Jum'at, 13 Muharram 1444 H / 12 Agustus 2022

Strategi Pemasaran Pulsa Online

Assalamu alaikum

Sekarang ini saya sedang berusaha mengembangkan bisnis pulsa online. Saya bergabung dengan menjadi dealer sebuah perusahaan pulsa online cukup ternama.

Sebagai agen, saya diberi wewenang untuk mengatur sendiri strategi penjualan dari bisnis pulsa tersebut termasuk dengan mencari agen. Saat ini saya sedang dihadapkan pada 2 pilihan strategi penjualan dalam hal pendaftaran agen tersebut yang akan memasarkan pulsa saya baik online maupun offline atau mencari sub-agen. Strategi mana yang lebih strategis dan bisa membuat orang lebih tertarik untuk bergabung.

Strategi pertama, Saya membebaskan biaya pendaftaran dari agen/sub-agen saya. Agen tersebut belum mendapatkan bonus dari saya sampai agen tersebut dapat merekrut sub-agen. Sebagai kompensasi terhadap agen yang mendapatkan sub-agen, saya memberikan bagi hasil terhadap agen berdasarkan transaksi yang dilakukan oleh sub-agen yang agen tersebut rekrut. Keuntungan yang saya peroleh sangat kecil yaitu Rp 75 setiap transaksi/penjualan pulsa yang dilakukan agen/sub-agen sehingga bagi hasil yang bisa saya berikan kurang dari Rp. 50 pertransaksi.

Strategi kedua, Saya mensyaratkan uang pendaftaran agen/sub-agen sebesar Rp. 50.000 dengan harga produk pulsa sama dengan strategi pertama di atas. Sebagai kompensasi terhadap agen yang dapat merekrut sub-agen adalah bonus sebesar Rp. 10.000. Dan jika sub-agen berhasil merekrut sub-sub-agen lagi, sub-agen tersebut juga mendapatkan bonus Rp. 10.000. Harga produk yang berlaku antara agen, sub-agen, dan sub-sub-agen adalah sama.

Mohon bantuan dan pertimbangan Bapak terhadap 2 pilihan ini.

Jazakallah khaeran….

Wassalam

Wa’alaikumussalam Wr.Wb.

Saudaraku One yang dirahmati Allah

Setiap industri memiliki strategi yang berbeda. Setiap produk dan segment target juga memiliki strategi yang berbeda.

Pertama Anda harus bisa menjawab siapa segement target market yang akan Anda layani? Hal ini sangat penting terhadap strategi yang akan Anda gunakan. Pada segmen2 tertentu yang menghendaki keuntungan, tentu saja strategi memberikan uang adalah yang paling baik. Sementara bagi segmen lain yang tidak terlalu tertarik dengan uang tapi lebih pada kecepatan transfer pulsa, tentu saja service menjadi lebih penting. Mungkin juga ada segment yang menghendaki keduanya.

Nah saran saya sebelum menggunakan cara mana yang cocok gunakan ilmu yang saya sebut Test and Measure. Sebarkan saja dulu beberapa opsi kepada pelanggan yang sudah ada misalnya 100 orang dan tanya mana yang lebih menarik bagi mereka? Ini bisa jadi acuan. Semoga bermanfaat.

Belajar lagi lebih banyak tentang bisnis dengan mengklik disini

Salam Penuh Berkah

Valentino Dinsi (Spiritual Entrepreneur)

PS: Lengkapi pengetahuan Anda tentang dunia bisnis, motivasi spiritual dan entrepreneur dengan mengunjungi www.bisnis2121.com dan www.8rahasia.com

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

hubungan usaha dengan syariat Islam

Rabu, 11/02/2009 10:48

Mengelola Investasi Besar

Rabu, 11/02/2009 10:29

Usaha Untuk Mahasiswa

Rabu, 11/02/2009 10:10

Usaha Tanpa Ijin, Bolehkah?

Rabu, 11/02/2009 09:41

Spiritual Entrepreneur Lainnya

Trending