Rabu, 8 Rabiul Awwal 1444 H / 5 Oktober 2022

Adakah Asosiasi Investor Muslim di Indonesia?

Assalamu alaikum ustadz

Saya sekarang mempunyai sebuah ide bisnis, tapi bingung dimana cari investornya, saya punya koneksi orang yang berpotensi, tapi ide bisnis saya ini lumayan idealis, jadi membutuh investor yang punya idealisme tinggi juga, ada tidak asosiasi investor muslim di Indonesia ini? Nilai investnya itu sekitar 700 jutaan.

Mohon bantuannya ustadz, balasnya kalau boleh ke email saja ya ^_^

Wa’alaikumussalam Wr.Wb.

Saudara Hexaluna yang dirahmati Allah. Klub-klub investor baik yang perorangan maupun kelompok dan institusi sangat banyak di negara ini dan di seluruh dunia. Anda bisa mencari mereka dengan cara gooling saja akan muncul ratusan bahkan ribuan situs sejenis.

Tapi, sebelum lebih jauh membahas ini saya ingin mengajak saudara untuk berfikir seperti investor..think like an investor. Karena kita ingin mengajak atau memindahkan uang investor untuk ditanamkan di dalam bisnis yang kita bangun, maka berfikirlah seperti investor. Apa yang mereka fikirkan dan apa yang ada dikepala mereka? Coba Anda bayangkan seandainya Andalah investornya? Apa yang Anda pikirkan?

Setidaknya saya selalu menggunakan 3 kerangka ini ketika datang seseorang menawarkan saya untuk berinvestasi:

Pertama: SAVETY. Apakah uang yang akan saya tanamkan akan aman di tangannya? Kalau resikonya tidak jelas bahkan membahayakan meningan saya simpan saja uang saya di bank syariah. Jadi seorang investor butuh jaminan keamanan atas nilai investasi yang akan ditanamkannya.

Kadua: CAPITAL GAIK. Seberapa besar return atau capital gain yang akan saya terima. Sebagai contoh, kalau saya simpan uang saya di Bank Syariah dengan tingkat bagi hasilnya setara dengan 10 persen pertahun, maka investasi yang ditawarkan harus lebih besar dari tingkat bagi hasil atau interest rate perbankan. Kalau tidak….ya tidak menarik lha ! Nah disini Anda harus bisa meyakinkan investor bahwa dana yang ditanamkannya dalam proyek bisnis yang akan Amda jalankan bukan saja Aman (Savety) dapi juga memiliki CAPITAL GAIN atau imbal hasil yang tinggi

Ketiga: CAPABILITY. Saya pasti akan bertanya,"Kamu sudah pernah menjalankan bisnis ini belum? Kalau jawabanya belum, pasti saya tolak! Mengapa? Karena resikonya pasti besar, capital gainnya hanya hitam diatas putih saja alias di kertas dan belum pernah terbukti. Jadi sangat berisiko !

Demikian Penjelasan Saya, Semoga Bermanfaat. Belajar lagi lebih banyak tentang bisnis disini

Valentino Dinsi
(Spiritual Entrepreneur beralamat di www.ayomandiri.org, www.valentinodinsi.com dan www.bisnis2121.com dan www.mandiri4sukses.com)

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Usaha Jilbab

Rabu, 17/02/2010 09:17

Cicilan Tanpa Bunga (Riba)

Rabu, 17/02/2010 09:13

Ingin Membangun Kontrakan Sederhana

Kamis, 21/01/2010 15:09

Bisnis Pulsa, MLM-kah?

Kamis, 14/01/2010 09:26

Spiritual Entrepreneur Lainnya

Trending