Ahad, 15 Muharram 1444 H / 14 Agustus 2022

Rumah Biasa Diubah Jadi Minimalis Modern

Assalaamu’alaikum wrwb

Kepada tim eramuslim.com dan Pak Andan di Jakarta, sekarang saya berada di Balikpapan. Rencananya saya ingin merenovasi rumah tinggal saya. Data saya lampirkan di email.

Rumah kami sebenarnya masih standard asli BTN. Hanya ada beberapa perubahan sedikit di belakang. Namun perubahan tersebut tidak sesuai dengan teori bangunan alias asal bangun. Jadi sering bocor dan rumah terasa panas.

denah eksisting

Rencananya di atas saya ingin ada 1 kamar tidur utama yang luas. Dengan kamar mandi di dalam, balkon dan void. Lalu di bawah ada 1 kamar tidur anak, 1 kamar tidur tamu dan 1 kamar pembantu.

Carport jika mungkin agak dibesarkan. Karena selama ini saya agak sulit memasukkan mobil. karena posisi rumah di jalan buntu. Hingga jika kelak ada 2 mobil yang dapat kami miliki, akan mudah melakukan manuvernya.

Rumah kami nampak biasa saja. Jadi disainnya kami harapkan berubah menjadi minimalis modern. Hingga terasa sekali perubahan renovasinya.

Ingin sekali rasanya jika pelaksanaannya juga dikelola oleh Pak Andan dan tim. Agar disain yang ada dapat diaplikasikan dengan baik.

Demikian pertanyaan kami. terimakasih atas perhatiannya.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Agung – Balikpapan

 

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Agung di Balikpapan, senang sekali rasanya mendengar nama kota Balikpapan disebut. Karena saya sempat sekolah di  SMPN 1 dan SMAN 1 Gunung pasir – Balikpapan. Sungguh sebuah kota yang indah dan nyaman. Dengan deburan ombak serta udara pantainya yang segar.

Sudah sekian lama saya tidak berkunjung kesana. Rindu sekali melihat kenangan masa sekolah dulu. Semoga Allah memberikan kelapangan rizki bagi Pak Agung sekeluarga. Agar renovasi ini dapat segera berjalan.

Pak Agung, memang ada banyak konsentrasi perhatian disain disini. Pertama talang atap di tengah. Kedua turap di belakang lahan yang cukup tinggi. Hal ini nampak pada gambar eksisting yang telah saya gambar ulang.

3 dimensi eksisting

Untuk itu turap belakang harus diperkuat. Agar tidak ambruk atau rembes. Hingga aman dari getaran serta gerusan air hujan. Setelah itu kita dapat dengan tenang merenovasi rumah yang ada.

denah renovasi lantai 1

Ruang tamu saya buat pintunya menyamping. Agar aurat keluarga terjaga. Lalu taman luas disamping saya akses melalui pintu samping serta jendela dan teras yang lebar. Hingga udara segar dapat masuk dengan leluasa. Kemudian kamar tamu saya letakkan di depan dengan memundurkan carport.

Nah, inilah inti dasar dari renovasi kita. Selebihnya tinggal mengikuti pola struktur bangunan lama. Hingga dengan konsep sedemikian rupa, kita akan memperoleh penghematan biaya yang besar.

denah renovasi lantai 2

Lantai 2 saya sajikan dengan cukup hemat. Selasar secukupnya saja. Demikian juga dengan balkon. Dengan konsep demikian , kita akan memperoleh ruang tidur utama yang cukup luas.

Tampak Depan Dari Arah Jalan Buntu

Bangunan yang dulunya biasa-biasa saja saya ubah menjadi luar biasa. Dengan atap miring satu arah di lantai 2. Ide sederhana ini benar-benar mengubah cita rasa bangunan lama.

3 dimensi dari arah taman

Taman yang luas memiliki sudut pandang tersendiri. Untuk itulah saya secara khusus mengolah tampak muka dari area ini. Balkon private yang nyaman menjadi daya tarik utama. Bersanding dengan box coklat ruang tidur lantai atas.

Bird Eye View

Gambar terakhir adalah bird eye view. Dengan pandangan mata burung ini kita akan jelas melihat seluruh struktur atapnya. Hingga nampak atap ruang service sebenarnya bisa saja tidak kita ganti. Lalu sebagian atap depan lantai 1 juga dapat menggunakan atap lama.

Nah, demikian ulasan disain saya Pak Agung. Terimakasih juga Pak Agung berkenan menggunakan jasa kami untuk membuat detail disain dan pelaksanaan renovasi ini.

Insya Allah kami siap membantu. Semoga kerja sama kita dapat berlangsung dengan baik dan amanah. Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST – [email protected]

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Rumah Minimalis Tipe 45

Minggu, 16/12/2012 14:49

Box Oranye yang Trendi

Minggu, 16/12/2012 07:33

Renovasi Rumah Untuk Foto Studio

Sabtu, 15/12/2012 07:12

Pesantren di Muara Enim

Jumat, 14/12/2012 14:41

Rumah Kos Murah Meriah

Jumat, 14/12/2012 09:04

Renovasi Rumah Berkah di Jalan Buntu

Jumat, 14/12/2012 07:51

Konsultasi Arsitektur Lainnya

Trending