Senin, 16 Muharram 1444 H / 15 Agustus 2022

Konsultasi Arsitektur : Rumah Dan Toko Di Tanah Miring

Bangunrumah123

Bangunrumah123

Eramuslim.com Assalaamu’alaikum wr wb

Ust. Andan di eramuslim.com, saya memiliki lahan miring yang ingin dibangun rumah di sisi kanan dan toko sederhana di sisi kiri. Data ukuran terlampir. Untuk toko biasa saja. Dengan menggunakan atap asbes dan dalamnya hall kosong saja. Karena nanti akan di isi rak barang – barang dagangan.

Untuk rumah saya ingin ada 3 kamar tidur, wv 2 buah, ruang cuci jemur, r tamu, r makan dan keluarga, serta dapur dan garasi.

Bagaimana caranya membuat disain minimalis di tanah seperti ini ? Demikian pertanyaan kami . Semoga Ust. Andan Nadriasta dapat segera menjawabnya. Terimakasih sekali atas perhatiannya.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Ahmad – Bekasi

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Ahmad di Bekasi, semoga bapak diberi kelapangan rizki dan kesehatan. Karena melihat dari rumah ini, nampaknya insya Allah akan membawa banyak keberkahan. Sebagai wirausahawan muslim tentu banyak akan memberikan manfaat luas bagi kaum muslimin.

Pak Ahmad, lahan mengecil di sisi kiri saya jadikan toko. Hingga bangunan yang lapang tidak mengganggu pola disain keseluruhan. Dengan model seperti ini saya bisa memanfaatkan sisa tanah yang melebar untuk rumah tinggal yang memang lebih luas.

Bangunrumah123

Bangunrumah123

Atap asbes toko saya tutupi dengan tembok tingga yang berbentuk miring. Mengikuti arah kemiringan atap. Hingga nampak dari depan hanyalah garis miring yang bisa saya kamuflasekan dengan papan nama toko atau iklan produk.

Bangunrumah123

Bangunrumah123

Untuk rumah saya letakkan ruang tidur utama di belakang . Hingga suasana privasi dapat tercapai dan pola taman juga dapat terbentuk.

Taman melebar di belakang cukup untuk sirkulasi hawa. Hingga ruang tengah menjadi lapang dan nyaman. Ruang tengah yang merupakan gabungan ruang tamu, r makan dan r. keluarga akan menjadi inti bangunan. Jadi muka utama rumah akan tampil melalui area ini.

Bangunrumah123

Bangunrumah123

Kisi – kisi di kiri bangunan adalah ruang cuci jemur yang menjadi nyaman dan indah. Karena terbentuk dengan rapi dan cantik. Walaupun ia service area tempat cucian dan jemuran. Namun ia juga berfungsi sebagai akses cahaya dan udara segar.

Bangunrumah123

Bangunrumah123

Sisi kanan adalah garasi yang memanjang ke belakang. Dengan bentuk seperti ini saya bisa menyelipkan carport 1 mobil di depan dengan parkir melintang. Jadi setiap jengkal tanah tetap dapat dimanfaatkan. Mulai dari area hijau, service area hingga bangunan yang masif.

Bangunrumah123

Bangunrumah123

Demikian Pak Ahmad, semoga arahan disain ini bermanfaat. Semoga toko nya menjadi berkah. Untuk itulah saya namakan toko ini berkah mart. Karena saya berharap disain ini juga membawa keberkahan bagi Pak Ahmad dan saya sebagai arsiteknya.

Akhirul kalam,
Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST

[email protected] atau [email protected]

Jika anda suka artikel ini pastikan anda like FB Fanpage Bangunrumah123 untuk mendapatkan info terbaru tentang arsitektur

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Konsultasi Arsitektur Lainnya

Trending