Sabtu, 12 Rajab 1444 H / 4 Februari 2023

Bingung Memilih Ibu Baru untuk Anak-Anak

Assalaamu’alaikum wr, wb.

Saya sudah satu tahun ditinggal isteri karena meninggal dunia. Sekarang saya bingung mencari ibu baru untuk anak-anak, karena takut nantinya tidak menyayangi anak-anak saya. Bagaimanakah sebaiknya?

Terima kasih sebelumya.

Wassalaamu’alaikum wr, wb.

Assalamualaikum wr, wb.

Menjadi single parent sepeninggal isteri tercinta seperti yang dialami anda, pastilah cukup berat. Saya yakin banyak sekali kesulitan yang harus dilalui tidak hanya dalam mendidik anak-anak. Selain itu anda juga pasti merasa kesepian karena membutuhkan kehadiran seorang isteri tempat mencurahkan kasih sayang.

Karena itu anda berkeinginan untuk menikah lagi, namun anda memiliki kekhawatiran bila nanti ‘ibu baru’nya tidak menyayangi anak-anak. Memang bukan hal yang mudah bagi anda untuk memilih seorang wanita yang dapat dijadikan isteri shalihat sekaligus juga ibu tiri yang baik bagi anak-anak.

Sebelum menikah, sebaiknya anda mengkomunikasikan terlebih dahulu setiap hal kepada anak-anak, terutama tentang alasan anda untuk menikah lagi. Mereka perlu memberikan pandangan tentang plus minus hidup tanpa ibu yang mendampingi mereka sehari-hari.

Karena komunikasi dan pelibatan anak semacam itu akan mempermudah proses pendekatan antara anak-anak dan calon ibunya. Apabila anak diberi kesempatan memilih calon ibunya, anak akan belajar tentang konsekuensi yang akan muncul dari pilihannya.

Selain itu penilaian anak terhadap calon ibunya juga penting, karena sebagai pihak ketiga, anak bisa lebih obyektif dalam menilai calon ibunya. Mungkin saja pilihan anak akan berbeda dengan pilihan anda.

Bila anda akhirnya menjatuhkan pilihan pada seorang wanita yang menurut anda baik, anda dan calon ibu ¡baru¢nya tentu harus bisa meyakinkan dan mengambil hati anak-anak agar tidak menyisakan konflik dikemudian hari.

Apalagi bila anda memiliki anak yang beranjak remaja, tentunya meyakinkan mereka untuk menerima ibu barunya akan lebih berat, dibandingkan bila memiliki anak yang masih kecil. Memilih status bagi wanita pasangan baru anda juga perlu dipertimbangkan.

Memilih wanita yang belum pernah menikah atau janda tanpa anak tentunya akan lebih memudahkan proses adaptasi, dibandingkan bila memilih wanita yang berstatus janda yang juga memiliki anak.

Nah, mudah-mudah penjelasan dari saya sedikit banyak dapat membantu anda menghilangkan kekhawatiran anda untuk segera memberi ibu baru bagi anak-anak. Namun jangan lupa anda juga sebaiknya meminta petunjuk Allah dalam memilih calon isteri dengan shalat istikharah.

Karena yang baik menurut anda belum tentu baik menurut Allah dan sebaliknya yang tidak anda sukai, siapa tahu menurut Allah itulah yang terbaik bagi anda.

Wallahua’lam bishawab.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Rekomendasi

Chaos Bukan Untuk Dinikmati

Senin, 15/03/2010 10:13

Hukum Pewarna Kuku Buat Wanita

Jumat, 10/03/2006 10:50

Yang Kita Rasakan Ketika Akan Mati

Jumat, 14/01/2022 17:00

Kepercayaan kepada Isteri

Sabtu, 13/09/2008 22:14

Ternyata Kita Juga Pengemis

Selasa, 09/10/2007 12:58

Physical Impacts

Selasa, 17/11/2009 13:17

Baca Juga

Sikap Ayah yang Buruk

Jumat, 15/06/2007 09:20

Kedudukan Seorang Isteri

Rabu, 13/06/2007 10:09

Jadwal Kerja Suami Tak Jelas

Selasa, 12/06/2007 08:58

Konsultasi Keluarga Lainnya

Trending