Rabu, 16 Rajab 1444 H / 8 Februari 2023

Lahan Belakang Terpotong

Assalamua’alaikum wr wb

Ust yang dimualiakan Allah, ana mahon bantuan untuk didesainkan rumah dengan ukuran tanah 12 m lebarnya dengan panjang kebelakang 11m, akan tetapi dipojok kanan belakang terpotong 2×2 m tanah milik orang lain (apabila kita menghadap kegambar tanah). adapun spek yang saya inginkan adalah sbb:

1. kamar tidur 3 bh

2. kamar mandi min 2 bh

3. dupur

4. ruang makan + ruang keluarga

5. Ruang jemur dan cuci

6. car port

7.Mushola

8. Ruang tamu

9. ventilasi yang cukup sehingga udara segar leluasa masuk

demikian tadz, jzkmlh atas bantuannya.

Wasalamu’alaikum wr wb

Triyono

Assalaamu’alaikum wrwb

Pak Triyono dan netters warnaislam.com yang saya hormati,

Lahan yang ada sebenarnya agak kecil. Ia cenderung melebar. Ditambah lagi terpotong 2 x 2 meter di belakang. Membuat kebutuhan ruang Pak Tri terasa agak penuh. Karena itulah saya mencoba mencoba mencari konsep jalan keluarnya. Konsep tersebut saya tuangkan dalam denah berikut di bawah ini :

Penghematan ruang lakukan pada 3 ruang tidur yang terpencar di 3 penjuru. Hingga terbentuk hall bersama di tengah. Ruang besar ini dapat digunakan sebagai ruang keluarga, ruang makan dan musholla.

Ruang tamu saya pisahkan sendiri. Dengan sekat 2 ruang tidur maka tercipta privasi yang baik. Hingga aurat keluarga tetap terjaga jika ada tamu di ruang tamu ataupun teras tamu di depan rumah.

Konsep penghematan ruang yan berikutnya adalah carport. Mengapa carport ? Ya, karena ia areal yang paling sering dianggap boros. Untuk itu saya coba buat carport ada di batas sempadan bagunan. Dengan ukuran sekitar 3 x 6 meter melebar maka mobil masuknya menyamping.

Pola hemat lainnya adalah ruang cuci jemur yang agak menjorok ke depan dan posisinya memang di depan karena bersebelahan dengan dapur sebagai servive area. Jadi area basah dan kotor terlokalisir. Berikut juga dengan tangki air yang tersembunyi di belakang dinding merah kamar mandi lantai 1. Di atas wc tersebutlah terdapat tangki air.

Ini bagian belakangnya. Terlihat areal terpotong 2 x 2 meter di belakang. Area ini saya manfaatkan untuk taman. Tertutup atap transparan namun cahaya dan angin tetap masuk melalui lubang hawa. Jadi tidak tampias.

Nah, gambar terakhir adalah 3 dimensi denah. Hingga interiornya terlihat jelas. Dengan tetap menyisakan taman di depan dan belakang membuat rumah ini asri. Dan juga menyediakan kebutuhan ruang secara ideal, walaupun minim. Seperti ruang tidur utama dengan taman dan wc pribadi. Dan cahaya tiap ruang yang optimal hingga ke kamar tidur belakang sekalipun.

Demikian ulasan disain kita sore hari ini menjelang week end. Selamat berlibur sahabatku sekalian. Semoga rihlah anda menjadi berkah. Fi amanillah wa ma’a salamah. Semoga istirahat kita akhir pekan menyehatkan dan menyembuhkan. Syafahullahu ya akhina Oki. Tetangga saya yang mendadak dapat serangan stroke saat mengajar di Asy – Syafi’iyah beberapa hari lalu.

Kita berjumpa lagi pada konsultasi berikutnya. Insya Allah, akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST – [email protected]

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Tanah Hook 10 x 10 m

Kamis, 06/01/2011 06:04

Rumah Petakan 2 Lantai

Rabu, 29/12/2010 17:43

Tipe 45 Minimalis

Rabu, 22/12/2010 17:42

Desain Rumah 12 X 10 Meter

Selasa, 21/12/2010 17:56

Rumah Mungil di Lahan 6,5 x 11

Sabtu, 18/12/2010 20:33

Desain Carport Cantik Rumah Kami

Senin, 13/12/2010 13:17

Konsultasi Arsitektur Lainnya

Trending