Rabu, 9 Rajab 1444 H / 1 Februari 2023

Rumah Sederhana di Tanah 14 x 18 M

Assalamu’alaikum pak ustadz

mo konsultasi ustadz, saya punya tanah ukuran 14 x 18 ( yang 14 m menghadap jalan raya arah timur), mohon bantuan desain gambar rumah sederhana yang sejuk dengan kebutuhan:

1 kamar tdr utama (kmr mandi dalam)

2 kmr tdr anak

1 kmr pembantu

kmr mandi luar

ruang tamu

ruang keluarga

ruang makan (menghadap taman)

musholla

garasi

dapur + tempat cuci

taman kecil

teras

tipe rumah sederhana dengan halaman depan dan sedikit halaman belakang.

Atas bantuanya kami ucapkan terima kasih semoga Alloh senantiasa melindungi Bapak dan keluarga.

wassalamu’alaikum

Assalaamu’alaikum wrwb

Bapak Rohman dan netters eramuslim yang saya hormati, apa kabar anda semua ? Semoga Allah memberikan keharmonisan dalam kehidupan rumah tangga kita. Karena hari ini banyak keluarga yang dilanda keretakan. Jika kita hari ini masih memiliki rumah tangga utuh, sebuah karunia yang luar biasa besar bagi perkembangan anak-anak kita.

Namun jika kita dalam keadaan sebaliknya, bersabarlah. Hidup ini memang ujian. Semoga Allah menaikkan derajat kita dengan ujian yang ada. Asal kita ridho. Hingga mari kita berdzikir. Rodhitu billahi robba wa bil Islami diina wa bimuhamadinnabiya wa rosula. Aku ridho Allah sebagai Robb-ku, Islam sebagai aturan hidupku serta Muhammad sebagai nabi dan rasulku.

Sebuah persaksian akan keikhlasan kita menjalani taqdir hidup kita saat ini. Apapun bentuknya. Dengan kalimat ini pula yang sedih menjadi tenang. Yang bahagia menjadi tawadhu. Karena ada hakikat kehidupan terselip di dalam dzikr tersebut.

Netters sekalian, kali ini kita bahas rumah Bapak Rohman yang menghadap timur. Sungguh beruntung Pak Rohman ini. Karena tanah ini menghadap arah matahari pagi. Segar menerima buaian embun hingga menjelang siraman matahari dhuha yang lembut.

Dan saat siang membakar arahnya sudah ada di belakang rumah dimana service area berada. Hingga cucian bisa kering alami. Jadi lokasi ini membuat kita tidak repot membagi area zone plan-nya.

Untuk denah sengaja saya buat mushola ada di sisi kanan dengan aneka ragam pintu. Hingga bisa multifungsi. Bisa menjadi ruang belajar, ruang audio visual atau bahkan jika jamaah teraweh tidak cukup bisa diluaskan ke ruang lain yang ada di sebelahnya.

Ruang tamu saya buat pintu menyamping.Agar aurat terjaga. Saat pintu terbuka pandangannya tidak langsung menatap aurat dalam rumah. Demikian juga dengan interior ruang tamu. Jika anda ingin lebih privasi, maka kita bisa membuat pintu antara ruang tamu dan ruang keluarga / r makan.

A. Ruang Tidur B. Ruang Makan C. Ruang Keluarga

D. Mushola E. Ruang Tamu F. KM/WC G. Dapur

H. Ruang Pelayan I. Ruang Cuci/Jemur J.Teras

K. Taman L. Carport

Inilah tampak mukanya. Bukan model minimalis. Karena yang diinginkan Pak Rohman adalah rumah sederhana. Maka saya fokus pada tampilan natural dan view yang bersahaja. Lebih tropis dan bersahabat dengan alam.

Apalagi jika dilihat dari sisi kanan. Deretan tiang teras membuat rumah ini benar-benar bercitra country. Dibalut bata merah ekspos di sana sini. Dan juga dinding kamprot abu-abu yang bertexture kasar.

Rumah sederhana saya terjemahkan dengan banyaknya dinding ekspos. Hingga murah biayanya. Itulah tafsiran sederhana. Maka saya berusaha komit pula pada disain yang bercitra sederhana. Tidak mewah dan tidak megah.

Dan ini bagian belakangnya. Sebuah pemandangan kaya teras dan sapuan hijau rumput yang lapang. Membuat rumah sederhana ini semakin segar dan natural. Dan tidak lupa kisi-kisi kayu penghambat sinar matahari siang dan sore saya letakkan di atas atap teras belakang. Semakin menambah suasana country.

Inilah gambar terakhir. Yang juga menjadi akhir dari tulisan ini. Dan semoga tidak menjadi akhir dari jumpa kita. Karena kami terus berjuang untuk meng up-date artikel ini. Karena kami berusaha untuk tetap eksis. Mencari kabajikan dan keberkahan dalam dunia dakwah.

Netters sekalian, sebenarnya saya ingin minta maaf. Beberapa hari agak terlambat up date-nya. Sudah hampir sepekan. Terus terang kami sedang meeting marathon untuk mencari solusi finansial. Dan terus terang pula, kami sedang galau menghadapi beban operasional yang harus kami putar. Sekian lama kami mencoba bertahan di dakwah layar maya ini. Onak dan duri serta aral melintang menghiasi rangkaian perjalanan.

Namun sekali lagi itulah indahnya berdakwah. Beberapa diantara kami tadi saat meeting bahkan masih ada yang tetap istiqomah shoum sunah hari kamis. Walau radang menghadang, insya Allah tetap berusaha bertahan. Bertahan mengawal isi materi dan rajin menjaga strategi ke depan.

Alhamdulillah di tengah kegalauan kami, netters sekalian masih tetap setia pada eramuslim. Meng-klik bahkan menyebarkan tulisan-tulisan kami. Hingga ada yang spesial mengirim sms untuk men-support. Dan tak terasa air mata mengalir dari balik kaca mata plus ini. Menetes mengiringi suara parau mengingat 11 tahun masa perjalanan. Bersama nasehat dari Maher Zain. Yang mengalun dalam lirik lagu lembut bersyair dalam. Berbobot memompa semangat yang letih.

Everytime you feel like you can not go on
You feel so lost…
That your so alone
All you is see is night
And darkness all around…
You feel so helpless
You can’t see which way to go…
Don’t despair and never loose hope
Cause Allah is always by your side

Insya Allah..Insya Allah..Insya Allah..
Insya Allah you’ll find your way

Insya Allah..Insya Allah..Insya Allah..
Insya Allah you’ll find your way…

Everytime you commit one more mistake
You feel you can’t repent
And that its way too late
Your’re so confused, wrong decisions you have made
Haunt your mind and your heart is full of shame

Don’t despair and never loose hope
Cause Allah is always by your side


Insya Allah..Insya Allah..Insya Allah..
Insya Allah you’ll find your way


Insya Allah..Insya Allah..Insya Allah..
Insya Allah you’ll find your way…

http://www.youtube.com/watch?v=Al4eA1Au5sg&feature=related

Terimakasih Maher Zain. Terimakasih netters sekalian. Terimakasih atas dukungannya selama ini.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST – [email protected]

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Rekomendasi

Akhwat (dilarang) Pulang Malam

Sabtu, 21/12/2013 11:20

Ttg Wali Nikah

Sabtu, 17/10/2009 09:13

Bukan di Republik Mimpi

Rabu, 27/01/2010 08:55

Konsep Persatuan Dalam Islam (7)

Jumat, 13/11/2009 13:04

Konsep Rumah Sekaligus Toko

Kamis, 06/11/2008 02:34

Tentang Hati

Kamis, 22/11/2007 04:38

Baca Juga

Rumah Minimalis di NTB

Rabu, 13/07/2011 08:37

Taman di Minimalis terbatas

Sabtu, 09/07/2011 14:41

Pintu Tangga Agar Aman

Jumat, 08/07/2011 10:01

Minimalis Terbatas

Selasa, 05/07/2011 17:47

Rumah Mungil Di Tanah 12 X 20 M

Senin, 04/07/2011 14:00

Konsultasi Arsitektur Lainnya

Trending