Selasa, 29 Safar 1444 H / 27 September 2022

Hubungan Harmonis

Asalamu alaikum

Saya mau konsultasi hubungan suami dengan isteri. Saya sudah punya buah hati yang baru berumur 4 bulan, tetapi setelah punya buah hati, hubungan suami isteri tidak ada. Mungkin banyak hal yang menyebaban ini. Kalau suami mengajak isteri hubungan, dia bilang, "Memangnya aku robot?" Kata seperti itu kayaknya aneh terdengar sepertinya tidak takut dosa, sehingga hati ini tidak tenang

Pertanyaan saya bagaimanakah agar bisa mengatur waktu buat suami, anak, dan isteri agar dapat melaksanakan kewajiban hubungan suami isteri

Wasalamu alaikum

Wa’alaikumussalam wr. wb.

Bapak Iwan yang dirahmati Allah,

Bapak dan isteri adalah keluarga muda, saya amat mafhum masalah-masalah teknis seperti ini kadang terjadi. Datangnya buah hati, di satu sisi adalah seperti air surga yang menyejukkan pernikahan, namun di samping itu ada ‘harga’ yang harus kita bayar, kerepotan tentu bertambah.

Setahu saya yang pernah menjadi ibu muda, awal-awal menjadi ibu memang masa penyesuaian antara ibu dengan bayi; jadwal ibu begitu padat, apalagi jika tanpa pembantu. Apalagi bayi masih tergantung pada ASI, jadwal memberi minum ASI memang sulit diprediksi kalau bayi belum dikondisikan. Biasanya bayi kalau malam juga sering bangun untuk minum atau minta ganti popok. Nah.. terjadilah perbenturan kepentingan antara Ayah dan bayi. Mungkin istilah isteri terlalu ekstrem ya, menyebut dirinya robot. Tapi ini metaphora dari keadaan yang dialamnya, Bapak perlu peka terhadap ungkapan hati ini dan tak perlu tersinggung.

Jadi, saya sarankan bapak berempati pada isteri, berilah perhatian, bantuan-bantuan yang akan meringankan pekerjaannya. Isteri karena terlalu capek, wajar kemudian turun hasratnya melayani suami. Tetapi dengan take and give yang seimbang, masalah ini akan terselesaikan. Cari waktu-waktu ketika bayi tengah tidur, bicarakan bak-baik dengan isteri, tentu isteri akan sadar kebutuhan suami. Orang bijak mengatakan, jangan menuntut sesuatu kalau kamu tak dapat memberi sesuatu. Wallahu a’lam.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

Ibu Urba

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Calon Suami Seorang Duda?

Rabu, 28/11/2007 06:37

Pura-Pura Mencintai

Selasa, 27/11/2007 07:13

Menghadapi Pensiun

Senin, 26/11/2007 11:49

Pindah Pekerjaan

Jumat, 16/11/2007 18:22

Calon Suami Tidak Direstui Orang Tua

Kamis, 15/11/2007 05:24

Ingin Dihargai Suami

Rabu, 14/11/2007 04:39

Bersahabat dengan Suami Orang

Selasa, 13/11/2007 05:23

Konsultasi Keluarga Lainnya

Trending