Senin, 14 Rajab 1444 H / 6 Februari 2023

Renovasi Musholla di Depok

AssalamualaikumPak. Ustad

Saya dan teman-teman pengurus musholla di depok mempunyai rencana untuk merenovasi secara besar-besaran musholla yang telah ada untuk keamanan dan kenyamanan dalam beribadah. Kami mohon bantuan pak ustad dapat memberikan masukan kepada kami tentang bentuk musholla yang indah dan nyaman. (jika memungkinkan dalam bentuk desain/gambar)

Besar harapan kami pak ustad dapat memberikan masukan, semoga Allah SWT membalas dengan pahala yang berlipat ganda. Terima Kasih

Wassalamualaikum

Syarifudin- Depok

Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Senin sore saat mendung masih menggelayut saya coba up date konsultasi ini. Sayang sekali data yang diberikan minim. Hingga sebenarnya gambar saya kurang akurat. Mengapa saya tampilkan juga ? Karena sekaligus ingin berbagi pengetahuan. Bahwa banyak sekali kendala dalam disain. Walaupun nampak indah dipandang mata. Dengan warna dan garis-garis bangunan yang cantik. Kelengkapan data mulai dari ukuran lahan, lebar jalan, kebutuhan ruang yang diinginkan hingga denah bangunan asli jika ia bersifat renovasi sangat saya butuhkan untuk membuat disain.

Dengan data yang lengkap saja saya masih harus berpikir keras agar konsep arsitektur yang ada masuk di lahan tersebut. Apalagi datanya minim. Untuk itu biasanya jika berkaitan dengan renovasi saya lebih nyaman survey langsung bangunan yang ada. Hingga sering kali saya ke luar kota bahkan luar pulau Jawa untuk melakukan hal ini.

Nah, untuk disain kali ini saya buat saja gambar yang ideal. Di atas tanah 20 x 20 m dibangunlah sebuah musholla atau masjid. Berikut di bawah ini denahnya. Mohon maaf tampilannya tidak standard. Jalan ada di kiri dan hurufnya mengikuti arah jalan. Saya belum sempat menyeseuaikannya dari 3 dimensi ke 2 dimensi. Karena terbatasnya waktu.

A. Imam/Mihrab/Mimbar

B. Ruang Sound System

C. Gudang

D. Shoff Pria

E. Shoff Wanita

F. Teras Wanita

G. Teras Depan

H. Taman

I. Parkir Mobil

J. KWudhu Pria

K. Wudhu Wanita

L. KM / WC

Q. Menara Air / Pos Satpam

R. Teras Masuk

Parkir mobil di kiri dan parkir motor di depan. Hal ini membuat pengawasan keamanan mudah. Lalu 6 shoff pria dan 3 shoff wanita saya rasa cukup. Karena ada 2 shoff di belakang yang merupakan teras wanita, bisa dijadikan tambahan jika jamaah membludak. Teras wanita juga diperlukan bagi yang berhalangan sholat. Hingga bisa menjadi ruang tunggu juga.

Tempat wudhu dan area wc nya jelas terpisah. Dengan taman hijau sebagai perantara akan membuat sirkulasi hawa lancar. Lalu di depan mihrab ada service area. Yaitu berupa dapur, ruang duduk dan ruang tidur marbot. Area ini sekaligus dapat memantau parkiran motor dengan mudah.

Ini bagian mukanya. Megah bukan ? Alhamdulillah. Saya coba padukan arsitektur tropis dengan atap limas dan gaya timur tengah dengan kubah dan menara adzan yang sekaligus berfungsi sebagai menara air.

Pintu masuk saya jadikan gapura utama bangunan. Hingga memiliki pintu masuk yang eye catching. Dan bisa meletakkan plang nama bangunan atau yayasan sosial yang menaungi lembaga ini.

Sisi kiri depan teras bisa diletakkan area penitipan sepatu. Jadi petugas penjaga bisa ikut sholat dengan mudah dan juga mengawasi keamanan. Karena posisinya di depan bangunan dan juga ada di shoff terdepan. Jadi hilir mudiknya tidak mengganggu privasi ibadah.

Di teras depan pintu masuk saya buat tempat duduk rendah. Tempat jamaah bisa istirahat. Sambil santai di luar menunggu buka puasa atau adzan berkumandang. Area ini menjadi nyaman bagi silaturahim antar jama’ah.

Gambar terakhir saya coba tampilkan teras belakang yang cukup lapang. Hingga ibu-ibu mudah berkumpul di luar saat berhalangan sholat. Anak-anak TPA juga bisa mengadakan aktivitas di sini. Untuk privasi bisa kita beri partisi atau sekat. Hingga tidak nampak langsung dari jalan luar.

Nah, selesai sudah. Sebenarnya isnpirasi ini saya ambil dari aktivitas harian masjid Al Falah sebagai masjid komplek di perumahan kami. Selain sholat lima waktu kami aktif mengisinya. Mulai dari makan nasi uduk tiap subuh hari sabtu dan ahad, kultum subuh tiap ahad, kuliah tafsir qur’an, pengajian ibu-ibu, santunan anak yatim, pengobatan gratis, bakar akan saat hari-hari libur, tempat rendesvous sepeda santai, TPA bagi warga sekitar dan lain sebagainya.

Demikian sekilas info ini. Semoga bermanfaat. Selamat berbuka puasa bagi anda yang menunaikan shoum sunah hari senin. Semoga Allah mengabulkan segenap doa-doa kita. Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Andan Nadriasta, ST – [email protected]

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Rumah Petak Plus

Jumat, 08/04/2011 08:10

Menara Air Rumah Jawa

Rabu, 30/03/2011 17:31

Rumah Petak Di Banjarmasin

Kamis, 24/03/2011 04:33

Rumah Tinggal Plus Usaha

Rabu, 23/03/2011 09:07

Rumah Jawa Modern

Jumat, 18/03/2011 18:04

Rumah Islami Japanese Style

Senin, 14/03/2011 18:54

Konsultasi Arsitektur Lainnya

Trending