Jum'at, 13 Muharram 1444 H / 12 Agustus 2022

Alasan Kenapa Pindah Kerja

Assalaamu ‘alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh,

Pak Adhi, saya mau tanya alasan apa sebaiknya kita berikan saat interview di perusahaan baru, ketika ditanya alasan mengapa saya pindah kerja? Apakah baik hanya dengan mengatakan pindah karena alasan pribadi tanpa penjelasan lebih lanjut? Trims Wassalaamu ‘alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh,

Assalaamu ‘alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh,

Saudaraku Muhammad Said yang ingin pindah kerja, alasan antum pindah kerja, bila situasi dan kondisinya memungkinkan, alias jawaban antum justru mendukung terhadap respons antum di perusahaan baru, maka berterus terang tentang alasan antum keluar dari perusahaan lama adalah sesuatu yang positif.

Silahkan antum menginformasikan secara terbuka, dengan pertimbangan tetap berupaya meninggikan nilai jual antum di mata HRD, serta menjaga agar jangan sampai secara tidak disengaja ternyata menyinggung kondisi perusahaan baru yang akan antum masuki, misalnya, “Saya keluar dari perusahaan sebelumnya karena saya merasa rokok yang diproduksinya tersebut lebih banyak mengandung racun daripada manfaatnya, …”. Sementara anda tidak sadar bahwa perusahaan yang ingin anda tuju adalah perusahaan sejenis. Usahakan jawaban tetap memberikan nilai positif buat posisi antum di perusahaan baru ini.

Maka bila antum memang sudah memutuskan untuk keluar dari perusahaan lama dan ingin bekerja di perusahaan baru, adalah sangat bagus bila antum mempelajari dulu lebih jauh background perusahaan tersebut, yang didukung dengan doa antum melalui shalat istikharah.

Demikian penjelasan singkat saya, selamat berusaha dan berdoa. Semoga kesuksesan dan keberkahan Allah senantiasa mengikuti langkah antum.

Wallahu a’lam bishowab, Wassalaamu ‘alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh,
Adhi Arisman,
Motivator Dunia Kerja Indonesia

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Hak Ibadah

Sabtu, 12/01/2008 05:37

Pengalaman Kerja dan Usia

Rabu, 09/01/2008 05:44

Percaya Diri Saat Wawancara

Jumat, 04/01/2008 03:28

Tempat Kerja "kering" Ruhiah

Kamis, 03/01/2008 05:30

Mendapatkan Informasi Pekerjaan

Jumat, 28/12/2007 05:17

Konsultasi Dunia Kerja Lainnya

Trending