Selasa, 17 Muharram 1444 H / 16 Agustus 2022

Mendapatkan Informasi Pekerjaan

Pa Adhi bagaimana caranya agar saya bisa mendapatkan informasi lowongan kerja secara efesien, dan bisa dapat pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan keahlian?
Terima Kasih sebelumnya.

Assalaamu ‘alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh, salam sejahtera bagi seluruh pembaca dan saudara Risman khususnya. Ngomong-ngomong, nama kita hampir sama ya, semoga kesuksesan juga bisa kita raih bersama.

1. Untuk mendapatkan informasi lowongan kerja yang efisien, sebenarnya banyak hal yang dapat dilakukan, salah satunya, anda bisa mulai mencari relasi yang berlangganan koran, terutama hari Sabtu dan Ahad (yang banyak memuat iklan lowongan), kemudian negosiasikan kepada rekan anda tersebut untuk bisa meminjam koran di dua hari tersebut. Dengan demikian anda tidak perlu dulu mengeluarkan anggaran khusus, hanya untuk mendapatkan iklan-iklan lowongan, yang belum tentu sesuai atau anda minati.

Ada lagi hal lain yang mungkin bisa dilakukan, yaitu mencari informasi lowongan di internet. Anda bisa mencari lembaga/ perpustakaan yang menyediakan layanan internet gratis. Atau hal lain, kembali anda bisa minta bantuan teman anda yang mendapat info lowongan via pesan singkat (sms) di ponselnya, untuk dapat mengirimkannya (forward) ke HP anda juga.

Demikian, semoga kiat-kiat di atas dapat membantu efisiensi pengeluaran anda dalam mencari iklan lowongan yang sesuai. Atau mungkin anda dapat mengembangkan kreatifitas berfikir anda untuk mendapatkan kiat-kiat lain yang mungkin bisa lebih efisien lagi. Karena sebenarnya kreatifitas itu juga merupakan salah satu faktor yang dibutuhkan dalam bekerja dan disukai banyak HRD di perusahaan.

2. Untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan keahlian, sebenarnya anda tinggal memperhatikan baik-baik, dari sekian banyak iklan lowongan dengan berbagai persyaratan, mana yang menurut anda pekerjaan yang sesuai dengan minat, keinginan, potensi dan kapasitas anda, juga persyaratan yang dapat anda penuhi seluruhnya.

Seluruhnya??
Iya benar, bila anda ingin memenangkan persaingan di antara sekian banyak kandidat pelamar, maka tidak ada pilihan lain, kecuali anda harus dapat memenuhi seluruh persyaratan yang diminta, karena memang itulah yang sebenarnya dibutuhkan oleh perusahaan.

Jadi suatu pekerjaan itu sesuai atau tidak dengan diri dan keahlian anda, adalah pilahan anda sendiri.

Selamat mencoba, selamat berfikir, semoga sukses.
Wallahu a’lam bishowab,
Wassalaamu ‘alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh,

Adhi Arisman,
Motivator Dunia Kerja Indonesia

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Pindah atau Bertahan

Kamis, 27/12/2007 05:19

Pengaruh Pengalaman Kerja

Rabu, 26/12/2007 05:02

Perusahaan Berjangka

Senin, 24/12/2007 05:04

Seputar Interview

Jumat, 21/12/2007 05:02

Mengasah Kemampuan Kerja

Rabu, 19/12/2007 05:22

Kerja Sampingan

Selasa, 18/12/2007 05:17

Susah Cari Kerja

Senin, 17/12/2007 04:41

Konsultasi Dunia Kerja Lainnya

Trending