Kamis, 17 Rajab 1444 H / 9 Februari 2023

Bingung Memilih Franchise?

Assalamualaikum wr. wb.,

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih, atas waktu pak Valentino.

Saya Taufiq mahasiswa di Bandung. Begini pak, saya ingin sekali membuka usaha bergabung dengan franchise, namun modal masih kecil (2-4jt), disini saya bingung menentukan franchise, yang ingin saya konsultasikan:

  1. Franchise yang baik yang bagaimana?
  2. Kategori/bidang franchise yang bagus dan dapat berkembang?
  3. Apa yang harus saya lakukan untuk bergabung dengan franchise?
  4. Dalam hati kecil saya tertarik sekali dengan franchise bidang makanan, namun belum tahu banyak tentang franchise.

Terimakasih pak Valen,

wassalamualaikum wr. wb.

Wa’alaikumussalam Wr.Wb

Saudara Taufiq yang dirahmati Allah ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan berkaitan dengan franchise sekaligus menjawab pertanyaan saudara:

  1. Suatu usaha layak untuk difranchisekan (menurut PP 10 ttg Waralaba) yaitu: sudah memiliki sistem yang standard dan bisa diterapkan dimanapun, usaha sudah berjalan minimum 1 tahun, sudah memiliki 1 cabang yang sudah terbukti untung. Franchissor yang baik memiliki motif untuk mengembangkan usahanya, artinya membimbing dan mensupport franchisee bukan hanya mengambil biaya franchise fee dan royalti saja tanpa memberikan support pelatihan, pendampingan, promosi dll
  2. Semua usaha baik sektor jasa maupun produksi dan perdagangan bisa di franchisekan selama syarat2nya terpenuhi seperti yang telah saya sebutkan diatas.
  3. Yang harus Anda lakukan adalah meneliti dulu franchise yang akan anda beli caranya? Pertama menghubungi franchisor dan menanyakan syarat2 untuk menjadi franchisee, biaya yang harus dikeluarkan, berapa franchise fee nya dan berapa royalti feenya, berlaku untuk berapa lam pada saat initial fee dibayar, proyeksi penjualan dan keuangan, support yang diberikan diberikan oleh franchisor terhadap franchisee.. Kemudian Anda lakukan riset kecil2 mengenai prospek bisnis yang akan anda ambil franchisenya, caranya? Datanglah ke 2 atau 3 outlet franchise yang menjadi tujuan anda dan gali informasi sebanyak2nya dari pembeli waralaba (franchisee) tersebut. Apakah dia untung? Berapa lama? Support apa yang diberikan oleh pewaralaba (francasor) dll

Semoga Bermanfaat.
Belajar Lagi Lebih banyak tentang bisnis dengan mengklik disini

Valentino Dinsi
(Spiritual Entrepreneur beralamat di www.valentinodinsi.com dan www.bisnis2121.com dan www.mandiri4sukses.com)

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Masih Adakah Buku 8 Secret?

Selasa, 22/12/2009 15:15

Bingung Dan Takut Usaha

Selasa, 22/12/2009 15:09

Ingin Bisnis Konveksi

Selasa, 08/12/2009 10:14

Menanam Sengon

Selasa, 08/12/2009 10:00

Bingung Modal

Rabu, 04/11/2009 10:44

Spiritual Entrepreneur Lainnya

Trending