Sabtu, 4 Rabiul Awwal 1444 H / 1 Oktober 2022

Maksimalisasi Tanah 8 x 15 m

Assalaamu’alaikum wr. wb.

Saya memiliki tanah 8 x 15 m. Ingin dibangun sebuah rumah tinggal dengan kebutuhan ruang sebagai berikut : ruang tamu, ruang makan, ruang tidur untuk tamu, ruang pelayan, dapur, ruang untuk sepeda/motor, kamar mandi cuci, kamar mandi untuk tamu, 3 ruang tidur anak, 1 ruang tidur utama di lantai atas yang besar sekali plus kamar mandi dan ruang kerja, balkon, perpustakaan, ruang keluarga, carport 2 mobil dan juga taman di depan-belakang.

Saya juga ingin ada ruang besar untuk hall pertemuan atau ruang audio visual tempat santai di lantai atas yang sangat privasi.

Bangunan saya harus mundur 5 meter dari jalan, karena itu peraturannya.

Demikian pertanyaannya, terimakasih sekali atas tanggapannya

wassalaamu’alaikum wr. wb.

Assalaamu’alaikum wrwb

Netters sekalian, marilah kita memuji Allah karena telah memberi kesempatan pada kita untuk dapat menikmati rizki Allah hingga hari ini. Dan juga yang memberi kekuatan hingga kita masih mampu bertahan sabar dalam menyelesaikan ujian kehidupan yang diberikan di pundak kita. Dengan 2 sayap ruhani tersebut kita mampu terbang membumbung tinggi untuk mampu memahami kehendak Ilahi. Hingga lahir ridho akan segenap keputusan – Nya.

Kali ini kita bahas disain yang cukup sempit. Tanahnya memang lumayan luas. Tapi permintaannya demikian banyak. Sehingga terpaksa pola denahnya vertikal ke atas agar cukup untuk menampung segenap ruang yang ada. Untuk itu di lanati dasar justru fokus ruang service. Serta hanya ada 1 kamar tidur. Itupun untuk tamu. Dan tentunya ruang makan karena dapur ada di bawah.

Naik ke lantai 2 baru terdapat ruang tidur anak. Ada di depan 2 buah hingga kita bisa meletakkan perpustakaan di bagian belakang. Dengan pola ini menghasilkan ruang keluarga yang ada di tengah. Dan void yang segar untuk menatap taman di bawah.

Di lantai 3 terdapat master bed room. Berikut dengan kamar mandi di dalam yang cukup besar beserta ruang kerja di belakang. Menyatu mereka semua. Hingga pola sirkulasinya menjadi nyaman.

Di sampingnya ada ruang tidur anak yang juga saya sediakan sedikit ruang pakaian. Tidak umum bagi lidah kita. Karena di barat biasa di sebut ‘walk in closet’. Ruang khusus untuk lemari pakaian. Semacam ruang ganti bila kita terjemahkan ke bahasa kita.

Nah, ini gambar 3 dimensinya. Dengan balkon dan teras yang menonjol membuat tegas penampakan rumah. Juga ditambah dengan lantai 3 1/2 yang menjulang di atas atap. Membuat rumah semakin berpenampilan modern. Apalagi perpaduan warna merah dan hijau-nya serasi. Walaupun agak susah saya mencampurnya. Karena sebenarnya ia warna yang bertolak belakang. Alhamdulillah Allah beri ilham untuk mampu menyelesaikan tugas ini.

Yang terakhir adalah hall besar di atas atap. Bisa berfungsi sebagai ruang audio visual. Sambil santai menatap langit kebesaran Allah. Bisa juga untuk tafakur merenung sembari tahajud malam yang syahdu. Merintih sendiri meratapi nasib kita kelak di akhirat nanti. Mengharap ampunan-Nya. Dan rindu untuk dimasukkan ke dalam Syurga firdaus tempat tak ada duka dan keluh kesah.

Demikian saja ulasan disain kita. Karena hari sudah semakin larut. Dan matahari sudah lama masuk ke peraduannya. Gelap telah menelannya bulat-bulat. Menyisakan tengadah tangan para hamba Allah yang ingin menggapai fadhilah malam. Selamat istirahat wahai saudaraku. Semoga setelah Isya berjama’ah di masjid nanti kita diberi karunia istirahat. Dan diberi hidayah untuk bangun qiyamul lail.

Akhirul kalam, al haqqu mirrobika fala takunanna minal mumtarin. Yang haq itu datang dari Allah, maka jangan ragu akan yang haq tersebut. Wa billahi taufik wal hidayah,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST – [email protected]

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Renovasi Terbatas

Jumat, 18/02/2011 18:01

Kos-Kosan Sederhana

Rabu, 16/02/2011 11:10

Renovasi Rumah Tipe 36/72

Minggu, 13/02/2011 06:46

Renovasi Muka Rumah Minimalis

Rabu, 09/02/2011 15:21

Mengatasi Tanah Sudut 2 Sisi

Selasa, 08/02/2011 07:58

Kolam Renang di Rumah

Kamis, 03/02/2011 04:11

Menambah Kamar dan Toko

Rabu, 02/02/2011 06:55

Konsultasi Arsitektur Lainnya

Trending