan void yang lapang. Pola ini menjadikan sirkulasi hawa tetap segar dan cahaya matahari dapat dengan leluasa menembus ke ruang dalam.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Tampak muka saya buat minimalis saja. Dengan muka utama carport yang lebar. Pola ini terbentuk karena ada pet beton panjang yang menaungi teras dan carport. Hingga sisi ini menjadi indah dan menawan.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Netters sekalian, rumah sudut memiliki plus minus. Positifnya adalah tanah yang luas dan lapang, serta pandangan yang lega. Namun negatifnya ia memiliki privasi yang kurang. Karena terlihat dari berbagai macam sisi. Hal in pernah pula saya muat pada artikel sebelum nya :

/konsultasi/arsitektur/renovasi-murah-rumah-sudut.htm#.UvMINn-I5kg

Bentuk tanah segitiga di samping saya jadikan teras samping yang segar menghadap ke taman. Hingga sisa tanah yang sulit dimanfaatkan dapat kita ubah menjadi kolam ikan dan bak tanaman yang indah.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Pola atap saya buat perbedaan yang ekstrem. Nampak jelas beda atap lantai 1 dan lantai 2. Hal ini membentuk fasad yang tegas. Kokoh menjulang. Dengan bentuk ini saya dapat berkreasi dengan membentuk pet beton untuk teras yang ada.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Alhamdulillah, selesai sudah desain kita kali ini. Sebuah solusi hemat bagi renovasi minimalis dengan dana yang minimalis pula. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wr wb

Ir. Andan Nadriasta

[email protected]  atau  [email protected]

Jika anda suka artikel ini pastikan anda like FB Fanpage Bangunrumah123 untuk mendapatkan info terbaru tentang arsitektur

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

TIPS Ketika Banjir Melanda

Jumat, 17/01/2014 19:19

Konsultasi Arsitektur Lainnya

Trending