Senin, 10 Jumadil Awwal 1444 H / 5 Desember 2022

Bolehkan Melamar Kembali ke Perusahaan Lama?

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Pak Adhi, etis atau tidak bila saya melamar ke perusahaan lama yang dulu tempat saya bekerja? Dulu saya keluar dari perusahaan karena mengundurkan diri. Bagaimana pendapat pak Adhi??

Terima kasih. Wassalaamu ‘alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh,

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Mas Randi yang insya Allah dirahmati Allah, semoga pada saat membaca jawaban ini permasalahan anda sudah dapat diselesaikan dengan baik, karena mas Randi, sebenarnya yang tidak etis itu adalah jika kita lebih memilih menganggur, padahal ada kesempatan sangat terbuka untuk bisa kembali bekerja walaupun ternyata di perusahaaan kita yang lama.

Bersyukurlah mas Randi, anda masih punya kesempatan untuk kembali ke tempat kerja kita yang lama. Kenapa saya bilang perlu bersyukur, karena tidak banyak orang yang bisa memiliki kesempatan tersebut. Kebanyakan dari para pekerja yang sudah memutuskan keluar dari perusahaannya sering kali meningggalkan kesan atau selamat tinggal yang kurang harmonis, sehingga biasanya mereka merasa sangat berbahagia sekali bisa keluar karena merasa telah mendapatkan tempat kerja yang jauh lebih membahagiakannya, & akhirnya tanpa sadar melupakan bahwa suatu saat kemungkinan kembali ke tempat semula itu bisa terjadi. Bagi mereka yang telah menutup kemungkinan untuk kembali lagi tersebut, mereka lebih mengedepankan gengsi dari pada realita. Prinsipnya lebih baik nganggur dari pada harus memohon minta diterima kembali.

Jadi pelajarannya adalah: “Masuklah anda ke perusahaan secara baik – baik (biasanya semua bisa seperti ini kalau baru masuk kerja), lalu pamitlah untuk keluar secara lebih baik lagi, sehingga kita tetap bisa menjalani kehidupan ini secara normal”. Harus diingat, bahwa dalam dunia kerja, yang namanya relasi, rekanan, jaringan, atau apapunlah namanya, itu sangat memiliki peran yang besar, karena itu usahakan selalu membangun silaturrahmi, perbanyak teman dan jangan mencari musuh.

Jadi kalau memang anda telah memikirkan dan mempertimbangan, ternyata lebih banyak nilai positif dari pada negatifnya, maka tinggalkan negatifnya dan selamat mencoba melamar ke perusahaan lama anda. Pesan saya, tolong saya jangan dimarahin ya, jika ternyata perusahaan lama tersebut menolak anda, karena kita juga sering ke-ge’er-an alias terlalu percaya diri. Silahkan dilamar kembali, jika anda diterima dengan penuh suka cita itu tanda – tanda anda manusia baik & bermanfaat buat orang lain.

Selamat datang di dunia kerja nyata, selamat berusaha hadapi situasinya, cari alternatif solusinya, terus maju, sabar. Terus bergerak serta senantiasa bertawakkal dan berharap hanya kepada Allah SWT, agar dapat segera diberikan solusi kehidupan yang berkah. Semoga sukses & tekun menjemput takdir suksesnya.

Wallahu a’lam bishowab,
Wassalaamu ‘alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh,
Adhi Arisman,
Motivator Dunia Kerja Indonesia
[email protected]
Fax: 021-86604657

Catatan:
• Sehubungan sudah banyaknya pertanyaan yang masuk ke konsultasi bersama Motivator Dunia Kerja Indonesia, kami menghimbau kepada para netter agar memasukan pertanyaan yang benar – benar belum pernah ditanyakan, untuk jenis konsultasi yang isinya sejenis/ mirip apalagi sama secara substansi isi, kami menyarankan untuk membacanya terlebih dahulu di konsultasi rekan kita yang lain.
• Buat pembaca lainnya yang ingin mengajukan konsultasi baru, mohon kami dibantu dengan memberikan informasi diri anda secara lebih luas & dalam, misal: latar belakang pendidikan (S1/Diploma/SLTA/SLTP), dari institusi pendidikan negeri/ swasta, umur, jenis kelamin, domisili tinggal, dan atau hal – hal lain yang relevan sebagai variabel yang masih relevan dengan problem yang mau disampaikan sehingga kami bisa lebih berempati dengan situasi & kondisi yang antum sedang hadapi saat ini.
Bersifat terbuka, tidak gengsi, ingin terus belajar serta mau menyertakan identitas anda secara lebih lengkap menjadi nilai yang berharga buat pembaca lainnya, misal: Saya Adhi Arisman, Laki-laki, Sarjana S1 Trisakti Jakarta, 41 tahun, Menikah dengan 4 orang anak, [email protected]

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

2 Tahun Menganggur

Senin, 26/05/2008 23:58

Konsultasi Dunia Kerja Lainnya

Trending