Sabtu, 15 Jumadil Awwal 1444 H / 10 Desember 2022

Rencana Bangun Rumah ….. Tapi Kocek Masih Kurang !!!

Assalamu’alaikum…Ustad

Salam kenal Ustad …. Ustad saya punya rencana bangun rumah, tapi koceknya masih kurang kira2 habis berapa ya untuk bangun rumah itu Ustad ???? kriteria rumah yang ingin saya bangun seperti ini : Luas tanah 150m2, 3 kamar tidur dg ukuran @3×3 m2, R. tamu 3x3m2, R. klrga 3x4m2, R. makan+ dapur 3×4.5m2, kmr mandi+toilet+R. cuci 3×2.5m2, Teras 2x3m2, Mushola 3x2m2. waduuuuh afwan sebelumnya Ustad bila pertanyaan saya terlalu merepotkan, karena saya pingin punya rumah sendiri dan mulai sekarang saya ingin menabung material sedikit demi sedikit ….

Wa ‘alaikumussalam Wr.Wb…Mas Ilham

Salam kenal juga dan mudah-mudahan Mas Ilham dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.

Rizki yang diberikan Allah memang kadang lupa kita syukuri karena kita mengukurnya hanya dari materi yang kita dapatkan. Padahal keislaman, keimanan, kesehatan, istri dan anak-anak yang sholih sholihah, udara yang kita hirup, air yang kita teguk dan masih banyak lagi nikmat lain yang tidak terhitung juga adalah rizki dari Allah yang sudah sewajibnya kita syukuri sehingga akan menimbulkan sikap mental bagi kita untuk selalu berprasangka baik pada Allah SWT.

Jadi jika Mas Ilham ingin punya rumah sendiri, sebenarnya bukan hal yang tidak mungkin terjadi karena Allah maha mendengar dan maha mengetahui kebutuhan hamba-hamba Nya. Karena itu banyak-banyaklah memohon pada Allah terutama di tengah manusia sedang dibuai oleh mimpi, kita bangun dan membasuh wajah kita dengan wudhlu, bersujud dan menengadahkan tangan… mengiba dan meminta dengan niat yang Ikhlas. Insya Allah, dengan rahmat dan kasih sayang Nya….Allah akan memberikan Mas Ilham jalan keluar yang mungkin tidak disangka-sangka. Allah berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 152 : “ Karena itu, ingatlah kamu kepada Ku niscaya Aku ingat pula kepadamu, dan bersyukurlah kepada Ku, dan janganlah kamu mengingkari nikmat Ku.”

Sekedar gambaran saja bagi Mas Ilham tapi jangan sampai membuat Mas Ilham patah semangat….dari kebutuhan ruang yang Mas Ilham inginkan. Luas total bangunan nya ditambah dengan sirkulasi 10 % kurang lebih 90 M 2. Jadi jika harga per M2 untuk rumah yang layak huni adalah 2 juta rupiah, maka Mas Ilham membutuhkan dana sekitar 2 juta X 90 M2 atau sama dengan 180 juta rupiah. Standar ini jangan kita bandingan dengan kualitas bangunan yang ada di perumahan-perumahan yang dibangun secara masal dan kualitasnya jauh di bawah kelayakan. Membangun kan tidak harus selesai semua, dapat dilakukan secara bertahap sesuai kondisi ‘kocek’ kita, syaratnya senantiasa harus bersabar dan terus berusaha dan berdoa.

Niatkan saja dengan ikhlas Mas Ilham, karena Allah berfirman :

“Dan ingatlah tatkala Tuhanmu memaklumatkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu; dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." (Surah Ibrahim:7)

“Aku mengabulkan permohonan orang-orang yang berdo’a, apabila ia memohon kepada-Ku, hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah) Ku, dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu dalam kebenaran” (Al Baqarah: 186)

Tidak ada yang merepotkan Mas, karena sudah selayaknya sesama muslim untuk saling nasehat menasehati dalam kebaikan dan kesabaran. Mudah-mudahan doa dan ikhtiar Mas Ilham yang ingin memiliki rumah sendiri dapat segera terwujud…..
Wassalamu ‘alaikum Wr.Wb…

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Software Bagi Arsitek

Selasa, 14/04/2009 01:52

Desain Rumah Produktif

Rabu, 25/03/2009 06:08

Pertimbangan Memilih Bata Celcon

Selasa, 17/03/2009 22:45

Memilih Bata Ekspos Yang Baik

Selasa, 24/02/2009 22:16

Desain Mini Islamic Centre

Minggu, 22/02/2009 08:59

Desain Rumah Asri Di Lahan 60 M2

Rabu, 18/02/2009 01:55

Konsultasi Arsitektur Lainnya

Trending