Sabtu, 21 Muharram 1444 H / 20 Agustus 2022

Rumah plus Majelis Ta'lim di Lahan 8 x 9 M

Assalamualaikum wr wb.

Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Ustadz, untuk menjawab pemohonan saya untuk mendesain rumah orangtua saya.

Rumah orangtua saya berlokasi padat penduduk di daerah Kemayoran, tetapi syukur Alhamdulillah hingga saat ini digunakan sebagai rumah tinggal plus Majelis Ta’lim yang berfungsi untuk  mengaji bagi anak-anak  dan orangtua warga sekitar. Rumah orang tua saya 2 lantai , lantai 1 berfungsi sbg rumah tinggal dan lantai 2 berfungsi sbg majelis Ta’lim.

Untuk luas rumah orangtua saya adalah L : 8 Meter X P: 9 meter, dan disamping rumah orangtua saya terdapat gang dengan lebar sekitar +/- 50 Cm, memanjang kebelakang,

Kami sekeluarga berencana akan merenov rumah orang tua saya dengan biaya yang relatif minim, kami mohon kiranya Pak Ustadz mau membantu untuk membuat desain rumah tersebut yang terdiri sbb : lantai dasar dibuat 2 KT (untuk ibu dan adik saya), KM + tempat Wudhu + Dapur serta Ruang Tamu sedangkan lantai 2 dibuat plong tanpa kamar.

Kami sekeluarga mengucapkan terima kasih kepada pak Ustadz, semoga Allah SWT membalas semua kebaikan Pak Ustadz, Amin.

Wassalamualaikum wr wb.

Wa ‘alaikumussalam Wr.Wb.

Mas Taufik rahimakumullah, senang bisa berkenalan dengan anda, dan sikap anda yang selalu berpikiran positif, Insya Allah akan membawa keberkahan bagi Anda dan keluarga.

Mas Taufik, bahagia sekali anda memiliki orang tua yang peduli pada kemajuan Islam dan penegakan risalah, tidak heran jika mereka memiliki anak seperti anda yang sangat berbakti dan peduli pada orang tuanya. Mudah-mudahan anda sekeluarga dan orang tua anda dicatat Allah sebagai ahlul jannah.

Di kawasan padat memang rentan sekali dengan upaya pemurtadan umat Islam, karena itu dengan adanya majelis ta’lim ini bisa menjadi sarana pembinaan umat terutama bagi masyarakat bawah yang mudah sekali menukar aqidahnya dengan 1 kotak mi instan. Mudah-mudahan apa yang diniatkan oleh anda dan orangtua anda bisa menjadi amal jariah di yaumil hisab kelak, amin ya robbal aalamiin.

Mas Taufik, dengan luas tanah 8 m x 9 m, saya mencoba menata ulang rumah orang tua anda agar sesuai dengan kaidah arsitektur yang benar dan tentunya dengan segala keterbatasannya.
Saya tidak mendapat informasi dari anda, berapa jarak bangunan minimal dari jalan (GSB), sehingga untuk amannya saya tarik 1.5 m dari batas jalan. Di lahan 8 m x 1.5 m ini, masih bisa digunakan untuk parkir motor dan sedikit ruang hijau di depan ruang tidur. Di bagian muka terdapat teras yang berfungsi sebagai ruang antara menuju ruang tamu dan tangga naik yang berbentuk L ke lantai 2. Mengapa tangga ke lantai 2 ini saya letakkan di luar…..?, pertimbangannya karena kegiatan majelis ta’lim ini tentunya akan menjadi ruang publik yang harus dapat diakses kapan saja bagi yang membutuhkan, sehingga harus terbuka dan tidak mengganggu privasi orang tua anda. Sebagai proteksi sehingga orang tidak masuk sembarangan, maka di lantai 2 dapat di buat pintu geser untuk masuk ke dalam ruang majelis ta’lim. Ruang majelis taklim ini juga dilengkapi dengan kamar mandi kecil dan gudang penyimpanan serta void ke taman belakang sehingga sirkulasi udara dan cahaya tetap dapat masuk ke dalam ruangan.

Pada lantai 1 terdapat ruang tamu yang berfungsi juga sebagai ruang keluarga berukuran 4 m x 2.5 m. Dibatasi oleh sekat semi permanen ke ruang makan di belakangnya. Ruang makan ini mendapatkan view ke taman yang ada di belakang dan dapat langsung berhubungan dengan dapur mungil di sisi kanan. Dua buah ruang tidur untuk ibu dan adik anda, berada di sayap kiri bangunan dilengkapi dengan kamar mandi berukuran 2 m x 2 m. Di sudut kanan belakang terdapat ruang cuci dan jemur yang saya rasa cukup vital untuk ditambahkan dalam daftar kebutuhan ruang rumah orangtua anda.

Ruang Majelis Ta’lim dirancang terbuka pada sisi yang menghadap jalan agar ruangan terasa lebih lapang, tetapi jika anda menghendaki tertutup, maka bisa menggunakan jendela.
Secara keseluruhan bangunan dengan ukuran hampir bujur sangkar ini di desain dengan tampilan yang sederhana dan fungsional. Ketinggian lantai 1 ke lantai 2 adalah 3.6 m dan bentuk atapnya jurai dengan kemiringan 4 arah dengan talang beton selebar 1 m di sekeliling atap. Tangga naik agar terkesan rapi, ditutup dengan dinding krawang bermotif geometris setinggi 2. 8 m. Pada bukaan dinding lantai 2 yang menghadap ke jalan, dilengkapi dengan railing pengaman dan kisi-kisi penahan cahaya matahari dengan profil minimalis. Unsur modern juga semakin kuat dengan adanya kanopi beton yang memanjang di atas teras, jendela ruang tidur dan tangga yang ditopang oleh 1 buah kolom di ujung teras dan dinding di kanan kiri bangunan.

Demikianlah Mas Taufik, desain rumah orangtua anda yang mudah-mudahan akan bermanfaat bagi banyak orang di lingkungan sekitar Kemayoran, yang Insya Allah jika diniatkan dengan ikhlas maka Allah yang akan memudahkan jalan anda untuk membangunnya, seperti firman Allah dalam QS. Muhammad ayat 7 :

"Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu".

Wassalamu ‘alaikum Wr.Wb.

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Mengatasi Bak Air yang Bocor

Senin, 08/06/2009 21:35

Dinding Batako Vs Dinding Bata Merah

Minggu, 07/06/2009 16:03

Rumah Mungil Di Lahan Kecil

Sabtu, 06/06/2009 11:16

Tips Menata Ruang Tamu Yang Mungil

Selasa, 19/05/2009 13:44

Desain Kanopi pada Rumah Standar

Kamis, 14/05/2009 12:39

Konsultasi Arsitektur Lainnya

Trending