Selasa, 17 Muharram 1444 H / 16 Agustus 2022

Berwirausaha untuk Biaya Kuliah

Assalamu’alaikum Wr Wb

Bang Valen, Saya ingin sekali berwirausaha untuk biaya kuliah saya dan buat bantu biaya sekolah adik-adik saya juga. Saya ingin sekali buka usaha rumah makan. Saya sudah ada bayangan untuk bisnis tersebut. Saya ingin buka usaha rumah makan yang bahan bakunya semua terbuat dari beras kira-kira seperti bubur. Saya ingin buka di deket kampus saya saja di IPB Darmaga. Saya sih belum bisa buat sendiri makanan yang akan saya jual. Tapi saya sudah punya resepnya. Kira berapa modal pertama saya?

Wassalamu’alaikum Wr Wb

Wa’alaikumsalam Wr Wb

Bedi, Pilihan bisnis di bidang makanan merupakan pilihan yang bagus. Semua orang membutuhkan makan. Apalagi membuka makanan di dekat kampus. Saya sarankan Kamu buka usaha bubur di daerah kos-kosan dan waktu utama jualannya sebaiknya pagi hari ketika mahasiswa butuh sarapan. Walaupun tidak sedikit orang yang makan bubur malam hari.
Lalu berapa dana yang Kamu butuhkan? Tidak mudah menyebutkan secara pasti berapa dana yang dibutuhkan. Faktor utama yang mempengaruhi dana awal adalah lokasi (berapa harga sewa tempatnya), peralatan dan perlengkapan serta kapasitas tempat/meja pelanggan yang Kamu ingin layani.

Hal lain yang amat penting buat usaha rumah makan kamu adalah menu. Pilihan-pilihan menu yang Kamu akan sajikan adalah salah satu faktor kunci keberhasilan (key success factor = KSF). Apakah menjual bubur ayam saja atau menjual bubur kacang ijo. Atau kamu bisa menjual menu baru misalkan: bubur bebek, bubur tempe, bubur nuget, bubur sosis. Menu yang kita sajikan harus unik dan kreatif.

Satu lagi yang perlu kamu pertimbangkan adalah kekhasan tempat makan. Sesuatu yang khas akan selalu diingat oleh pelanggan. Buat nama yang unik atau suasana yang unik. Misalkan suasana saung sunda, suasana anak gaul, atau suasana cafe.  

Kamu belum bisa masak bubur yang Kamu akan jual? Jangan khawatir, kamu bisa menggaji tukang bubur atau kerjasama dengan tukang bubur dengan bagi hasil sesuai kesepakatan. Dia yang masak tapi kamu yang memanajemen. Saran saya kamu gaji saja tukang bubur penduduk sekitar biar urusannya tidak rumit.

Ya… sekarang kamu tinggal lakukan action saja.

Wassalamu’alaikum Wr Wb

Untuk mengetahui bagaimana cara berbisnis secara lengkap silakan klik di sini

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Spiritual Entrepreneur Lainnya

Trending