Selasa, 7 Rabiul Awwal 1444 H / 4 Oktober 2022

Konsultasi Arsitektur : Renovasi Rumah Tinggal Menjadi Rumah Kos

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

 Eramuslim.com Assalaamu’alaikum wrwb

Kami memiliki rumah tinggal yang rencananya akan di alih fungsikan menjadi rumah kos. Bagaimana caranya ?

Data – data ada di email. Bangunan lama adalah rumah 2 lantai. Kami ingin merenovasi nya dengan hemat. Hingga tidak keluar banyak biaya.

Selain kamar kos yang ada, saya ingin ada ruang untuk pembantu dan ruang untuk tukang. Jadi ada 2 kamar tambahan selain kamar kos.

Pembantu untuk mengatur cucian dan jemuran anak – anak kos, serta urusan masak memasak. Sementara tukang adalah tukang langganan kami yang biasa kami berikan tempat untuk singgah. Jadi jika ada kerusakan kami mudah untuk memperbaikinya.

 

Demikian pertanyaan kami. Terima kasih atas tanggapannya.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Hari – Pondok Gede

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Hari di Pondok Gede, prinsip renovasi adalah sebisa mungkin tidak banyak membongkar bangunan lama. Jadi disain baru selayaknya harus banyak menyesuaikan dengan disain lama.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Pada kasus pak Hari saya melihat ada banyak cara untuk melakukan penghematan tersebut. Bentuk kamar lama yang sudah berderat membuat saya mudah mengaturnya.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Yang pertama saya lakukan adalah menentukan kamar pembantu dan kamar tukang terlebih dahulu. Karena ruang ini adalah area operasional rumah kos. Jadi sangat penting untuk di atur dengan baik.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Kamar pembantu saya tempatkan di belakang. Sesuai dengan denah awal. Sudah tepat posisi nya karena dekat dengan dapur. Hingga ia mudah bersirkulasi dan beraktivitas.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Kamar untuk tukang saya letakkan di depan. Hingga tidak mengganggu privasi penghuni kos. Tukang juga sekaligus menjadi pengaman area depan. Tempat parkir motor jadi lebih terlihat.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Setelah terlihat pola ini, kita bisa membuat pembagian kamar kos dengan cara yang hemat dan baik serta benar. Kamar tidur lama tetap saya jadikan kamar kos. Bahkan area ruang tamu yang cukup bsar saya sekat lagi. Hingga bisa bertambah satu kamar kos di area ini.

Gudang yang terlalu kecil saya ubah menjadi kamar kos juga. Hingga total kamar kos di lantai bawah ada 4 kamar kos.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Untuk lantai atas saya ubah menjadi 3 kamar kos. Dengan akses pintu masuk balkon yang saya cor dak beton. Hingga pintu masuk kamar kos tidak melalui balkon depan. Jadinya lebih aman dan nyaman. Karena tidak terlihat dari luar.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Kamar mandi saya tambah 1 lagi di bawah. Kemudian di atas saya buat 2. Hingga total kamar mandi di rumah kos ini menjadi 5 buah. Pola plumbing nya memanfaatkan jalur air lama. Hingga hemat dan tidak banyak bongkar.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Netters sekalian, pola hemat ini bisa saya dapatkan karena bangunan lama banyak saya pakai. Inilah fungsinya disain. Membuat pengeluaran biaya lapangan menjadi hemat.

Alhamdulillah , selesai sudah disain kita kali ini. Semoga bermanfaat.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Ir. Andan Nadriasta

Jika anda suka artikel ini pastikan anda like FB Fanpage Bangunrumah123 untuk mendapatkan info terbaru tentang arsitektur atau klik : www.bangunrumah123.com/

Untuk Order desain/Pelaksanaan email ke : [email protected] atau [email protected]

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Konsultasi Arsitektur Lainnya

Trending