Senin, 6 Rabiul Awwal 1444 H / 3 Oktober 2022

Penjelasan Dari Desain Rumah Bentuk L

Assalamu ‘alakum, wr. wb

Pak Aria, yang terhormat

Alhamdulillah dan sangat terimakasih atas jawaban pertanyaan saya yang lalu.. yang mana ini membuat pikiran dan tenaga terkuras.. saya mengucapkan terimakasih atas bantuan bapak ini.

Adapun saya ingin bertanya lagi agar lebih jelas dan kiranya bapak tidak keberatan..

1. bagaimana memperbesar ukuran gambar bangunan agar nampak jelas, soalnya saya sudah memperbesar tapi tulisan angka pecah dan tampak sangat tidak jelas, mohon petunjuknya,

2. inner court dan ruang jemur dibiarkan terbuka … agar aman kalau rumah ditinggalkan takut ada pencuri atau tindakan kejahatan lainnya… pengamannya…….. dan kalau terbuka pak apakah teras depan kamar tidak kena cipratan hujan atau hujan langsung…takut ada yang jatuh.. mohon petunjuk dan solusinya pak

3. bagaimana membuang saluran air habis mandi, cuci baju, cuci piring, apakah saya harus membuat parit besar yang langsung menuju trotoar parit di jalan raya, jarak rumah dan jalan raya 60 meter pak atau adakah cara lain untuk membuang air kotor tersebut.

4. sisi bangunan hotel sangat tidak enak diliat ada jemuran dilantai 2 dan atap seng yang yang sudah bekarat, untuk menutupnya saya akan membuat pagar yang tinggi agar tidak terlihat, saya mengunakan bahan apa pak ?  batako kah atau bata biasa atau apa pak ?  yang murah lah…

5. ini simbol apa , di bawah wc kaya tanda v ….. 

Sebelum nya saya mengucapkan terima kasih atas kebaikan bapak, semoga rahmat dan kasih sayang Allah, selalu bersama . terimakasih

Wa alaikumussalam Wr.Wb.

Bang Yacof yang terhormat,

Terimakasih atas apresiasinya, dan saya sangat senang dapat membantu menyelesaikan satu permasalahan yang sedang anda hadapi, itulah pentingnya saling bersilahturahim sesama saudara muslim, tidak pada saat kita sedang membutuhkan pertolongannya saja, tetapi dalam kondisi apapun tetap harus kita jaga karena itu adalah satu kiat membangun ukhuwah islamiyah yang akan memperkokoh bangunan islam ini.

Memang merealisasikan desain dari kertas ke lahan, butuh penjabaran lebih lanjut, sehingga dalam pelaksanaanya anda perlu menggunakan jasa kontraktor agar gambar tersebut bisa dibuatkan gambar kerjanya yang lebih detil dan perincian biayanya bisa lebih jelas apakah sesuai dengan budget yang anda anggarkan.

Karena ruang konsultasi punya banyak keterbatasan tentulah tidak semua bisa langsung direalisasikan tapi paling tidak dapat memberikan pencerahan-pencerahan dan solusi-solusi desain pada siapun yang mengalami kesamaan dalam permasalahan yang sedang dihadapi.

  1. Seperti halnya gambar yang pecah, karena memang halaman konsultasi tidak memungkinkan untuk meng-upload gambar dengan file kapasitas besar, sehingga jika luas tanah anda cukup besar maka gambar akan terlihat kecil, tapi saya akan coba bantu dengan anda melampirkan alamat e-mail, agar dapat saya kirimkan file dengan kapasitas yang lebih besar.
  2. Jika anda tidak merasa nyaman dengan inner court dan ruang jemur yang terbuka, maka dapat dibuatkan teralis besi atau pergola di atas nya sehingga anda lebih tenang jika ingin meninggalkan rumah. Agar air hujan tidak tampias ke teras depan kamar, maka seperti yang sudah saya bahas sebelumnya, sebaiknya ada atap datar dari dak beton yang lebih lebar di atas teras kamar tersebut sehingga air hujan dari atap miring di kanan kirinya tidak langsung jatuh ke teras tapi akan ditampung dan disalurkan oleh dak beton melalui pipa pembuangan ke saluran air dibawahnya.                                                                                                      
  3. Memang idealnya pembuangan air kotor langsung menuju saluran kota tapi jika jaraknya terlalu jauh maka anda dapat membuat resapan ke dalam tanah, sehingga air dari rumah anda tidak terbuang keluar tapi akan meresap kembali ke dalam tanah setelah lebih dahulu melalui proses penyaringan.
  4. Jika anda ingin membuat pagar tinggi untuk menutupi pemandangan dari hotel yang tidak sedap, bisa menggunakan batako yang biayanya lebih murah, tetapi jika faktor keamanan juga menjadi pertimbangan, saya lebih menyarankan menggunakan bata merah.
  5. Simbol V yang ada di kamar mandi menunjukkan bak shower atau jika anda lebih suka menggunakan bak air, silakan saja sesuai dengan kebutuhan yang anda inginkan.

Demikian Bang Yacof, mudah-mudahan penjelasan saya bisa dimengerti dan dapat segera direalisasikan, mudah-mudahan Allah selalu memberikan kemudahan dan keluasan rizki pada anda dan keluarga.

Wassalamu ‘alaikum Wr.Wb…

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Rekomendasi

Nephilim dan Rephaim

Selasa, 22/03/2011 13:45

Perpindahan Kiblat

Minggu, 30/08/2009 01:16

Mudah Tersinggung

Selasa, 29/01/2008 05:12

Dampak Ibu Mudah Marah Pada Anak

Kamis, 04/03/2010 07:07

Merindukan Kota Santri

Senin, 19/04/2010 06:17

Melukai Ibumu, Murkalah Tuhanmu

Rabu, 23/04/2014 12:30

Hukuman Utk Wanita Pezina

Kamis, 19/03/2009 10:47

Baca Juga

Desain Rumah Islami Di Lahan 176 M2

Rabu, 29/04/2009 22:02

Membangun Pagar Tembok

Kamis, 23/04/2009 12:22

Konsultasi Arsitektur Lainnya

Trending