Ahad, 15 Muharram 1444 H / 14 Agustus 2022

Langkah Awal Membuka Usaha Penerbitan

Assalamualaikum,

Saya saat ini masih kuliah di salah satu universitas Islam di Timur Tengah. Saya tertarik menggeluti usaha penerbitan, terutama buku-buku agama. Apa langkah-langkah awal yang mesti saya tempuh untuk itu? Bagaimana cara mendapatkan izin penerbitan? dan bagaimana mendaftarkan buku yang terbit ke perpustakaan nasional? Saya masih sangat buta tentang masalah ini, oleh karena itu saya sangat mengharapkan jawaban Bapak. terima kasih.

Wa’alaikumussalam Wr.Wb.

Abu Said yang dirahmati Allah

Membuat usaha penerbitan sendiri dari rumah sangat mudah sekali. Bisa berbadan hukum bisa juga tidak, tapi sebaiknya berbadan hukum paling tidak CV (tapi kalaupun tidak tidak jadi masalah, bisa juga dibuat nanti kalau sudah ada modal dan ini yang saya lakukan ketika membuat LET’S GO Publishing)

Untuk izin penerbitan saat ini setahu saya untuk buku tidak diperlukan izin khusus sedangkan untuk penerbitan koran atau majalah setahu saya juga tikak ada izin khususnya (kalau dulu harus melalui departemen penerangan)

Yang harus Bapak lalkukan sangat sederhana. Setelah buku siap cetak bapak dapat mengajukan nomor ISBN ke Perpustakaan Nasional dengan kelengkapan sebagai berikut : Surat pengajuan permohonan ISBN bisa pribadi atau atas nama lembaga (sebaiknya lembaga) dengan melampirkan desain cover buku jadi (berwarna), daftar isi buku dan sinopsis isi buku. Biaya pembuatan ISBN Rp.25.000 dan waktu pembuatannya maximum 30 menit. Semoga Bermanfaat

Belajar lagi lebih banyak tentang bisnis dengan mengklik disini

Salam Penuh Berkah

Valentino Dinsi (Spiritual Entrepreneur)

PS: Lengkapi pengetahuan Anda tentang dunia bisnis, motivasi spiritual dan entrepreneur dengan mengunjungi www.bisnis2121.com dan www.8rahasia.com

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Usaha Tanpa Ijin, Bolehkah?

Rabu, 11/02/2009 09:41

Lulus Kuliah – Lalu Berwirausaha

Selasa, 27/01/2009 16:30

Masalah Memulai Bisnis

Jumat, 19/12/2008 18:51

Mencari Investor Usaha Sapi Perah

Kamis, 18/12/2008 11:07

Bisnis untuk Pegawai 'Traveller'

Rabu, 10/12/2008 16:41

Spiritual Entrepreneur Lainnya

Trending