Ahad, 6 Rajab 1444 H / 29 Januari 2023

Rumah Kecil Privasi Terjaga

Assalamu’alaikum wr wb.

Ustadz Arya yang dirahmati Allah.

Saya mempunyai rumah type 36/72 denah terlampir. Saya berencana untuk merubah posisi pintu agar  isi rumah tidak terlihat apabila pintu dibuka untuk menjaga privasi, karena rumah menghadap jalan utama dan arah barat sehingga panas di siang hari. Selain itu saya ingin menambah lantai di atas ruang tamu untuk 1 kamar tidur dan toilet tanpa banyak merubah bangunan yang sudah ada.

Mohon juga gambar dan denahnya. Terima kasih pak ustadz Jazakumullah khairan katsiro.

Wassalamu’alaikum wr wb.

Sukma


Wa ‘alaikumussalam Wr.Wb.

Saudara Sukma, yang juga dirahmati Allah, saya mencoba mengotak-atik denah rumah yang anda lampirkan agar anda tidak perlu banyak merubah denah awal rumah yang sudah jadi.

Langkah pertama yang saya lakukan adalah merubah tampilan depan karena anda menginginkan pintu tidak frontal terhadap jalan sehingga aktifitas di dalam tidak langsung terlihat. Pintu masuk saya miringkan 45 derajat berlawanan dengan kemiringan dinding kamar, sehingga apabila pintu dibuka yang terlihat hanya ruang tamu. Konsekuensi dari memiringkan pintu maka dinding depan pun harus maju kurang lebih 1 m dengan tetap menggunakan jendela lebar. Jika masih memungkinkan untuk menggunakan pintu dan jendela lama, lumayan bisa mengirit biaya. Teras pun dibuat mengikuti kemiringan dinding sehingga akan mengimbangi bentuk bangunannya.

Kemudian langkah selanjutnya membuat akses ke lantai atas. Saya sarankan anda menambah ruang keluarga di lantai atas karena mau tidak mau ruang keluarga di lantai bawah akan terpotong oleh ruang tangga. Untuk menghemat ruangan, tangga didesain berbentuk U sehingga dari lantai atas akan tercipta void atau ruang kosong yang dapat menjadi tempat sirkulasi udara dari bawah ke atas dan sebaliknya. Agar konstruksi bangunan tidak rumit, maka ruang tidur atas ditumpuk dengan ruang tidur dibawahnya, demikian juga kamar mandi, agar sanitasinya mudah sebaiknya diletakkan pada satu zona. Ruang tidur diletakkan di sebelah timur agar tidak terkena panas matahari sore.
Pada lantai atas ini juga saya sarankan untuk mengedak sampai ke dinding belakang agar dapat digunakan sebagai area jemur dan perletakkan torn air.

Agar panas di lantai atas tidak terjebak dalam ruangan, maka dinding tangga yang menghadap barat dibuat berlubang-lubang sehingga udara dapat dengan mudah bertukar.

Ruang keluarga di bawah bisa dimanfaatkan sebagai ruang makan dan bagian bawah tangga yang miring dapat dibuat rak atau lemari penyimpanan. Ruang tidur di lantai bawah, dapur dan kamar mandi tetap dibiarkan seperti apa adanya agar tidak menambah biaya.

Pada bagian tampak bangunan, atap bagian bawah dipangkas dan ditambahkan kanopi beton untuk menutupi teras yang menonjol. Atap lantai atas menggunakan atap berbentuk pelana dengan posisi kemiringan sama dengan atap dibawahnya.Lubang-lubang dinding pada bagian atas juga membuat tampilan bangunan yang sederhana ini menjadi lebih cantik.

Demikianlah hasil kotak-katik yang saya lakukan, mudah-mudahan apa yang anda inginkan bisa tercapai dan tetap hemat tanpa harus membongkar habis bangunan yang sudah jadi.

Wassalamu ‘alaikum Wr.Wb

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Rekomendasi

Kemana Aku Jual Rolex Ini ?

Minggu, 10/02/2013 10:06

Awas Kristenisasi

Rabu, 22/09/2010 08:02

Ibu Hamil dan Bangku Prioritas KRL

Selasa, 01/10/2013 06:47

Buah Hati…

Jumat, 29/06/2007 07:02

Sebuah Doa Di Hari Ibu

Selasa, 22/12/2009 14:22

Menghardik anak Yatim

Jumat, 23/01/2009 08:02

Baca Juga

Desain Rumah Tropis Sudut

Rabu, 12/11/2008 12:39

Interior Rumah Petak

Senin, 10/11/2008 03:33

Desain Rumah di Lahan Memanjang

Sabtu, 08/11/2008 21:06

Konsep Rumah Sekaligus Toko

Kamis, 06/11/2008 02:34

Konsep Rumah Sekolah

Selasa, 04/11/2008 22:38

Konsultasi Arsitektur Lainnya

Trending