Rabu, 18 Muharram 1444 H / 17 Agustus 2022

Konsultasi Arsitektur : Rumah 2 Lantai Di Tanah 6 x 13 M

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Eramuslim.com Asslaamu’alaikum wrwb

Saya memiliki tanah di lahan 6 x 13 m. . Tanahnya kecil, hanya 78 meter persegi. Saya ingin di bawah ada Kamar tidur 1 dan  wc satu. Lalu dapur, ruang makan dan ruang keluarga.

Ruang tamu secukupnya, yang penting ada taman dan teras di belakang. Jangan lupa carport untuk 1 mobil dan motor juga bisa masuk di sisi mobil.

Saya ingin membuat 2 lantai juga.  Di atas ada 2 kamar tidur dan 1 kamar pembantu. Ruang cuci dan jemur juga ada. Lalu ada ruang duduk dan balkon yang lapang.Saya juga ingin ada gudang.

Disain terserah saja. Dibuat yang terbaik. Karena dana saya terbatas. Itupun tidak dibangun dalam waktu dekat. Karena yang penting membuat disain nya dulu.

Demikian pertanyaan kami.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Hadi – Serpong

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Hadi yang saya hormati,tanah  yang ada memang cukup kecil. Sementara permintaan ruang cukup padat. Untuk itu saya mencoba membuat sisi kiri bangunan lebih lebar dari sisi kanannya.

lebar di sisi kanan menjadi 3,5 meter. Hingga sisi kiri menjadi 2,5 meter. Konsep ini membuat ruang tengah lapang dan carport menjadi lebar. Mobil dan motor bisa di parkir secara berdampingan.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Dapur saya letakkan di depan. Hingga kita bisa memiliki 2 pintu masuk ke dalam rumah. Jika ada tamu tidak saling ganggu. Masing – masing memiliki privacy. Keluarga dapat dengan mudah mengakses rumah ini.

Ruang tengah dibuat lapang saja. Menyatu antara ruang tamu , ruang keluarga dan ruang makan. Kondisi ini semakin terasa lapang karena di belakang ada teras lega yang menyatu ke taman hijau segar.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Sekarang kita beralih ke lantai 2. Ruang tidur di letakkan di belakang. Dengan konsep ini area hunian menjadi lebih nyaman. Tidak berisik dan tidak bising. Privacy ruang tidur menjadi lebih terjaga.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Konsep ini menghasilkan ruang tengah yang nyaman dan lapang. Ada ruang duduk di lantai 2 yang lega. Menyatu dengan balkon depan yang juga lapang. Menyatu pula dengan ruang cuci jemur yang dapat di akses melalui pintu service area.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Tampak muka saya buat minimalis. Service area saya sembunyikan dengan lidah tembok beton yang menjulang tinggi. Balkon lebar saya jadikan box merah sebagai daya tarik utama.

Tiang bulat sebagai penyangga teras tampil kokoh menopang atap teras. Paduan ini membuat rumah mungil kita tampil cantik dan menawan. Tampil trendi dengan konsep minimalis yang segar.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Pola pembangunannya bisa bertahap. Untuk ruang service area bisa ditunda karena ia bukan bagian primer. Teras depan yang meyita biaya juga bisa ditunda.

Demikian Pak Hadi, konsep rumah murah di tanah yang kecil ini. Semoga bisa bermanfaat. Dan semoga rumah nya bisa menjadi baiti jannati.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Ir. Andan Nadriasta

[email protected]  atau  [email protected]

Jika anda suka artikel ini pastikan anda like FB Fanpage Bangunrumah123 untuk mendapatkan info terbaru tentang arsitektur

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

TIPS Ketika Banjir Melanda

Jumat, 17/01/2014 19:19

Konsultasi Arsitektur Lainnya

Trending