Kamis, 9 Rabiul Awwal 1444 H / 6 Oktober 2022

Rumah di Jalan Buntu

Assalaamu’alaikum wrwb

Pak Andan yang saya hormati, saya memiliki lahan di jalan buntu. Lebar muka 13,90 m dan ke belakang 14,40 meter. Di ujung jalan buntu tsb adalah jurang atau turap yang agak dalam. Dan ada empang di bawah turap tersebut.

Rencananya saya ingin membangun rumah kecil yang kompak. Karena pengalaman di Jepang dulu, rumah mereka sangat praktis. Hingga mudah merawatnya. Dan juga sirkulasinya tidak melelahkan.

Rencananya ingin ada 2 kamar tidur dan 2 kamar mandi. Ruang cuci jemur di dalam saja. Agar praktis. Ruang lain adalah dapur, r makan, r keluarga. Dan terakhir ruang tamu yang agak terpisah. Jadi saya ingin rumah mungil ini dikelilingi taman.

Bagaimana disain nya Pak ? Jika berkenan, kita survey ke Purwakarta.

Terimakasih atas perhatian eramuslim.com

Wassalaamu’alaikum wrwb

Rizal – Purwakarta

 

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Rizal, terimakasih atas undangannya. Dan terimakasih pula atas kesesdiaannya untuk di up load via eramuslim, jadi netters kita yang lain dapat mengambil manfaatnya.

Bersama Pak Salman selaku mandor ( paling kiri ) kami berangkat ke Purwakarta. Dan disambut hangat oleh Pak Rizal ( paling kanan ) bersama keluarga kecilnya. Semoga Pak Rizal dan istri menjadi keluarga yang mawaddah wa rahmah.

Setelah saya pelajari maka sebaiknya denah menempel ke sisi kiri lahan. Karena ada empang di ujung jalan buntu. Hingga di khawatirkan tanah di bagian tersebut labil. Jadi kita ambil amannya saja.

Yang sulit adalah membuat disain yang kompak. Karena kita harus membatasi luas. Untuk itu saya pepetkan kamar tidur di kiri juga. Dengan kamar mandi yang saling berdekatan. Hingga ruang cuci jemur yang berada di dalam dapat dengan mudah diletakkan.

Ruang tamu bisa saya pisahkan agak ke depan. Maka kita memperoleh ruang tengah yang lapang. Dapur yang dekat dengan ruang makan. Hal inilah yang membuat disain menjadi kompak. Praktis dan mudah sirkulasinya.

Tampak muka saya buat atap berjenjang. Hingga tampak indah dan hemat pengerjaannya. Dengan teras minimalis dan atap beton sederhana membuat tampilannya trendi dan menarik. Apalagi warnanya yang cerah ceria. Sangat mewakili jiwa muda kita.

 

Bagian belakang menjadi taman yang lapang dan segar. Rumah ini benar-benar segaar asri dikelilingi rumpu. Jangan khawatir soal udara. Karena banyak lubang angin yang menjamin rumah akan sehat tanpa ac. Jadi hemat energi dan rendah perawatan.

Nah , gambar terakhir saya tunjukkan pola lahan secara keseluruhan. Hingga jelas maksud saya memojokkan lahan ke kiri. Agar tanah labil yang berada dekat empang bisa kita jauhkan dari struktur utama bangunan. Hal ini juga membuat view ke arah empang menjadi lapang. Udara segar akan mengalir dengan baik.

Demikian netters sekalian, ulasan disain kali ini. Adzan asar sudah berkumandang. Mari kita tunaikan sholat asar berjama’ah di masjid. Agar mendapat pahala 27 kali lipat.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta , ST – [email protected]

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Membagi 2 Tanah Melebar

Sabtu, 27/10/2012 17:10

Tanah 3 in 1 di Pamulang

Sabtu, 27/10/2012 14:26

Rumah Tingkat di Lahan 5,5 x 11,5 M

Sabtu, 27/10/2012 10:03

Renovasi Hemat Rumah Sudut

Sabtu, 27/10/2012 09:01

Revisi Renovasi Rumah Tumbuh

Rabu, 29/08/2012 05:41

Minimalis 15 x 15 di Tuban

Kamis, 16/08/2012 15:03

Konsultasi Arsitektur Lainnya

Trending