Jum'at, 3 Rabiul Awwal 1444 H / 30 September 2022

Konsultasi Arsitektur : Renovasi Ruang Pendidikan Masjid

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Eramuslim.com Assalaamu’alaikum wrwb
Kami pengurus Masjid Nurul Ihsan di Pejaten – Jakarta hendak merenovasi masjid. Lahan yang ada memang terbatas. Hingga kami putuskan untuk membuat cor lantai 2 di samping jalan masjid.

Proses pengecoran sudah selesai. Namun kami bingung membuat disain luarnya. Agar nampak indah dan mencirikan bangunan Islam. Sesuai dengan data yang ada, kami menginginkan 3 ruang kelas TPA ( Taman Pendidikan Al-Qur’an ), satu ruang tidur marbot dan dapur kecil.

Mohon kiranya dibuatkan disain yang cantik agar kegiatan belajar dan mengajar di masjid kami dapat berjalan dengan lancar.

Terimakasih atas bantuannya.
Wassalaamu’alaikum wrwb

Agus – Sekertaris Masjid Nurul Ihsan – Pejaten – Jakarta

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Agus yang saya hormati, lahan yang ada memanglah sangat terbatas. Saya sendiri turut prihatin dengan keadaan ini. Karena idealnya masjid memiliki lahan luas yang juga dapat berfungsi sebagai fasum ( fasilitas umum )

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Untuk itu saya hanya mengikuti data eksisting yang sudah ada. Tiang -tiang penyangga lantai 2 saya jadikan ornamen lengkung yang mencitrakan bangunan Islam. Hingga lorong yang kusam berubah menjadi indah dan syiar dakwah semakin terasa.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Tangga saya manfaatkan sisa area jalan yang ada di pinggir got. Dengan pola tangga besi dan atap transparan. Pola lengkung tetap ada di tangga ini. Karena ia menjadi satu kesatuan yang indah dengan bangunan utama.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Di ujung tangga turun masih ada sisa celah sedikit untuk parkir motor. Melihat dari situasi yang ada, maka kita dapat menyelipkan beberapa motor di area ini. Hingga tidak mengganggu aktivitas jalan utama.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Tepat di atas tangga naik saya buat ornamen utama muka bangunan TPA. Hingga kolong masjid menjadi gerbang utama bagi bangunan pendidikan. Plang TPA bisa saya letakkan di tembok utama yang berwarna hijau tua.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Terlihat ada 4 bagian ruang jika kita lihat dari samping. Itu berarti 3 bagian untuk kelas dan 1 bagian untuk ruang marbot dan dapur mungil. Dengan akses pintu masuk dari arah atap lama masjid yang memang sudah ada cor dak beton lama.ta

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Atap agar hemat saya gunakan bahan asbes atau spandek. Hingga kemiringannya bisa landai. Dengan pola ini bangunan utama masjid tidak rusak pola arsitekturalnya. Karena bangunan masjid lama merupakan bangunan tropis yang kental nuansa tradisionalnya. Beratapkan limas berundak. Serta perpaduan talang parapet cor dak beton.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Maaf tidak saya buat secara detail gambar masjidnya. Karena titik berat disainnya pada bangunan TPA yang ada. Selain itu juga keterbatasan waktu dan kapasitas tampilan membuat saya harus banyak berhemat dan fokus pada bangunan yang dikerjakan.

Demikian jawaban dari kami. Semoga Pak Agus dan segenap pengurus Masjid Nurul Ihsan di Pejaten dapat memanfaatkan disain ini dengan baik. Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

[email protected] atau [email protected]

Jika anda suka artikel ini pastikan anda like FB Fanpage Bangunrumah123 untuk mendapatkan info terbaru tentang arsitektur

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Yuk Jadi Pengembang Properti!

Jumat, 01/11/2013 14:46

Konsultasi Arsitektur Lainnya

Trending