Sabtu, 14 Muharram 1444 H / 13 Agustus 2022

Mohon Penjelasan untuk artikel rumah di lahan memanjang 4 x 21

Salam pak Aria

Saya mohon izin memakai desain rumah di lahan memanjang 4 x 21 m 2 untuk rumah saya, adapun yg saya ingin tanyakan adalah :

1. dimana bagusnya untuk penambahan kamar tidur

2. ruang jemur, rencananya saya ganti dengan garasi

3. car port saya hilangkan saja diganti dengan teras

4. apakah bisa menggunakan bentuk atap pelana (kedepan dan belakang) dan terasnya memakai fasad bentuk limas?

mohon penjelasan lebih lanjut (via email karena gambarnya terlalu kecil)

wasalam

Melia Febriza

Wa alaikumussalam Wr.Wb…Saudari Melia

Silakan saja jika anda ingin menggunakan desain rumah Saudara Alif jika memang ada kemiripan bentuk lahan dan organisasi ruangnya. Karena di rubrik konsultasi ini kita harus saling berbagi untuk meningkatkan ukhuwah islamiyah diantara sesama muslim.

  • Jika organisasi dan kebutuhan ruang tetap ingin anda pertahankan, maka bila anda ingin menambah kamar di lantai dasar, rasa-rasanya sudah tidak memungkinkan lagi, karena jika tetap dipaksakan maka akan melanggar jarak bangunan serta mempersempit ruang bernafas bagi rumah anda. Satu-satunya jalan adalah meningkat ke atas dengan posisi di atas ruang tidur anak hingga ruang tidur utama. Anda bisa menambah 2 kamar tidur dan ruang duduk di lantai atas. Dak beton di atas dapur, bisa dimanfaatkan sebagai ruang jemur dan torn air.
  • Jika ruang jemur akan dijadikan garasi, maka panjang 3 m, tidak cukup untuk memarkir mobil sehingga anda perlu memperluas sepanjang 1-1.5 m ke arah taman di depan dapur, dengan posisi mobil memanjang kearah taman.
  • Posisi carport di depan bisa dihilangkan sehingga teras dan ruang tamu bisa lebih luas, tentunya anda perlu menambah kanopi atau penutup di atasnya agar teras tidak kepanasan dan kehujanan.
  • Anda bisa melihat perubahan yang diinginkan dalam denah di bawah ini :

  • Bentuk atap dengan kemiringan satu arah secara fungsional sebenarnya untuk bangunan yang tidak terlalu lebar akan jauh lebih efisien karena konstruksinya lebih sederhana dan lebih murah dibandingkan dengan kemiringan dua arah. Pertimbangan lain dengan bangunan yang menempel pada satu sisi lahan seperti rumah saudara Alif, menggunakan atap dengan kemiringan 1 arah juga akan menghindarkan kebocoran, karena tidak ada talang disisi miring kearah dinding yang berbatasan dengan tetangga, sehingga perawatan ke depan menjadi lebih murah. Secara tampilan, rumah juga terlihat lebih kokoh dan modern dibandingkan menggunakan atap pelana dua arah, karena terkesan lebih tinggi.
  • Untuk atap tambahan di atas teras yang diperluas boleh-boleh saja menggunakan atap bentuk limas, tetapi sekali lagi harus dipertimbangkan apakah tampilannya ‘nyambung’ dengan bangunan induknya. Sehingga tidak terkesan hanya ditempelkan saja tanpa memikirkan kesatuan fasad secara keseluruhan.

Rumah itu adalah ‘karya seni’ seperti orang membuat patung atau lukisan, harus dilihat dari banyak faktor seperti keseimbangan, proporsi, ritme, keselarasan, harmoni dan sebagainya sehingga dengan biaya pembangunan yang tidak sedikit kita bisa mendapatkan kepuasan. Allah menyukai keindahan, sehingga Allah menciptakan manusia, dan alam seisinya dengan penuh keteraturan dan kesempurnaan. Maha besar Allah dengan segala firman Nya….

Wassalamu ‘alaikum Wr.Wb…

Catatan : Mohon maaf jika saya tidak dapat membalas via e-mail karena data anda ada pada dewan redaksi

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Tips Menata Ruang Tamu Yang Mungil

Selasa, 19/05/2009 13:44

Desain Kanopi pada Rumah Standar

Kamis, 14/05/2009 12:39

Penjelasan Dari Desain Rumah Bentuk L

Selasa, 12/05/2009 22:56

Desain Rumah Islami Di Lahan 176 M2

Rabu, 29/04/2009 22:02

Membangun Pagar Tembok

Kamis, 23/04/2009 12:22

Konsultasi Arsitektur Lainnya

Trending