Senin, 14 Rajab 1444 H / 6 Februari 2023

Membalikan Kerugian Menjadi Keuntungan

Assalamu’alaikum wr. wb.

Selamat siang dan salam super sukses. Perkenalkan nama saya Aulia Irsyam seorang entrprenuer yang sedang menjalani hari menuju ke kesuksesan, Insya Allah. Ada beberapa hal yang akan saya tanyakan terkait dengan Perusahaan (Manga Cafe) saya. Saat ini usaha yang sedang saya jalani ini sudah melewati 2 tahun dan akan memperpanjang sewa tempat pada Januari ini. Selama 2 tahun tersebut saya harus mengakui bahwa perusahaan saya ini merugi karena dilihat dari indikator ketidakmampuan atau kekurang mampuan untuk memenuhi biaya sewa perpanjangan kontrak secara full walaupun untuk biaya operasional usaha saya tertutupi.

Pertanyaan saya :

  1. Apakah masih layak usaha atau perusahaan saya yang bernama "Manga Cafe " ini untuk dilanjutkan selama 2 tahun kedepan karena karena klausal kontrak minimal perpanjangan tempat harus selama 2 tahun??
  2. Untuk uang perpanjangan sewa kontrak mungkin sudah ada jalan keluarnya tpi saya tidak ingin kejadian 2 tahun yang lalu kembali terjadi, nah bagaimana sebaik nya sistem yang saya pakai atau apa sistem dasar yang sebaiknya saya gunakan?
  3. Bagaimana cara nya meningkatkan penjualan dari product makanan dan minuman saya tanpa ada nya tambahan menu baru?
  4. Saya ingin menerapkan sistem profit sharing pada karyawan saya, apakah itu relevan mengingat omset yang di didapat belum bisa memberikan keuntungan yang lebih?
  5. Saat ini saya juga butuh tambahan dana untuk mendesign ulang layout Perusahaan Manga Cafe saya karena salah satu faktor yang saya pikir dan rasa yang mengakibatkan ketidakmaksimalan omset saya adalah design yang tidak mewakili.

Jadi jika ada yang berminat dengan baik hati untuk meminjamkan uang nya boleh kontak saya di nomor 08122085449. teima kasih.

Saya mohon jawabannya Pak, terima kasih banyak.

Salam Super Sukses!

Note : Sebagai informasi tambahan silahkan diliat di facebook komik kafe, karena selain kafe kami juga ada rental komik nya.

Wa’alaikumussalam Wr.Wb.

Saudara Aulia yang dirahmati Allah pertama saya ucapkan selamat karena usaha Anda telah melalui masa krisis tahap 1 dalam berbisnis. Berdasarkan penelitian dari Kauffman Foundation yang pernah saya baca, setiap tahun di Amerika lahir 1 juta pengusaha. Sayangnya 90% mati di tahun pertama. Sisanya 90% lagi mati di 5 tahun pertama dan tak banyak yang bisa merayakan ulang tahun di 10 tahun pertama mereka kecuali hanya segelintir kecil saja. Sekali lagi SELAMAT !

Coba perhatikan kata-kata saudara berikut ini :"Selama 2 th tersebut saya harus mengakui bahwa perusahaan saya ini merugi karena dilihat dari indikator ketidakmampuan atau kekurang mampuan untuk memenuhi biaya sewa perpanjangan kontrak secara full walaupun untuk biaya operasional usaha saya tertutupi. pertanyaan saya :

Jadi saudara anggap bahwa usaha tersebut tidak sebagaimana harapan saudara karenan ketidakmampuan atau kekurang mampuan untuk memenuhi biaya sewa perpanjangan kontrak secara full walaupun untuk biaya operasional usaha saya tertutupi.

Padahal masalah utama saudara adalah UANG bukan? dan kalau mau ditarik benang merahnya, kemampuan usaha saudara untuk mengenerate income atau menghasilkan income alias profit alias UNTUNG bersih ITULAH MASALAH SEBENARNYA !

Baiklah berikut jawaban saya atas pertanyaan saudara:

  1. Semua itu tergantung kemampuan saudara untuk menghasilkan income atau profit alias UNTUNG bagi perusahaan saudara. Mengapa harus untung? Karena dengan adanya untung maka peusahaan akan hidup. Anda bisa bayar sewa, karyawan, operasional, dll. Dari mana Anda dapat untung? Dari pelanggan bukan? Nah masalah saudara sekarang adalah bagaimana Anda bisa menarik sebanyak mungkin pelanggan ke cafe saudara? Tentu saja agar mrk mau datang ke tempat saudara, saudara harus berfikir seperti layaknya pembeli."Mengapa saya harus makan di cafe Manga? Apa lebihnya cafe Manga dibanding yang lain? Apa untungnya bagi saya? Kelebihan apa saja yang akan saya dapatkan ketika saya makan di cafe Manga dibanding cafe yang lain? Nah saudara harus bisa berfikir seperti konsumen, think like a customer
  2. Sistem apapun yang Anda gunakan selama tidak bisa menarik orang sebanyak mungkin makan di Cafe Manga tidak ada artinya. Prinsipnya cuma satu pikirkan sebanyak mungkin cara untuk membuat care anda ramai SETIAP HARI titik.
  3. Nah untuk cara yang satu ini saya sarankan Anda baca buku saya Jangan Mau Seumur Hidup Jadi Orang Gajian jilid 2 Bab 17 yang judulnya LEVERAGE: Tingkatkan Pfofit Bisnis Anda 5.300 dalam waktu 5 bulan ! atau bisa juga baca buku salah satu guru saya Pak Tung Desem Waringin yang judulnya Marketing Revolution
  4. Justru cara seperti itulah yang diterapkan oleh rumah makan Sederhana dimana dengan profit sharing biaya gaji jadi kecil sekali bahkan bisa nol dan meningkatkan penjualan karena karyawan terpacu untuk menjual lebih banyak sebab ini terkait dengan penghasilan mereka. Istilahnya produktivitas terkait dengan penjualan
  5. Apakah memang hanya karena design yang menyebabkan cafe Anda jadi sepi. Jangan2 hal yang lainya seperti harga kemahalan, pelayanan tidak ramah, rasa tidak enak, pelayanan lama, suasana tidak nyaman. dst.

Demikian Penjelasan Saya, Semoga Bermanfaat. Belajar lagi lebih banyak tentang bisnis disini

Valentino Dinsi
(Spiritual Entrepreneur beralamat di www.ayomandiri.org, www.valentinodinsi.com dan www.bisnis2121.com dan www.mandiri4sukses.com)

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Rekomendasi

I&#039tikaf Sambil Bekerja

Rabu, 18/10/2006 13:25

Memberi Bila…

Kamis, 22/10/2009 13:57

Terima Kasih Istriku

Senin, 05/04/2010 06:50

Mengapa Bersedih?

Kamis, 30/08/2007 15:42

Detik-Detik yang Sangat Berharga

Rabu, 11/07/2012 11:07

Baca Juga

Bisnis Pulsa, MLM-kah?

Kamis, 14/01/2010 09:26

Bisnis Online dengan Prinsip Syariah

Kamis, 07/01/2010 11:23

Bingung Memilih Franchise?

Senin, 28/12/2009 11:42

Masih Adakah Buku 8 Secret?

Selasa, 22/12/2009 15:15

Bingung Dan Takut Usaha

Selasa, 22/12/2009 15:09

Spiritual Entrepreneur Lainnya

Trending