Rabu, 16 Rajab 1444 H / 8 Februari 2023

Kos Mungil 5×12

Assalamualaikum Pak Andan Nadriasta di eramuslim.com

Saya punya sebidang tanah kosong dengan ukuran 5 x 12 m yang terletak di hook rumah.Saya ingin membangun kos-kosan disamping rumah dengan jumlah kamar 4 buah.Yang saya tanyakan :

  1. Desain kos-kosan yang nyaman dengan masing kamar mandi dalam.
  2. Estimasi biaya yang dikeluarkan

Terima Kasih, Wassalamualaikum wr. wb.

Assalaamu’alaikum wrwb

Pak Agus Thonthowi yang saya hormati, semoga bapak sekeluarga dalam keadaan sehat wal afiat. Terimakasih atas perhatiannya pada eramuslim. Mohon bantuannya untuk menyebar luaskan media kami. Agar dakwah Islam semakin berkembang luas.

Segenap netters eramuslim.com dimanapun anda berada, kali ini kita membahas rumah kos mungil dengan bentuk lahan memanjang di hook. Bentuknya yang gerbong membuat saya harus mendempetkan pola kamarnya disisi kiri lahan. Beruntung permintaan kamarnya hanya 4 saja. Jika lebih dari 4 maka saya harus bekerja ekstra untuk melayani umat dalam mendapatkan informasi terdepan. Sebagaimana slogan dari eramuslim.

Kamar mandi saya gandengkan agar mudah pemipaannya. Juga dengan cara ini kita bisa memperoleh ruang terbuka yang saling bergandengan. Hingga udara yang masuk lebih lepas dan segar.

Saya berusaha menerapkan warna cerah. Kuning, merah, biru dan hijau. Selain menjadi mudah alamat penghuni kos, ia juga menjadi daya tarik tersendiri. Inilah berkah minimalis. Karena pola seperti ini tidak bisa diterima di era tahun 90 an. Karena masih berlaku tren mediterania kala itu. Apalagi di masa 80 an yang didominasi disain tropis. Warna seperti ini dianggap aneh.

Pandangan ini dari sisi pertigaan jalan yang berlawanan arah. Dari sisi ini terlihat atap asbes nya yang berwarna merah bata membuat ia tampil gagah walaupun materialnya murah. Dengan lisplang putih membuat kontras penampilan. Jadi warna-warni tembok kamar ada pengikatnya sekaligus peredam agar tidak terlalu ‘ngejreng’.

Nah, ini gambar bagian belakang. Sengaja saya buka agar nampak anatomi disainnya. Dengan atap yang miring tersebut kita bisa juga membuat mezanin di atas kamar. Seperti disain saya sebelumnya. Hingga nilai jual kos ini semakin tinggi dan banyak peminatnya. Silahkan di klik untuk melihat korelasinya : /konsultasi/arsitektur/ingin-membangun-rumah-petakan.htm

Gambar terakhir saya ambil sudutnya dari bawah. Agar terlihat pola plafond bawah bagian atap yang miring. Juga untuk menekankan betapa eksotisnya kos mungil ini. Atap miring ditambah permainan pet beton dan tembok garis plus warna. Menjadikan ia tampil lain dari yang lain.

Untuk biaya nampaknya agak sulit dipersentasikan. Karena harus dibuat rincian detail RAB nya. Karena dengan rencana anggaran biaya akan jelas spesifikasi bahannya. Volume pekerjaan yang ada. Serta pilihan kita untuk memilih harga menengah atau benar-benar tiarap. Dan untuk menampilkan rincian biaya tersebut saya tidak mampu.Karena biaya operasional disain RAB nya terlalu besar.

Demikian saja netters sekalian. Komputer saya sudah mengumandangkan adzan. Dan biasanya masjid di dekat rumah saya juga sudah mulai pengajian. Tanda sebentar lagi panggilan Ilahi menggema. Mari kita tunaikan sholat maghrib berjamaah. Agar pahala 27 kali lipat kita raih.

Sampai jumpa lain kesempatan,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST – [email protected]

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Masalah Parkir Motor dan Ruang Tamu

Jumat, 25/02/2011 07:05

Rumah Saudara di Belakang

Kamis, 24/02/2011 08:34

Maksimalisasi Tanah 8 x 15 m

Senin, 21/02/2011 19:04

Renovasi Terbatas

Jumat, 18/02/2011 18:01

Kos-Kosan Sederhana

Rabu, 16/02/2011 11:10

Renovasi Rumah Tipe 36/72

Minggu, 13/02/2011 06:46

Renovasi Muka Rumah Minimalis

Rabu, 09/02/2011 15:21

Konsultasi Arsitektur Lainnya

Trending