Rabu, 5 Zulhijjah 1443 H / 6 Juli 2022

Konsultasi Arsitektur : Renovasi Hemat Rumah Di Ujung Jalan

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

 eramuslim.com Assalaamu’alaikum wrwb

Saya memiliki rumah di ujung jalan. Rencananya ingin saya renovasi seluruh atapnya. Lalu bangunan lantai 2 juga ingin di tambah. Data – data lapangan  saya lampirkan.

Di atas saya ingin ada 3 kamar tidur, balkon dan kamar mandi. Hingga bangunan lantai atas menjadi tetap nyaman.

Di lantai bawah saya ingin ada ruang kerja yang berhubungan dengan ruang tidur utama, kamar mandi r tidur utama, dapur, ruang keluarga, r makan, ruang tamu, ruang cuci jemur, wc, carport 2 mobil dan taman.

Demikian pertanyaan saya. Terima kasih atas jawabannya.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Anis – Tangerang

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Anis di Tangerang, sebenarnya bangunan yang ada bisa banyak saya pertahankan. Karena kebutuhan bangunan baru Pak Anis tidak terlalu banyak. Penambahan ruang nya hanya sedikit.

Rumah lama Pak Anis memang terlalu banyak lika liku. Namun untuk membongkar semua dinding yang ada nampaknya akan memakan biaya yang cukup besar.

 

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Untuk itu saya akan mempertahankan ruang tidur utama yang berada di sisi kanan. Ruang kerja saya hubungkan langsung ke ruang tidur utama ini. Hingga tidak perlu lagi membuat ruang kerja.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Ruang tamu saya buat di tengah, antara ruang kerja dan ruang keluarga. Cara nya cukup murah. Hanya membuat penyekat atau tembok yang membagi 2 ruang keluarga lama yang terlalu besar.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Setelah banyak kita bahas lantai 1, kini kita beralih ke lantai 2. Area ujung bangunan yang merupakan bangunan ruang tamu dan ruang keluarga akan saya cor dak beton. Hingga saya akan memperoleh area lapang di lantai 2 ujung bangunan.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Bentuk ini akan menghasilkan tampak muka yang menarik. Ia merupakan tambahan ruang tidur di atas serta area ruangan untuk area balkon dan kamar mandi.

Pola ini juga menghasilkan bentuk disain rumah minimalis yang eksotis. Dengan atap setengah kuda – kuda dan dak beton di ujung bangunan. Percampuran 2 atap ini semakin menarik setelaah saya buat menara tembok yang menjulang tinggi.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Tangki air saya sembunyikan di balik menara tembok ini. Hingga tidak mengganggu pemandangan. Selain itu juga bisa berfungsi sebagai eye catching yang akan menjadi ikon rumah ini.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Alhamdulillah, selesai sudah disain kita kali ini. Semoga bermanfaat tulisan ini. Dan semoga Pak Anis semakin dilapangkan rizkinya , agar rumah idaman ini dapat segera terwujud.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Ir. Andan Nadriasta

[email protected] atau [email protected]

Jika anda suka artikel ini pastikan anda like FB Fanpage Bangunrumah123 untuk mendapatkan info terbaru tentang arsitektur atau klik http://bangun-rumah123.blogspot.com/

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Konsultasi Arsitektur Lainnya

Trending