Rabu, 18 Muharram 1444 H / 17 Agustus 2022

Apakah Hasil Salat Istikharah Jawabannya Selalu Lewat Mimpi?

Eramuslim – Shalat istikharah merupakan salah satu cara memohon petunjuk atas pilihan terbaik. Kadang kita sebagai manusia suka galau dengan berbagai macam pilihan hidup.

Pengajar di Pondok Pesantren Annuriyah, Kaliwining, Rambipuji, Jember, Ustadz M. Ali Zainal Abidin mengatakan, salat istikharah sejak awal dianjurkan bagi seseorang yang merasa bimbang dalam menentukan keputusan terbaik antara dua pilihan atau lebih.

“Oleh karena itu kesunahan salat istikharah ini tidak berlaku bagi orang yang hatinya sudah mantap dalam menentukan sebuah keputusan. Begitu juga bagi orang yang sudah memiliki kecondongan terhadap salah satu dari dua pilihan yang akan ia pilih. Sebab dalam keadaan demikian hal yang mesti ia lakukan adalah melakukan apa yang sesuai dengan kemantapan atau kecondongan isi hatinya,” kata Ustadz M. Ali.

Tata cara salat istikharah sebelumnya sudah pernah dibahas dalam artikel tata cara dan doa salat Istikharah. Secara singkat, istikharah bermakna memohon petunjuk atas pilihan terbaik.

Banyak masyarakat yang memahami bahwa petunjuk atau jawaban dari permohonan tersebut adalah lewat perantara mimpi. Apakah harus demikian?

Syekh Said Ramadhan al-Buthi dalam himpunan fatwanya, Masyurat Ijtima’iyyat pernah ditanya persoalan yang sama:

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3 4 5

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Media Sosial Menurut MUI

Jumat, 16/08/2019 16:15

Fikih Kontemporer Lainnya

Trending