Sabtu, 15 Jumadil Awwal 1444 H / 10 Desember 2022

Mengatasi Tanah Sudut 2 Sisi

Assalamu`alaikum Pak ustadz!

Semoga ustadz dalam lindungan Yang maha Kuasa, amiin….Perkenalkan nama saya Sunar, saya mohon bantuannya untuk membuat desain rumah dengan ukuran tanah 14 x 15 m bagian barat, utara dan selatan merupakan gang 3 m sementara bag timur merupakan kebun orang, saya ingin memiliki dua lantai, lantai pertama terdiri 2 kmr tdr, 1 kmr tamu, 1 r keluarga, dapur , tempat ibadah, garasi, ada taman di belakang dan depan sementara lantai 2 terdiri 1 kamar utama dan balkon dilengkapi taman,

Assalaamu’alaikum wrwb

Salam kenal juga Pak Sunar. Nama saya Andan Nadriasta, saya dapat amanah untuk mengurus rubrik konsultasi arsitektur ini. Doakan agar amanah dan bisa istiqomah menjalankannya. Alhamdulillah Diberi titipan ilmu arsitektur hasil kuliah dulu di angkatan ’90 Universitas Pancasila Jakarta. Dan sekarang masih menjadi murid kembali. Di LTQ ( Lembaga Tahfidz Qur’an ) Iqro Pondok Gede. Semoga Allah menjaga kita semua atas segala ilmu yang dilimpahkan-Nya.

Berikut hasil olahan tanah sudut 2 sisi. Salah satu ruang tidur saya letakkan di sisi tembok belakang. Dengan tujuan agar memiliki privasi. Selain itu kita dapat membuat pagar tembok yang menjadi blok area khusus dengan teras privasi yang di akses melalui ruang makan dan ruang keluarga.

Saya agak rancu dengan keinginan Pak Sunar. Dan mungkin juga bagi pemirsa sekalian. Pak Sunar mencantumkan kebutuhan ruang garasi. Berarti ia adalah parkir mobil di dalam. Untuk itu perlu ada carport diluar. Jika dalam pertanyaan di dicantumkan carport maka garasi seperti ini tidak perlu ada. Karena sesungguhnya memakan tempat.

Istilah saya mungkin asing. Mengapa tanah ini harus diatasi ? Begini, menurut saya tanah ini memiliki sisi negatif dari banyaknya areal yang terbuka. Karena ada 3 sisi muka tanah yang berhadapan dengan jalan. Dan hanya satu sisi tanah yang berbatasan dengan tetangga. Ini maknanya 3 lawan 1. 3 area terbuka untuk publik dan 1 area yang tertutup untuk privasi. Nah, keadaan inilah yang harus diatasi.

Walaupun memang tetap kita memiliki berbagai macam keuntungan dari pola tanah demikian. Seperti ‘eye catching’ yang bagus, view terbuka yang indah hingga sirkulasi udara dari berbagai macam arah.

Nah, berikut sekilas ulasan tentang lantai 2. Ruang tidur utama saya letakkan tepat diatas ruang tidur juga. Agar view privasinya sama. Juga struktur bangunannya mudah. Dengan balkon samping dan ruang keluarga lantai 2 yang lapang membuat area in nyaman dihuni.

Ini bagian sampingnya. Dari arah carport. Nampak juga kotak-kotak persegi panjang untuk akses ke void dapur. Dengan pola ini rumah terasa semakin lapang. Namun tidak boros tempat.

Ini best view nya. Teras di ujung lahan menjadi eye catching utama. Walaupun ada teras kecil di tengah bangunan tetap saja kita perlu teras utama sebagai muka rumah. Hingga pet beton atap teras minimalis menjadi daya tarik utama.

Dan ini gambar terakhir. Menunjukkan pola atapnya karena saya angkat dengan bentuk bird eye view. Dari sini terlihat jelas sisi privasi 2 ruang tidur atas bawah. Dengan teras dan balkon tersendiri. Juga tembok pembatas. Yang sekaligus nanti bisa ditindak lanjuti dengan pagar tembok juga. Jadi benar-benar privasi area ini.

Selesai sudah ulasan kita pagi ini. Selamat menunaikan sholat dhuha pembuka pintu rizki bagi anda yang diberi kelapangan untuk mengerjakannya. Dan selamat menunaikan sholat istikhoroh penentu arah tujuan bagi anda yang berada dalam awal langkah keputusan.

Sampai disini perjumpaan kita Pak Sunar. Semoga Allah berikan kelapangan untuk kita dapat saling mengenal lebih lanjut. Semoga Allah dekatkan bumi kita agar silaturahim dapat terjalin terus. Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST – [email protected]

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Kolam Renang di Rumah

Kamis, 03/02/2011 04:11

Menambah Kamar dan Toko

Rabu, 02/02/2011 06:55

Tanah 6 X 16 M

Senin, 31/01/2011 11:32

Rumah Petak Ajaib

Kamis, 27/01/2011 17:31

Rumah Untuk Pengajian

Rabu, 26/01/2011 15:15

Interior Rumah di Tanah Hook 10 x 10 m

Selasa, 25/01/2011 10:33

Rumah Sederhana Di Lahan 11 X 30 M2

Senin, 24/01/2011 05:02

Konsultasi Arsitektur Lainnya

Trending