Kamis, 12 Muharram 1444 H / 11 Agustus 2022

Tanah Kantong Semar

 Bismillahi arrahmanni arrahiim

Assalamualaikum Wr.Wb.

Langsung saja yah Ustadz."Saya ingin bangun rumah ditanah yang ukuran lebar depan 7m,samping kanan 12,95m,samping kiri 13,60m, belakang 11,60m. harapannya sih terdiri dari 1 kamar tidur utama ,2 kamar tidur anak, 1 ruang keluarga/tamu,ruang  makan, 1 kamar mandi,dapur. atau mungkin kamar tidur anak bisa 1 dahulu tapi dengan perencanaan ke depan dibuat satu kamar dilantai atas.

+ingin ada akses jalan samping.

demikian pertanyaan saya, semoga Allah SWT memberikan balasan yang berlipat ganda dan dicatat sebagai amal Sholeh atas jawaban dari pertanyaan saya ini.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Molikul Akbar.

Assalaamu’alaikum wrwb

Apa kabar puasa anda semua netters eramuslim yang di muliakan Allah ? Semoga dapat berjalan lancar dan baik. Hingga bukan hanya lapar dan dahaga yang kita raih. Lebih dari itu adalah peningkatan kualitas iman.

Hingga Ramadhan kali ini kita bertambah sholeh seperti adik ipar saya Egi yang merasakan puasa tahun ini lebih bermakna karena sholatnya tambah khusyu. Atau seperti tetangga saya Pak Agus Pramono yang mulai menemukan resep jitu dalam menghafal dan membaca qur’an dengan indah. Mungkin juga seperti kami di eramuslim yang tengah berbunga-bunga dalam mempersiapkan kehadiran kanal baru kami di properti.eramuslim.com yang masih berbenah disana sini.

Demikian juga Pak Molikul Akbar sekeluarga. Semoga disain di tanah kantong semar ini membawa kebahagiaan tersendiri. Karena dari ratusan email per bulan yang masuk ke kami rumah bapaklah yang terpilih. Mari kita simak analisis disainnya.

Kantong Semar ? Ya, falsafah jawa mengatakan tanah melebar ke belakang di sebut ‘ngantong semar’. Rejekinya berlimpah karena tertampung di bagian tanah belakang yang melebar. Itu hanya pendapat yang tentunya kita sebagai mukmin mensikapinya dengan pemahaman yang benar. Rejeki adalah hal ghoib milik Allah layaknya jodoh dan kematian. Untuk itu selayaknya pula kita berikhtiar. Hasil Allah yang menentukan.

Pak Molikul Akbar yang saya hormati, alhamdulillah kebutuhan ruang yang bapak sampaikan cukup di 1 lantai. Hingga kita sebenarnya tidak perrlu membuat 2 lantai. Dan dengan konsep ini, kita dengan mudah membuat pola rumah tumbuh. Ruang tidur anak 2 bisa ditunda sesuai dengan keinginan bapak.

Konsep tampak muka asimetris. Agar tidak monoton dan bosan. Dengan atap ruang tamu yang tidak seimbang. Namun ketimpangan yang sengaja saya buat tersebut saya tutupi dengan pet beton teras. Konsep ini menghasilkan lubang hawa besar di tembok kuning pintu ruang tamu.

Gang di samping kiri rumah tetap tampil menarik. Dengan konsep ‘kue lapis’ dinding warna yang ditempelkan pada bidang tembok. Hingga warna kuning, orange dan abu-abu tampil bersatu padu dalam kanvas warna dasar pink lembut.

Sisi ini saya tampilkan teras segar yang menhadap ke taman. Serta box lubang hawa di atas atap. Dan box kamar mandi utama. Pola ini menghasilkan sistem penghawaan yang baik dan optimal. Cross ventilation dapat dengan mudah kita terapkan.

Atap sebenarnya sederhana saja. Perpaduan antara atap pelana dan setengah kuda-kuda di belakang. Hanya saja ada beberapa bagian yang menggunakan atap dak beton. Untuk tangki air. Dan juga untuk kesan minimalis agar tampil modern.

Area service saya selipkan teras dapur yang fungsional. Bisa berguna untuk parkir motor saat malam tiba. Atau perluasan kegiatan dapur saat ada acara buka puasa. Bahkan sebagai pintu masuk samping hingga tidak mengganggu tamu saat ia datang ke rumah.

Tak lupa teras di dekat ruang jemur akan menambah optimalisasi hawa di rumah. Beserta kisi-kisi yang saya tebar di beberapa titik membuat aliran udara terasa segar baik di dalam plafond atau di bawahnya.

Nah, cukup sekian dulu ulasan kita kali ini. Mohon maaf saya up date saat hari libur dimana netters sekalian umumnya off line. Karena terus terang badan lelah sekali setelah mempersiapkan beberapa kegiatan di Al Falah. Mulai dari santunan dhuafa hingga pelaksanaan rutin teraweh. Mulai dari persiapan idul fitri hingga tadi pagi kuliah dhuha rutin setelah kultum subuh dan kunjungan ke pesantren qur’an tetangga kami.

Dan juga beberapa hari kemarin kami di eramuslim sangat sibuk membidani kelahiran properti.eramuslim.com. Mulai dari baju seragam hingga buka puasa bersama. Mulai dari meeting intensif hingga persiapan marketing. Mohon doa dari netters sekalian agar kami dapat tampil lebih baik.

Netters eramuslim, salam hormat kami untuk anda semua yang masih setia meng ‘klik’ situs dakwah ini. Dan terimakasih atas dukungan anda semua. Semoga kami dapat menjaga dana operasional kami agar tetap mengudara dengan baik.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST – [email protected]

NB. Mohon maaf, ruang tamu dan ruang cuci jemur di denah tidak tertera pintu. Karena setelah saya up load berkali-kali hasil revisinya ternyata gagal. Namun hal tersebut sebenarnya sudah dapat terwakili dengan gambar 3 dimensi yang ada.

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Rumah Petak 2 Blok

Kamis, 11/08/2011 09:39

Minimalis di Atas Tanah Sawah

Sabtu, 06/08/2011 14:07

Minimalis Modern di Tanah 6 x 15 m

Selasa, 02/08/2011 16:54

Minimalis 4 Kamar

Jumat, 29/07/2011 14:28

Minimalis di Aceh Yang Panas

Kamis, 28/07/2011 09:12

Minimalis Sederhana di Desa

Selasa, 26/07/2011 17:46

Rumah Sederhana di Tanah 14 x 18 M

Kamis, 21/07/2011 19:04

Konsultasi Arsitektur Lainnya

Trending