Sabtu, 21 Muharram 1444 H / 20 Agustus 2022

Langkah Awal Memulai Bisnis Online..

Assalamualaikum Wr. Wb..

Saya seorang mahasiswa yg kebetulan sedang studi kedokteran di jerman..Saya mempunyai ide bisnis online yang saya rasa bisa diterapkan di indonesia..Bisnis ini akan menawarkan jasa kepada pengguna,sehingga pemasukan utama bisa dikatakan melalui iklan saja (saat websitenya mulai terkenal) . Yang membingungkan saya saat ini adalah langkah apa yang harus saya tempuh untuk merealisasikan ide saya ini..

apakah saya harus membuat badan hukum terlebih dahulu untuk usaha yang saya rencanakan?;  seandainya saya bisa menanggung modal awal apakah badan hukum tetap di perlukan?  Bagaimana membuat proposal yang baik untuk ini?

karena saya bukan berlatar belakang IT, bagaimana saya bisa mendapatkan tenaga berkompeten dalam membuat website sesuai yang saya inginkan..adakah tips2 dari Bapak.

Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih..

wassalamualaikum wr.

Wa’alaikumussalam Wr.Wb.

Saudaraku Ghazali yang dirahmati Allah saya doakan semoga saudara dapat menyerap ilmu sebanyak2nya di negeri sana dan cepat selesai dan dapat mengamalkan ilmu tersebut untuk kemaslahatan ummat Islamd dan ummat manusia.

Ada beberapa model pemasukan (revenue model) dari bisnis online: Pertama dari iklan, kedua dari jasa atau produk yang dijual via online, ketiga menjadi afiliate alias menjualkan produk atau jasa orang lain, dan keempat dengan menjual saham perusaan online (dan inilah sumber pemasukan terbesar raksasa online seperti Google, Yahoo, Amazon, Facebook, dll)

Dalam banyak kasus (katagori 1 – 3) jarang sekali menggunakan badan hukum dan lebih cenderung personal berbasis kepercayaan saja. Barulah ketika bisnis ini berpotensi mejadi katagori 4 diperlukan badan hukum. Sering kali bagi banyak pemula mereka selalu berfikir badan hukum dan tidak jarang mereka harus mengeluarkan uang hingga belasan juta untuk membuat badan hukum. Setelah badan hiukumnya jadi, ternyata order tak kunjung datang dan akhirnya usaha tersebut mati. Pilih mana jalan dulu dan dapat order banyak baru buka badan hukum atau buka badan hukum tapi tanpa order? Ya pilih order langsung banyak dan berbadan hukum kalau bisa. Berdasarkan peganalaman saya melakukan studi di bidang online setidaknya dibutuhkan waktu 2 tahun minimal untuk menciptakan brand awareness terhadap situs yang baru kita bangun (Bisa lebih cepat bila efek WoM=Word of Mouthnya berantai karena produk atau jasa yang ditawarkan sangat superior).

Saran saya jalan saya jalan saja dulu. Perkuat konsep bisnisnya dan buat nilai tambah (ultimate advantage) sebanyak mungkin diperkuat lagi dengan efek sensasi (sensational over) dan powerful promise yang kuat sehingga produk atau jasa yang ditawakan cepat mendapat awareness dan atensi dari orang lain sehingga ratenya cepat tinggi.. Masalah IT banyak yang bisa kita minta bantuannya. Insya Allah kalau memang berkenan saya bersedia membantu menyempurnakan konsepnya bisa email ke saya [email protected] Semoga bermanfaat

Tambah wawasan Anda dengan belajar lebih banyak tentang bisnis dan entrepreneur silahkan kunjungi bisnis2121.com dengan mengkik link ini

Valentino Dinsi – Spiritual Entrepreneur (www.8rahasia.com)

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Menjadi Broker Properti

Jumat, 06/03/2009 09:49

Strategi Pemasaran Pulsa Online

Rabu, 11/02/2009 10:57

hubungan usaha dengan syariat Islam

Rabu, 11/02/2009 10:48

Mengelola Investasi Besar

Rabu, 11/02/2009 10:29

Spiritual Entrepreneur Lainnya

Trending