Jum'at, 14 Jumadil Awwal 1444 H / 9 Desember 2022

Bolehkah Tidak Sholat, Karena Tantangan Pekerjaan?

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Saya kerja di perusahaan batubara di Kalimantan, sering beberapa hari harus masuk hutan dengan kondisi hutan yang belum terjamah, sehingga air untuk minumpun sangat susah, apalagi untuk berwudhu. Dengan pakaian yang berhari-hari tidak ganti dan kerja yang tak kenal waktu (full time) membuahkan saya sering tidak melakukan shalat sama sekali. Kadang saya ingin pindah kerja, tapi belum ada, bagaimana ustadz??

Wassalaamu ‘alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh,
Bams.smd

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Saudara Bams yang tekun dan giat bekerja, Allahu Akbar, sesungguhnya setiap muslim yang ingin meraih predikat beriman, akan melalui proses yang namanya “DIUJI”, & setiap manusia memiliki dimensi ujiannya masing – masing, begitulah kisah para nabi & rasul yang diabadikan secara indah & gamblang di Alquran.

Saudaraku Bams yang sedang bekerja di tengah hutan Kalimantan (saya jadi teringat saat saya bertugas di sebuah perusahaan perkebunan Kelapa Sawit yang lokasinya berada hampir di seluruh Indonesia, salah satunya saya harus menempuh 15 jam perjalan darat dari ibukota Papua – Jayapura ke tengah hutannya & saya baru merasakan kesendirian mencekam di tengah hutan belantara yang nyaris tidak menemukan tempat layak untuk sholat … ).

Dengan kegelisahan di hati anda tentang ketidaknyamanan hidup karena belum sempurnanya kita bisa melaksanakan ibadah sholat, itu pertanda anda masih memiliki keimanan, dan teruslah berupaya mencari solusi taktis agar problema tersebut tidak menjadi berlarut – larut, sambil tegakkanlah shalat malam yang panjang sambil meneteskan air mata kerinduan agar saat diberi kesempatan hidup di dunia yang sekali ini masih bisa menegakan shalat secara sempurna (walaupun harus menjalani situasi darurat, misalnya cukup tayamun karena tidak punya air, dan sebagainya).

Tentang tidak kenal waktu, cobalah mengelola atau mengendalikan waktu anda, bukan sebaliknya anda dikendalikan oleh waktu, sehinga anda merasa menjalani hidup ini tanpa terkendali, padahal tidak!

Oke, salam kenal, selamat berusaha menghadapi situasinya, cari alternatif solusinya, terus maju dan sabar. Terus bergerak serta senantiasa bertawakkal dan berharap hanya kepada Allah SWT, agar dapat segera diberikan solusi kehidupan yang berkah, doa kita bersama agar kita terus bisa menjadi hamba – hambanya yang sholeh. Semoga sukses & tekun menjemput takdir suksesnya.

Wallahu a’lam bishowab,
Wassalaamu ‘alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh,
Adhi Arisman,
Motivator Dunia Kerja Indonesia
[email protected]
Fax: 021-86604657

Catatan:
• Sehubungan sudah banyaknya pertanyaan yang masuk ke konsultasi bersama Motivator Dunia Kerja Indonesia, kami menghimbau kepada para netter agar memasukan pertanyaan yang benar – benar belum pernah ditanyakan, untuk jenis konsultasi yang isinya sejenis/ mirip apalagi sama secara substansi isi, kami menyarankan untuk membacanya terlebih dahulu di konsultasi rekan kita yang lain.
• Buat pembaca lainnya yang ingin mengajukan konsultasi baru, mohon kami dibantu dengan memberikan informasi diri anda secara lebih luas & dalam, misal: latar belakang pendidikan (S1/Diploma/SLTA/SLTP), dari institusi pendidikan negeri/ swasta, umur, jenis kelamin, domisili tinggal, dan atau hal – hal lain yang relevan sebagai variabel yang masih relevan dengan problem yang mau disampaikan sehingga kami bisa lebih berempati dengan situasi & kondisi yang antum sedang hadapi saat ini.
Bersifat terbuka, tidak gengsi, ingin terus belajar serta mau menyertakan identitas anda secara lebih lengkap menjadi nilai yang berharga buat pembaca lainnya, misal: Saya Adhi Arisman, Laki-laki, Sarjana S1 Trisakti Jakarta, 41 tahun, Menikah dengan 4 orang anak, [email protected]

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Bisakah Peluang Dihadirkan?

Sabtu, 31/05/2008 23:54

MODAL USAHA WARNET

Jumat, 30/05/2008 23:52

2 Tahun Menganggur

Senin, 26/05/2008 23:58

Konsultasi Dunia Kerja Lainnya

Trending