Selasa, 4 Jumadil Awwal 1444 H / 29 November 2022

Rumah di Tanah 12 x 24 Meter ( 2 )

Assalamualaikum wr wb pak ustad Andan

Kami keluarga baru ust, dana juga tidak teralu banyak. kami berencana membangun rumah di atas tanah seluas 12 x 24 meter. Samping kiri, kanan, dan belakang sudah ada rumah. keinginan kami bagian belakang ingin kami bangun rumah kayu dengan luas 10×10.

Tapi kami juga masih bingung bagaimana penataan ruang di dalamnya (sekat-sekat kami ingin tidak permanen agar bisa diubah jika bosan).di belakang dibangun kamar mandi untuk umum karena tetangga tidak memiliki kamar mandi sendiri. sedang bagian depan rumah bangunan permanen dengan atap dak dahulu (pembangunan bertahap, kedepan yang atas untuk kos-kosan).

Kami menginginkan 1 ruang tamu, 3 kamar tidur anak, 1 kamar tidur utama, dapur+ruang makan, ruang keluarga, garasi, gudang dan musholla. Mushola jika bisa terpisah dengan rumah agar bisa dipakai umum. Serta perkiraan biayanya jika rumah berdiri dahulu dan untuk keramik lantai, cat, dan pemercantik rumah bisa dikerjakan bertahap.

Atas bantuan dan masukan dari Pak Ustadz saya ucapkan terima kasih banyak.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

Assalaamu’alaikum wrwb

Netters sekalian, kini kita melanjutkan jawaban yang tertunda. Karena terbatasnya daya tayang. Juga terbatasnya kami membuat disain ini. Hingga terpaksa dipecah menjadi 2 artikel.

Brikut Keterangan disainnya :

A. Ruang Tidur

B. Ruang Keluarga/ Ruang Makan

C. Dapur

D. KM /WC

E. Musholla

F. Taman

G. Teras

H. Kamar Kos

I. Ruang Cuci Jemur

J. Carport

K. Gudang

L. Wudhu

M. WC Umum

Kamar tidur utama saya letakkan di belakang. Berjejer di depannya adalah 2 kamar tidur. Dan di sampingnya masih bisa diselipkan 1 kamar tidur lagi. Rumah ini cukup mungil. Namun kompak. Semua kebutuhan ada. Gudang ada di samping. Ada taman juga. Dapur juga nyaman memiliki akses sendiri.

Ini gambar masjidnya. Yang di samping itu adalah ruang wudhu. Ada juga kamar mandi umum di belakang lahan. dengan atap yang terpisah dari bangunan induk. Jadi mudah jika ingin dibangun bertahap. selain itu juga privasi tetap terjaga.

Dan ini bangunan keseluruhan jika dilihat dari samping. Ada tower musholla yang bisa digunakan juga sebagai tangki air. Dan sekaligus view menara yang menjulang tinggi menjadi eye catching tersendiri.

Lalu view terakhir adalah tampak dari muka bangunan secara keseluruhan. Nampak sekali saya berusaha keras untuk membuat bangunan ini dalam bagian-bagian yang terpisah. Hingga cash flow dana nya mudah untuk dialokasikan secara bertahap.

Alhamdulillah. selesai sudah tugas saya hari ini melayani umat melalui tayangan disain ini. Tugas lain masih menanti. Demikian juga saya yakin dengan netters sekalian. Tugas lain sudah menanti setelah membaca tulisan ini. Ada yang sudah bersiap-siap pulang dari kantor. Ada juga masih menumpuk pekerjaannya. Ada yang sedang break untuk sholat maghrib.

Netters sekalian, semoga anda semua hari ini dilimpahi keberkahan Allah. Di hari Jum’at menjelang maghrib saat ini. Sebelum hari berganti malam. Sebelum Jum’at berlalu menjadi Sabtu. Marilah kita berharap pada Allah. Semoga hari esok lebih baik dari hari ini.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST – [email protected]

NB. Artikel sebelumnya silahkan klik di /konsultasi/arsitektur/desain-rumah-12×24-meter-dengan-pembangunan-bertahap.htm

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Tanah gerbong 3 X 15 M

Selasa, 26/04/2011 09:49

Tanah 6 x 25 m di Bogor

Sabtu, 23/04/2011 07:39

Ruko 4 X 20 M

Rabu, 20/04/2011 16:11

Rumah di Tanah 12 x 24 Meter ( 1 )

Selasa, 19/04/2011 11:23

Minimalis dan Hemat Energi di Tuban

Selasa, 12/04/2011 17:45

Renovasi Musholla di Depok

Senin, 11/04/2011 16:24

Rumah Petak Plus

Jumat, 08/04/2011 08:10

Konsultasi Arsitektur Lainnya

Trending