Sabtu, 21 Muharram 1444 H / 20 Agustus 2022

Memulai Bisnis Dalam Dunia Komunikasi Pemasaran

Assalammu’alaikum wr. wb

Pak Valentino yg saya hormati, seperti kita ketahui bersama sekarang komunikasi pemasaran mulai banyak mendapat perhatian baik dari para praktisi periklanan sampai pengusaha. Sebagai mahasiswa periklanan saya sangat tertarik untuk memulai usaha sendiri, yang jadi masalah komunikasi pemasaran adalah dunia yang luas dimana iklan juga merupakan salah satu "senjata" didalamnya. Pertanyaan saya, bagaimana saya mengatasi kebingungan ini (harus mulai darimana?) untuk memulai perusahaan dari awal karena saya pernah gagal sekali. Yang kedua ada tidak cara kita menyeleksi karakter – karakter partner business yang cocok dengan kita?

itu saja terima kasih banyak

wassalam

Wa’alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakaatuh

Pertanyaan "harus mulai darimana?" bukan saja dialami oleh saudara, tapi pertanyaan ini adalah pertanyaan zaman, artinya dalam membangun apapun didunia ini selalu dimulai dari pertanyaan itu "harus mulai darimana?" Semalam saya baru saja bertemu dengan seorang anak muda NU berusia 26 tahun dari LIPIAjurusan syariah, sangat cerdas, hafal Al Qur’an sejak usia 20 tahun dan hafal banyak kitab2 klasik. Pertanyaan yang sama saya ajukan juga kepada beliau dalam konteks menyatukan harokah Islam seduania,"Dari mana kita harus mulai?" Beliau tidak bisa menjawab pertanyaan ini kecuali,"Kita mulai dari diri sendiri." Apa artinya?

Dalam konteks pertanyaan saudara saya tidak akan menjawab dengan jawaban yang sama seperti yang saya terima semalam. Mari kita mulai !
Pertama: Carilah 10 perusahaan Markom (Marketing Communication) terbaik dunia dan Indonesia (Best Top Ten).

Kedua: Pelajari mengapa mereka bisa masuk dalam katagori Top Ten? Apa yang membedakan mereka dari perusahaan MarCom lainnya? Apa saja hasil karya mereka?

Ketiga: Temui pemilik, pemdiri atau orang-orang kunci di perusahaan mereka dan wawancarai kalau perlu minta jadi murid mereka. Kalau tidak dikasih teruslah memaksa sampai mereka menyerah atau Anda menyerah. Kalau perlu sesaat bekerjalah di perusahaan mereka sehingga Anda tau bagaimana rasanya bekerja di perusahaan terbaik.

Keempat: Mulailai mencatat, ya mencatat. Catat semua pengalaman, hal-hal yang mereka lakukan, cara mereka melakukannya. Kumpulkan energi dan Tiru persis apa yang mereka lakukan. Hanya perlu waktu Anda akan sama seperti mereka. Tapi kalau Anda ingin lebih dari mereka Anda harus melalukan sesuatu yang lebih dari yang mereka lakukan.

Apa yang saya minta Anda lakukan (1 sd 4) adalah sebuah modeling, ya modeling. Begitulah dari dulu hingga sekarang dan yang akan datang orang-orang sukses melakukannya.

Demikian Penjelasan Saya, Semoga Bermanfaat. Belajar lagi lebih banyak tentang bisnis disini

Valentino Dinsi
(Spiritual Entrepreneur beralamat di www.ayomandiri.org, www.valentinodinsi.com dan www.bisnis2121.com serta www.mandiri4sukses.com

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Air Minum dalam Kemasan (AMDK)

Selasa, 09/03/2010 11:43

PT dan Bentuk Saham

Selasa, 09/03/2010 11:35

Usaha Jual Beli Mobil

Selasa, 09/03/2010 11:26

Sistem Bagi Hasil Usaha

Selasa, 09/03/2010 11:18

Spiritual Entrepreneur Lainnya

Trending