Jum'at, 4 Rajab 1444 H / 27 Januari 2023

Lebih Fokus Dimana?

assalaamu’alaikum.

pa’ valentino, saya fery 26 th. sejak bulan november ’08 lalu saya mengundurkan diri dari pabrik. rencananya memang mau konsentrasi ke dunia bisnis.

sebelum keluar, saya memiliki usaha jualan makanan anak ( jelly ). sudah berjalan sejak feb’08 lalu, tapi dikerjakan oleh teman. masih skala kecil ( prod / hari +-400 pcs harga 500,-). rencana awal sblm memutuskan u keluar, selain bisnis jelly tsb, ay pnya planing u jualan mak trad serabi solo.

nah, ketika sy keluar, ternyata Alloh menakdirkan istri saya sakit ( dipbrik, biaya RS ditanggung pbrik. jd praktis sejak keluar seluruh biaya ditanggung sendiri ). sehingga usaha serabi baru bisa berjalan awal bulan februari ini.

kndisi sekarang, usaha jelly masih berjalan, cm yang membuat orang lain sdk saya distribusi ke warung2 ( waktu u distribusi +- 4 jam )/ hari. karena tiap pagi sy harus mengantar anak sekolah ( seminggu masuk pagi jam 8, seminggu mask siang jam 9.30 ) sehingga u distribusi jelly saya lakukan stl mengantr anak. karena hrs persiapan u jual serabi, jual serabi baru buka sekitar jam 5 sore. saat ini karena baru berjalan 3 mg, volume penjualan masih kecil (0.5 kg dgn income +- 30 rb ) tapi alhamdulillah jam 8/9 mlm dah habis. u serabi, di tangerang kaya’nya belum ada yang jualan, jd menurut perkiraan sy prospektif u usaha. u usaha jelly, sekarang semakin byk yang buatkarena memang gampang dibuat, selain jg musim hujan membuat produksi menurun.

terkait dgn usaha sy tsb, ada beberapa hal yang mau sy tanyakan ke bpk :

1. bgman menejemen waktu yang terbaik u menjlnkan ush sy tsbt?

2. apakah perlu sy lebih konsentrasi ke serabi dengan mencri orang u distribusi jelly atau malah sebaliknya, u pembuatan jelly sy handle sendiri?

3. bgmn tahapan u mengembangkan usha sy tsbt ( terutama serabi )?

terimakasih ats masukannya. jazaakalloh khoiron jazaa  

Wa’alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakaatuh

Saudaraku Fery yang dirahmati Allah

Salah satu sebab terbesar kegagalan dalam bisnis adalah tidak fokus. Banyak maunya sementara tenaga, biaya, waktu, kemampuan,dana tidak ada. Panas matahari 5 juta watt, tapi dengan menggunakan sun blok orang2 barat dengan enaknya berjemur dipantai. Sekarang mari kita fokuskan sinar matahari itu dengan kaca pembesar. Dalam waktu 5 menit kertas akan bolong terbakar. Itulah kekuatan FOKUS.

Saran saya fokuslah kepada bisnis yang Anda jalankan saat ini yang MEMBERIKAN PENGHASILAN PALING BANYAK. Insya Allah dengan fokus pada bisnis itu, pikiran, perasaan, jiwa kita akan tercurahkan kesana dan dengan izin Allah kreatifitas akan muncul.

Suatu saat saya pernah bertanya kepada Pak Ciputra (Konglomerat Properti di Indonesia dan dunia),"Om bagaimana om Cip bisa sukses seperti ini?" tanya saya. "Valentino kalau you pikirkan you punya bisnis 24 jam sehari you mesti sukses!" begitu jawabnya. Sangat filosofis. Artinya bukan semuanya waktu kita harus kita habiskan untuk bisnis dan lupa segalnya, tapi fokus, curahkan perasaan dan semangat kita untuk bidang yang kita geluti. Semoga bermanfaat.

Perdalam pengetahuan Anda tentang bisnis dan entrepreneur dengan mengunjungi www.bisnis2121.com atau klik disini

Valentino Dinsi – Spiritual Entrepreneur – www.8rahasia.com

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Langkah Awal Memulai Bisnis Online..

Jumat, 06/03/2009 10:09

Menjadi Broker Properti

Jumat, 06/03/2009 09:49

Strategi Pemasaran Pulsa Online

Rabu, 11/02/2009 10:57

hubungan usaha dengan syariat Islam

Rabu, 11/02/2009 10:48

Mengelola Investasi Besar

Rabu, 11/02/2009 10:29

Spiritual Entrepreneur Lainnya

Trending