Rabu, 9 Rajab 1444 H / 1 Februari 2023

Renovasi Rumah Plus Ruang Usaha

Assalaamu’alaikum wrwb

Pak Andan di eramuslim.com, saya ingin merenovasi rumah saya. Data-data terlampir. Saya ingin tidak terlalu banyak membongkar lantai satu. Lalu rencananya di atas ada ruang tidur utama/ruang kerja  plus wc. Kamar tidur yang bisa dijadikan perpustakaan. Ruang Usaha yang juga bisa diubah menjadi kamar tidur.

Di atas juga terdiri dari : Kamar mandi umum untuk kebutuhan usaha. Kamar mandi umum di dekat perpustkaan. Ruang cuci jemur di atas plus wc cuci.

Ruang usaha juga bisa digunakan untuk pengajian, hingga perlu ada tangga khusus dari luar. Jadi ruangan ini benar-benar multi fungsi.

Di bawah saya ingin ada 1 kamar tidur untuk orang tua plus kamar mandinya, lalu ruang pelayan dan wc cucinya.

Demikian pertanyaan kami. Terimakasih atas perhatiannya.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Kusuma

 

Assalaamu’alaikum wrwb

Ibu Kusuma yang saya hormati, kebutuhan yang ada demikian padat. Hingga nampaknya rumah ini benar – benar multi fungsi. Setiap sudut ruang benar – benar digunakan untuk kegiatan. Saya coba buat disainnya agar bisa mengakomodir segenap kebutuhan tersebut. Bismillah, semoga saya bisa diberi hidayah untuk membuat disain spesial ini.

 

kusuma -denah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk lantai dasar saya hanya menambahkan kamar mandi di ruang tidur depan. Karena ia merupakan kamar tidur untuk orang tua. Lalu kamar tidur di tengah saya bongkar dan saya jadikan ruang makan. Dapur lama yang ada di posisi tangga saya letakkan di belakang.

Jadi hanya itu saja perubahan lantai dasar. Yang lainnya tetap karena sesuai dengan keinginan yang ada. Selain itu konsep ini juga menjadi hemat biaya karena tidak banyak bongkar.

Untuk lantai 2 saya buat ruang tidur utama dengan bentuk L. Hingga ruang kerja memiliki tempat khusus yang tidak mengganggu tempat tidur. Lalu perpustakaan saya cor tepat di atas kamar pembantu lama. Kemudian ruang cuci jemur saya cor di atas dapur lantai satau. Dengan cara seperti ini strukturnya akan hemat.

Ruang tidur anak saya buat lapang atau bahkan bisa menyatu dengan balkon. Agar tempat usaha menjadi luas. Hingga bisa diubah juga menjadi tempat pengajian. Namun untuk itu kita perlu kamar mandi di luar sesuai keinginan Ibu Kusuma.

kusuma interior view 1

Kini coba kita lihat interiornya. Ada tangga khusus ke ruang jemur hingga terpisah dengan tangga dalam. Lalu dapur ada di dekat taman. Kemudian ruang keluarga memiliki pintu dan jendela kaca yang lapang hingga akses hawa taman dapat dinikmati dengan baik.

kusuma interior view 2

Ruang makan menjadi segar karena ada sedikit taman dan susunan batu alam yang membuat interior berkesan natural. Dengan bentuk ruang tamu yang lapang dan menerus ke ruang keluarga akan membuat ruangan ini menjadi multi guna. Benbentuk L ke arah ruang makan hingga nyaman digunakan arisan bersama tetangga atau keluarga. Semakin nyaman karena ada 2 pintu masuk ke dalam rumah.

kusuma interior view 3

Ini pandangan interior dari sisi belakang. Jika kita ingin membuat kamar mandi khusus cuci jemur di atas maka bisa diselipkan di dekat ruang jemur. Lalu jika kita ingin membuat ruang usaha menjadi kamar tidur anak maka kita tinggal meletakkan deretan tempat tidur di ruang tersebut.

kusuma potongan 1Nah, melalui gambar potongan ini kita akan mendapat gambaran yang jelas. Ruang usaha yang bisa diubah jadi ruang pengajian atau ruang tidur anak ada di  atas carport dan ruang tamu. Lalu tangki air bisa di letakkan di atas kamar mandi belakang lantai 2. Jika kamar mandi dianggap terlalu banyak maka area ini bisa dijadikan gudang.

kusuma view 2Ini tampak mukanya. Dengan balutan  batu alam dipadu petrmainan pintu kayu serta pagar besi hitam menjadikan muka bangunan kaya akan variasi disain. Lalu balkon kecil menjadi penghubung tangga dan ruang usaha.

kusuma-view 1

Gambar terakhir adalah susunan atap bangunan rumah multi fungsi ini. Dengan perpaduan antara arsitektur minimalis dan tropis menjadikan ia disain yang unik tampil di tengah bangunan tetangga.

Saya menyebutnya arsitektur minitro. Minimalis tropis. Karena ada warna – warna cerah ceria dan pet beton khas minimalis. Lalu ada juga atap pelana khas tropis dengan over stek atap berupa atap konsol.

Netters sekalian, semoga karya ini menjadi sumbangan ide yang dapat kita manfaatkan. Dan nampaknya selesai sudah disain kita kali ini. Semoga bermanfaat.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST – [email protected]

ANDAN ERA PIC

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

3 Artikel Arsitektur Terpopuler

Minggu, 05/05/2013 06:07

Renovasi Rumah Lama di Jogjakarta

Jumat, 03/05/2013 06:53

Finishing Tembok Rumah Baru

Kamis, 02/05/2013 10:00

Kran Air Bocor

Minggu, 28/04/2013 17:11

Renovasi Murah Rumah Tipe 36

Jumat, 26/04/2013 06:40

Kamar Mandi Bocor

Rabu, 24/04/2013 05:09

Rumah Tinggal Mungil Plus Kamar Kos

Senin, 22/04/2013 18:15

Konsultasi Arsitektur Lainnya

Trending