Kamis, 12 Muharram 1444 H / 11 Agustus 2022

Konsultasi Arsitektur: Rumah Sekaligus Tempat Usaha

THUMBNAILEramuslim.com – Assalaamu’alaikum wrwb

Pak Andan di eramuslim.com, saya memiliki tanah di Bandung. Ingin saya bangun rumah sekaligus untuk tempat usaha. Di sebelah tanah tersebut ada gang kecil dan di depan adalah jalan motor. Data kami lampirkan.

Di lantai dasar saya ingin ada garasi 2 mobil, carport yang lapang hingga mobil box bisa masuk,  2 ruang tidur. ruang makan dan keluarga serta ruang tamu.  Untuk ruang tidur sementara waktu bisa saya gunakan untuk ruang kerja atau ruang usaha dulu. Lalu di atas saya ingin ada 2 ruang tidur. Kebutuhan yang terakhir adalah di atas garasi saya ingin ada paviliun yang luas. Area ini diakses terpisah dari tangga utama. Hingga jika ada keluarga datang dari luar kota dapat singgah disini. Atau jika ingin digunakan sebagai tempat usaha juga dapat dilakukan disini.

Demikian pertanyaan kami, terimakasih atas kesediaan Pak Andan untuk menjawabnya.
Wassalaamu’alaikum wrwb

Syamsalis – Bandung

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Syamsalis yang saya hormati, konsentrasi pertama saya adalah dengan membuat garasi dan carport yang lapang. Seluruh bagian sisi kanan lahan yang bersebelahan dengan gang saya manfaatkan untuk hal ini. Hingga manuver kegiatan usaha dapat berjalan dengan leluasa dan nyaman. Tepat diatas area ini saya buat paviliun yang luas dan lapang. Dengan akses tangga besi dari carport.

bangun rumah

bangun rumah

Dapur dapat diakses juga dari garasi. Hingga tukang gas tidak kesulitan menjangkau area ini. Lalu dapur saya gabungkan dengan ruang makan. Hingga kita dapat menikmati taman yang lapang di belakang rumah. Taman ini juga dapat dinikmati dari ruang keluarga dan ruang tamu. Jadi taman belakang ini benar – benar menjadi radiator pendingin ruangan.

Bangun Rumah

Bangun Rumah

Ruang tidur saya buat lega dan lapang. Hingga bisa digunakan untuk ruang kerja juga. Lalu di atas saya ikuti pola strukturnya hingga kita tetap memperoleh 2 ruang tidur. Dengan akses hawa melalui void yang ada di taman belakang. Sirkulasi hawa rumah ini benar – benar menjadi segar dan nyaman.

Bangun rumah

Bangun rumah

Tampak muka saya buat dengan atap limas yang menarik. Hingga ia menjadi daya tarik utama yang berpadu dengan model minimalis pada ornemen arsitekturnya. Warna juga saya buat cerah ceria dengan kobinasi abu – abu pada tembok dan pintu rolling door garasi.

Untuk garasi sengaja saya buat rolling door. Hingga manuver mobil box tidak terganggu. Karena kita akan memperoleh lebatr yang optimal dan pergerakan pintu yang mudah dan simple. Kegiatan usaha dapat berjalan dengan lancar dan mudah.

Bangun rumah

Bangun rumah

Tepat di atas garasi saya buat balkon yang dapat diakses dari paviliun. Sekaligus menjadi view tambahan bagi tampilan muka bangunan. Balkon ini juga membuat paviliun tidak tampil menjemukan. Karena ia merupakan ruang terpisah dari bangunan utama.

Bangun rumah

Bangun rumah

Alhamdulillah selesai sudah disain edisi ramadhan kali ini. Semoga netters eramuslim sekalian dapat mengambil manfaatnya. Dan semoga usaha Pak Syamsalis dapat berjalan lancar. Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST

[email protected] atau [email protected]

Jika anda suka artikel ini pastikan anda like FB Fanpage Bangunrumah123 untuk mendapatkan info terbaru tentang arsitektur

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Nyamannya Bekerja Dari Rumah

Senin, 15/07/2013 23:39

Bangun Rumah dengan Pagar Minimalis

Selasa, 09/07/2013 22:24

Rumah 1 Dibagi 2

Sabtu, 08/06/2013 13:55

Konsultasi Arsitektur Lainnya

Trending