Senin, 14 Rajab 1444 H / 6 Februari 2023

Renovasi Murah Rumah Sudut

Asaslaamu’alaikum wrwb

Pak Andan di eramuslim, saya memiliki rumah di sudut jalan. Sebelah kanan rumah adalah jalan buntu. Di depan adalah jalan perumahan yang cukup dilewati 2 mobil . Kami ingin merenovasinya karena kebutuhan.

Rencananya di lantai satu ingin ada 2 kamar tidur, dapur, ruang makan, ruang tamu, serta teras di belakang. Untuk ruang tidur utama ingin ada kamar mandinya di dalam

Untuk lantai 2 saya ingin ada 2 kamar tidur ditambah ruang duduk kecil, ruang cuci jemur plus wc cuci dan kamar pembantu.

Data – data tentang rumah lama sudah saya kirimkan. Namun mohon maaf, jika memang agak sulit membacanya. Semoga coret – coretan yang ada bisa cukup komunikatif.

Pak Andan, Bagaimana disainnya ?agar tetap murah dan hemat. Hingga tidak memakan banyak biaya.

Demikian pertanyaan kami . Semoga eramuslim dapat tetap istiqomah memberikan informasi yang bermanfaat bagi kami. Jazakallahu khoiron.

 

Wassalaamu’alaikum wrwb

Nana Sumpena

 

 

Walaikum salam wrwb

Pak Nana Sumpena yang saya hormati, mari kita bersyukur kepada Allah. Akan nikmat di pagi hari ini. Semoga menjadi bekal kita untuk menjalani pekerjaan di pagi hari yang cerah ini. Di pagi hari yang bermandikan cahaya langit biru segar. Di Pagi hari miliknya Allah yang menguasai segenap celah rizki kita.

 

Saya coba gambar ulang rumah Pak Nana. Berdasarkan data-data yang saya terima. Mohon maaf Pak Nana, jika memang agak berbeda dengan kondisi lapangan. Karena memang idealnya renovasi harus disurvei ke lapangan. Agar akurat dan lebih mengetahui permasalahan sesungguhnya.

 


Nah, berdasarkan data – data tersebut saya mulai membuat skema renovasi disain hemat. Konsep utamanya adalah mempertahankan sebanyak mungkin bangunan lama dan membuat disain baru yang tidak terlalu banyak merubah disain lama. Ini prinsip dasar renovasi.

Saya mempertahankan seluruh tembok bangunan yang berbatasan dengan jalan. Lalu saya pertahankan kamar mandi dan ruang tidur di depan. Hingga dengan konsep ini kita akan banyak memperoleh penghematan.

Lantai atas saya coba ikuti pola lantai bawahnya. Agar struktur bangunan hemat dan tidak banyak memakan waktu pekerjaan. Void di samping tangga akan membuat tampak muka indah. Karena ada perbedaan ketinggian atap. Di bagian belakang juga ada void. Hingga sirkulasi hawa dari 2 void yang berbeda ini akan menjadikan rumah sejuk dan segar.

Ini pemandangan dari arah sudut jalan. Service area saya letakkan di pinggir bangunan. Karena tepat di bawahnya adalah dapur yang juga merupakan service area. Jadi praktis pola zone plan nya. Tidak ribet dan tidak membingungkan. Sirkulasi menjadi mudah.

Carport berada tepat di depan dapur. Agar mudah jalur sirkulasinya. Langsung menuju service area. Terpisah dari publik area berupa ruang tamu. Hingga ada kejelasan alur tujuan pergerakan manusia.

Gambar terakhir adalah tampak muka. Seperti yang saya ceritakan di awal, atap sisi kiri lebih rendah karena ada void. Dengan perbedaan ketinggian ini kita dapat membuat klaca besar di atas pet beton teras. Tampak muka menjadi indah dengan permainan atap dan bentuk minimalis yang kental.

Demikian Pak Nana dan netters sekalian. Semoga bermanfaat disain ini. Sebelum kita tutup konsultasi ini, mari kita tunaikan sholat dhuha sebagai bentuk rasa syukur kita. Dan mari kita panjatkan doa dhuha sebagai bentuk pengharapan kita dan rasa kebergantungan yang teramat sangat kepada Allah Sang Pemilik rizki.

 

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ

عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقَى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ

كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ

الصَّالِحِيْنَ


 ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL ISHMATA ISHMATUKA. ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QARIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBADIKASH SHALIHIN.
 
“Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu….,
keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu….,
kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu….,
Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah…,
apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah,
apabila sukar mudahkanlah,
apabila haram sucikanlah…,
apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu,
kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku),
datangkanlah padaku…..
apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

Netters eramuslim sekalian,  jika kita meresapi doa ini dengan baik, maka akan bergetar hati ini. Bersama link berikut ini, mata tak terasa akan berair, Meneteskan air mata harap akan limpahan rizki Allah yang halal dan thoyib. Ya Allah, izinkan kami mnikmati rizki – Mu yang halal. Izinkan kami bekerja untuk menafkahi keluarga kami.

http://www.youtube.com/watch?v=TwQu9_eJ9NQ

Selamat menikmati sajian ini. Semoga Allah memberkahi anda semua. Semoga Pak Nana Sumpena sahabat kita ini dapat segera diberikan kemudahan oleh Allah untuk dapat merenovasi rumah idamannya.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST – [email protected]

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Rumah Minimalis Berkesan Natural

Senin, 25/02/2013 06:00

Rumah di Tanah Melebar

Minggu, 24/02/2013 09:49

Rumah Kos di Lahan Miring

Selasa, 19/02/2013 05:15

Merubah Rumah Menjadi Tempat Usaha

Sabtu, 16/02/2013 14:33

Minimalis Sederhana

Kamis, 14/02/2013 06:41

Tabungan Rumah Untuk Modal Nikah

Selasa, 12/02/2013 05:51

Konsultasi Arsitektur Lainnya

Trending