Sabtu, 15 Jumadil Awwal 1444 H / 10 Desember 2022

Renovasi Rumah Natural – Minimalis

Assalaamu’alaikum wrwb

Ust Andan di eramuslim.com berserta rekan-rekan aktivis dakwah on line, saya ingin memiliki rumah yang nyaman. Untuk itu saya perlu konsultasi kepada ahlinya. Alhamdulillah eramuslim menyediakan fasilitas ini.

Sebenarnya di tanah saya sudah ada bangunan lama. Namun cukup parah keadaannya. Jika mungkin dipertahankan dindingnya. Namun jika dianggap tidak bisa dipakai lagi saya pasrah. Yang penting disainnya bagus. Ukuran lahan terlampir.

Saya ingin sekali mandiri. Alhamdulillah kami sudah berhasil memiliki rumah ala kadarnya. Namun karena kondisi tidak layak belum kami tempati. Dengan semangat ingin membahagiakan keluarga dan berbakti pada orang tua, saya ingin segera menempati rumah tidak layak tersebut. Tentunya dengan konsp renovasi dari Ust Andan.

denah eksisting

Saya ingin memiliki ruang khusus untuk motor. Karena saya hobi motor. Namun ada garasi khusus juga untuk mobil. Lalu teras depan yang lapang dan tampila muka natural dengan batu alam yang murah. Dicampur dengan gaya minimalis modern.

Di atas ingin ada sedikit ruang service area. Agar bagian bawah tidak terlalu penuh. Lalu bagian atas tersebut bisa berhubungan dengan dapur di bawah.

Di bawah terdiri dari 2 kamar tidur anak, 1 kamar tidur utama plus wc, mushola, ruang tamu terpisah karena istri saya pakai jilbab, ruang keluarga dan makan yang menyatu. Lalu taman yang besar di belakang dengan teras yang lega.

Namun untuk sementara lantai 2 tidak dibangun dulu karena terbatas biaya. Mensisati hal ini, saya ingin pula ada gudang dan roof garden. Untuk kumpul para bikers. Hingga sementara bisa digunakan untuk service area.

Demikian pertanyaan kami. Terimakasih atas tanggapan ust Andan , terimakasih juga kepada eramuslim.com.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Subarkah – Jakarta Timur

 

Wa’alaikum salam wrwb

Netters  eramuslim yang saya hormati, terimakasih atas perhatiannya kepada kami. Kesetiaan anda pada eramuslim sungguh merupakan sokongan dakwah yang luar biasa. Jikapun ada kesalahan kami disana sini, mohon dibukakan pintu maaf. Atas kekurangan kami melayani netters sekalian.

Pak Subarkah yang saya hormati, sungguh mulia niat anda. Membahagiakan keluarga. Walaupun rumah awal ini kondisi nya minim. Semoga semangat kemandirian yang ada dirihoi Allah subhanahu wata’ala.

Setelah dipelajari denah awal, saya jadi benar-benar ingin berhemat. Hingga batasan pekarangan lama tetap saya pertahankan. Agar area disain kita tidak terlalu melebar. Paling hanya ada penambahan sedikit saja.

denah renov lantai dasar

Kamar tidur di depan saya pertahankan. Hanya dibagi 2 saja untuk memenuhi kebutuhan 2 kamar anak. Lalu ruang tengah saya jadikan musholla. Alhamdulillah kiblatnya tidak ke arah sirkulasi jalan. Hingga aman posisi imam. Lalu  kamar belakang saya jadikan ruang tidur utama agar privasinya tinggi.

Dengan konsep ini ruang tengah menjadi area keluarga yang nyaman. terpisah dengan ruang tamu, carport, parkir motor, garasi dan dapur.

denah renov lantai atas

Service area benar-benar nyaman dan hemat. Cor beton tidak terlalu luas. Namun pembantu memiliki privasi sendiri. Dengan posisinya yang berada di depan akan membuat ia mudak mengawasi bagian depan rumah.

tampak muka renovasi

Atap asbes menjadi pilihan. Karena murah dan dapat dibuat landai. Budget terbatas kita siasati dengan pemasangan plafond di bawah atap asbes. Hingga walaupun murah, tetap dapat hidup sehat dan nyaman.

Gaya natural tampil dengan bata merah polos. Dengan atap teras polos berikut tiang putihnya membuat tampila muka menjadi elegan dan minimalis. Indah sesuai zaman dan alamnya.

roof garden

Untuk sementara memang area pembantu tidak dibangun. Namun jika ingin membuat roof garden dapat kita susulkan kemudian hari atau dibuat dari awal. Karena strukturnya yang terpisah dari bangunan induk.

Roof garden ini sebenarnya di akses dari garasi motor. Ruang di atas ruang tamu dijadikan gudang peralatan motor. Hingga acara kumpul-kumpul bikers dapat dilakukan disini. Terpisah tanpa mengganggu keluarga.

Demikian Pak Subarkah, semoga renovasi nya berjalan dengan lancar. Semoga dapat semakin berbakti kepada orang tua. Selamat berjuang mewujudkan mimpi  indah ini. Semoga Allah merahmati.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST – [email protected]

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Keramik Retak? Tidak Masalah..

Senin, 10/12/2012 17:26

Sekolah Khusus Pengobatan Cara Nabi

Rabu, 05/12/2012 11:52

Renovasi Teras Masjid

Senin, 03/12/2012 17:17

Renovasi Sedehana di Jati Asih

Senin, 03/12/2012 09:30

Apakah Rumah Tusuk Sate Membawa Sial?

Selasa, 20/11/2012 10:51

Rumah 1 Pintu Masuk Merugikan Konsumen

Selasa, 20/11/2012 10:35

Konsultasi Arsitektur Lainnya

Trending