Ahad, 9 Jumadil Awwal 1444 H / 4 Desember 2022

Bisnis Riba ?..

Assalamu alaikum wr.wb.
Pak ustadz,saya adalah pemuda yang ingin sekali berbisnis online..
yang ingin saya tanyakan..
1.Apa kriteria bisnis online yang benar2 Halal menurut islam?..
2.Saya Sudah lihat situs2 Bpk. ,lalu apakah Member www.2121.com dgn www.8screat.com Sama atau berbeda,sebaiknya Saya Join yang mana?..
3.Apakah Misalnya Dollar yang kita peroleh dari hasil bisnis itu ,Dollar ke Rupiah itu Riba Dan apakah bisnis Pa’ Ustadz Jauh dari Riba?..
4.Karena saya pernah melihat Ceramah di TV,Bahwa Dollar ke Rupiah ato sebaliknya termasuk Riba,Dan Kitapun yg menabung di bank2 umum termasuk dlm lingkaran Riba,mhon penjelasannya?..
5.Apa sebenarnya Riba itu ?..
6.Rekening saya adalah bukan Bank Syariah,apakah saya juga dianggap memakan Riba?.. 
7.Apakah Jika kita Tak cukup punya uang,lalu meminjam uang untuk modl usaha,Dilarang ? Dan apakah Di Ridhoi ALLAH SWT ?.. 

Sekarang ini saya sedang bekerja disebuah warnet,sedang menabung untuk modal berbisnis online.
Sekian dari Saya Terima Kasih Dan Mohon Dibalas..

Wa’alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakaatuh

Saudaraku Yofa yang dirahmati Allah berkut jawaban saya:

1.Bisnis online pada dasarnya sama dengan bisnis offline atau conventional business. Halal atau haramnya terletak pada: Pertama, barang atau produk yang dijual jelas kehalalan dan kemaslahatannya untuk manusia. Kedua, cara atau mekanisme penjualannya tidak mengandung unsur penipuan dan merugikan salah satu pihak,  baik pedagang maupun penjual. Ketiga, barang atau produk yang dijual tidak bertentangan dengan syariat yang telah ditetapkan oleh Allah dan RasulNya.

2.Ada beberapa produk yang saya jual di beberapa web saya: www.bisnis2121.com/internetmarketing adalah web yang menjual ebook entrepreneur panduan bagi mereka yang ingin berbisnis atau meningkatkan omzet bisnis mereka. www.8rahasia.com  menjual produk buku terbaru saya 8 SECRET: Delapan Rahasia Meraih Kebahagiaan Dunia dan Akhirat www.valentinodinsi.com    adalah situs terbaru saya yang menjual buku terbaru saya JANGAN MAU SEUMUR HIDUP JADI ORANG GAJIAN jilid 2 yang berhadiah GRATIS  seminar sehari dengan 14 pembicara nasional GRATIS  CD Entrepreneur Guru Dunia, GRATIS konsultasi dengan saya dan GRATIS mengikuti kajian SPIRITUAL ENTREPRENEUR yang saya adakan setiap bulan. Semuanya berbeda dan memiliki keunggulan masing-masing. Anda bisa membeli salah satunya atau ketiganya.

3.Dollar ke rupiah atau sebaliknya adalah yang disebut dengan exchange rate atau nilai tukar antar satu negara dengan negara lainnya. Jadi tidak haram selama hanya digunakan untuk alat tukar. Akan menjadi haram apabila digunakan untuk berspekulasi. Alhamdullillah semua bisnis yang saya jalankan baik di sektor jasa maupun sekor rill halal adanya, semoga Allah selalu menjaga usaha saya dari yang haram.

4.Sekarang sudah banyak bank-bank syariah Anda bisa menabung disana

5.Pertanyaan no 5 dan 6 bisa anda tanyakan pada rubrik konsultasi fiqh kontemporer karena hal itu diluar keahlian saya dan  agar jawaban yang diberikan lebih tepat lagi

7.Meminjam uang untuk modal usaha tidak dilarang, Rasulullah SAW pernah meminjam ke orang lain. Tapi sebaiknya Anda meminjam ke tempat2 yang tidak menggunakan bunga atas pinjaman yang dilakukan.

Bisnis online tidak memerlukan modal banyak hanya 200 ribu saja Anda sudah bisa berbisnis online. Yang terpenting Anda mengetahui proses dan mekanisme bisnis itulah yang penting. Semoga Bermanfaat

Belajar lagi lebih banyak tentang bisnis dan entrepreneur dengan mengunjungi www.bisnis2121.com atau clik disini

Valentino Dinsi (Spiritual Entrepreneur www.valentinodinsi.com)

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Membukan Usaha Kuliner

Selasa, 21/04/2009 11:22

Bisnis Kemitraan

Selasa, 21/04/2009 10:42

Memulai Usaha Dinar dan Dirham

Jumat, 27/03/2009 14:51

Jadi Agen Asuransi Prudential

Senin, 23/03/2009 13:57

Spiritual Entrepreneur Lainnya

Trending