Jum'at, 10 Rabiul Awwal 1444 H / 7 Oktober 2022

Membukan Usaha Kuliner

Assalamu’laikum warahmatullahi wabarakatuh

Perkenalkan sy anggota baru mau sharing sekalian curhat info untuk bisnis yang akan saya jalankan.

Dalam waktu dekat ini saya akan memulai bisnis menjual minuman es dgn segala macam rasa. Es cendol, es campur, es kolak dll. Bisnis ini adalah usaha mertua dan didaerahnya produk dimaksud sudah cukup diminati. Bahkan sampai keluar daerah saya di Medan. Atas izin mertua sy mau membuka bisnis tsb dgn resep dan rasa asli/tidak berubah.
1. Bagaimana seharusnya sya mengembangkan bisnis ini? Dengan modal yang minim haruskah sya menyewa tempat untuk berjualan?
2. Alternatif lain sya menggunakan jasa orang lain.untuk menjajakannya secara keliling. Jadi sya menyiapkan bahan dan sarananya dari gerobak/becak, wadah minumannya dsb. artinya karyawan hanya tinggal jualan. Bagaimana perhitungan gajinya? apakah dgn bagi hasil saya dan pekerja. 70:30 atau 80:20 ? atau dgn gaji/bulan?
3. Atau sya meramu dan memproduksi sendiri es tersebut sampai jadi kemudian di jual kepada pedagang atau pengecer?

Terus terang saya hari ini butuh pendapat dan masukan positif dari pelaku usaha di milis yg tujuannya usaha tsb dapat sya jalankan segera.

Wassalam

Bisillahirrahmanirrahiim

Action yang dirahmati Allah. Sebuah kekuatan ketika kita memiliki produk yang sudah dikenal dan disukai masyarakat. Dalam banyak kasus tidak sedikit produk yang berhasil di suatu daeah berhasil juga di daerah lain. Namun tidak sedikit pula yang gagal. Namun paling tidak Anda sudah memilki produk yang sudah terbutkti disukai banyak pembeli. It is good

1.Anda bisa menyewa kalau memang memiliki dana. Namun harus diperhatikan pemilihan jenis lokasi harus yang ramai dikunjungi orang sehingga dana yang Anda tanamkan untuk menyewa cepat kebali modal. Kalau tidak mampu menyewa Anda bisa kerjasama bagi hasil dengan pemilik tempat. Atau bisa juga bekerjasama dengan investor untuk menyewakan tempatnya dan keuntungannya di bagi bersama.

2.Cara kedua juga bisa ditemput, artinya Anda mempekerjakan karyawan yang digaji. Cara ini juga bagus karena Anda menjeput bola. Yang harus diperhatikan adalah wilayah distribusinya harus diatur sehingga hasilnya juga akan maksimum karena daerah distribusi jadi lebih luas.Saran saya bagi hasil akan lebih memacu sales untuk jualan. Kalau digaji mereka biasanya kurang semangat. Rajin atau males sama saja toh dapat gaji, begitu bisasanya prinsip sales2 yang digaji. Tapi kalau berdasarkan bagi hasil biasanya akan lebih menantang. Mereka akan dapat banyak uang kalau bisa memberikan banyak uang kepada Anda begitu juga sebaliknya. Berapa besar bagi hasilnya tidak ada ketentuan yang penting sama2 senang dan ikhlas. 70:30 cukup fair menurut saya.

3Cara ini juga bisa ditempuh. Kalau pada pertanyaan ke 2 diatas ada resiko mereka sudah tau bahan dan caranya sehingga mereka bisa buat sendiri dan bisa jadi pesaing suatu saat. Tapi kalau cara ke 3 rahasia resep tetap aman di Anda. Semoga bermanfaat.

Belajar lagi lebih banyak tentang bisnis dan entrepreneur dengan mengunjungi www.bisnis2121.com atau clik disini
Valentino Dinsi (Spiritual Entrepreneur www.valentinodinsi.com)

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Bisnis Kemitraan

Selasa, 21/04/2009 10:42

Memulai Usaha Dinar dan Dirham

Jumat, 27/03/2009 14:51

Jadi Agen Asuransi Prudential

Senin, 23/03/2009 13:57

Persaingan Bisnis

Senin, 23/03/2009 13:48

Mohon Bimbingannya

Senin, 23/03/2009 13:31

Spiritual Entrepreneur Lainnya

Trending