Rabu, 5 Zulhijjah 1443 H / 6 Juli 2022

Renovasi Muka Rumah Agar Carport Nyaman

ANDAN ERA PICAssalamu alaikum wr. Wb.
Terima kasih atas doa ustadz Andan untuk putra saya, amiin ya robbal alamin.
Semoga Alloh memberikan nasrullah pada keluarga kami, putra kami
khususnya. Semoga  saya bisa menjadi hamba yang lebih bersyukur dan bersabar.
Terimakasih atas tausiah nasehat dari ustadz Andan.

Berkaitan dengan renovasi muka rumah, saya sependapat jika yang
diundurkan satu sisi saja karena akan menghemat dana. Namun, mohon
maaf untuk manuver mobil sepertinya akan cukup sulit untuk saya. Karena
terus terang saya belum ahli parkir. Juga karena ada rumah kos tetangga, terkadang
motor penghuni kos tetangga tersebut  agak mengganggu  parkirnya.

Setelah saya perhatikan, bangunan  tambahan untuk warnet dulunya adalah
carport mobil,  namun panjangnya 4m.  Jika misalnya saya undurkan 4,5m
agar mobil masuk sempurna. Apakah merombak atap bangunan utama atau
tidak Ustadz ?

Bagaimana dengan tampilan fasadnya…? , dan apakah anggaran jadi
membengkak?
Mohon maaf jika kurang berkenan. Jazakumullahu khairan katsiraan.
Wassalamu alaikum wr.wb.
Widia

 

Wa’alaikum salam wrwb

Ibu Widia yang saya hormati, la yukallifullahu nafsan illa wus ‘aha, tidak lah seseorang di bebankan dengan sesuatu yg sesuai dengan kemampuannya, demikian bunyi bagian akhir dari surat al baqoroh.
Berarti ibu dianggap mampu oleh Allah untuk menerima amanah ini. Bisa jadi bila dibebankan kepada orang lain, ia tidak akan mampu memanggulnya. Jadi mari kita senantiasa menjaga husnuzhon pada Allah. Insya Allah sang Maha Pencipta lebih mengetahui apa yang terbaik untuk kita.

Untuk itu mari kita berdoa melalui lanjutan ayat tadi. Doa di akhir surat Al – Baqoroh yang syahdu dan penuh harap kepada Allah.

ربنا لا تؤاخذنا إن نسينا أو أخطأنا ربنا ولا تحمل علينا إصرا كما حملته على الذين من قبلنا ربنا ولا تحملنا ما لا طاقة لنا به, واعف عنا واغفر لنا وارحمنا أنت مولنا فانصرنا على القوم الكفرين

Ya Tuhan kami, janganlah engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah.    Ya Tuhan kami, janganlah engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir

Netters sekalian beserta Ibu Widia, berkaitan dengan disain yang ada maka saya coba perbaiki tampilannya. Tentu dengan resiko dana yang ada akan lebih besar. Karena tembok muka rumah saya bongkar sisi kirinya.

widia - disain 2 - view 1Saya ubah pola masuknya menjadi tidak melintang. Tembok warnet bagian depan saya bongkar. Sama seperti disain 1. Hanya saja tembok muka bangunan saya mundurkan 2.5 meter. Hingga panjang carport menjadi 5,5 meter.

widia - disain 2 - view 2Pintu samping untuk motor dan orang tetap saya buat. Agar akses ke dapur dapat tetap ada. Hingga celah gang di sisi samping rumah menjadi optimal. Jadi pintu carport selebar 3,5 meter. Lalu pintu motor / orang lebarnya 1 meter dan pagar tengah adalah sisanya. Kira – kira sekitar 2,5 meter.

widia - disain 2 - view 3Di depan ruang tamu saya dapat selipkan teras kecil. Hingga area depan menjadi sejuk dan teduh. Bersama genteng atap konsol dan taman rumput hijau. Ditambah pohon di ujung lahan menjadi semakin nyaman dan indah.

Pola ini justru semakin mirip denga contoh disain yang saya aplikasikan di Pamulang. Rumah kakak istri saya yang saya ubah pintu masuk dan muka rumahnya.

indra 8-sample

Demikian ulasan disain dan tausiah kita kali ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Wa bil khusus bagi saya yang menyampaikannya. Agar tindakan bisa sesuai dengan ucapan. Untuk itu mohon doa dari netters sekalian, agar kami bisa tetap istiqomah.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST – [email protected]

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Rumah Memanjang di Lahan Panjang

Selasa, 14/05/2013 12:45

Renovasi Rumah Plus Ruang Usaha

Rabu, 08/05/2013 13:07

3 Artikel Arsitektur Terpopuler

Minggu, 05/05/2013 06:07

Renovasi Rumah Lama di Jogjakarta

Jumat, 03/05/2013 06:53

Finishing Tembok Rumah Baru

Kamis, 02/05/2013 10:00

Konsultasi Arsitektur Lainnya

Trending